5 Pelatih Sepak Bola dengan Bayaran Termahal pada Musim 2021/2022

Ada satu pelatih di tim Liga Tiongkok #IDNTimesSport

Kesuksesan sebuah tim sepak bola tentu tidak terlepas dari peran seorang pelatih. Kemampuan yang baik dalam meracik strategi menjadi faktor yang sangat penting dalam keberhasilan tim memenangi sebuah pertandingan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pelatih akan menjadi sasaran kritik jika tim gagal tampil memuaskan.

Musim ini ada beberapa pelatih yang memiliki gaji yang cukup fantastis. Uniknya, ada satu nama yang melatih klub Liga Tiongkok. Berikut ini lima pelatih sepak bola dengan gaji termahal pada musim 2021/2022.

1. Pep Guardiola – 23 juta euro 

5 Pelatih Sepak Bola dengan Bayaran Termahal pada Musim 2021/2022Pep Guardiola (eurosport.com)

Musim ini pelatih dengan bayaran tertinggi masih dipegang oleh Pep Guardiola. Pria asal Spanyol itu dibayar oleh Manchester City sebesar 23 juta euro atau setara dengan Rp388 miliar per tahun. Nominal tersebut memang sangat besar, tapi sepadan dengan hasil yang diberikan oleh Guardiola.

Sejauh ini sang pelatih telah mempersembahkan total 10 gelar domestik bagi Manchester City. Musim lalu bahkan Manchester City berhasil melaju ke partai final Liga Champions untuk pertama kalinya. Sayangnya, tim asuhan Pep Guardiola harus tunduk dari Chelsea dengan skor 0-1.

2. Diego Simeone – 15 juta euro 

5 Pelatih Sepak Bola dengan Bayaran Termahal pada Musim 2021/2022Diego Simeone (skysports.com)

Diego Simeone merupakan pelatih yang sangat setia menangani Atletico Madrid. Pria asal Argentina itu sudah membesut Los Rojiblancos sejak tahun 2011. Sejak melatih Atletico Madrid, ia berhasil mengubah klub tersebut menjadi salah satu yang terbaik di LaLiga.

Musim lalu misalnya, Simeone sukses mengantarkan tim asuhannya tersebut meraih juara LaLiga mengungguli Barcelona dan Real Madrid. Atas prestasinya itu, ia mendapatkan gaji sebesar 15 juta euro atau setara dengan Rp253 miliar per tahun.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Bisa Menggantikan Andrea Pirlo Sebagai Pelatih Juventus

3. Jose Mourinho – 13 juta euro 

5 Pelatih Sepak Bola dengan Bayaran Termahal pada Musim 2021/2022Jose Mourinho (goal.com)

Setelah satu dekade meninggalkan kompetisi Serie A, Jose Mourinho akhirnya kembali lagi ke kasta tertinggi Italia itu pada musim ini. Pelatih asal Portugal tersebut kali ini melatih AS Roma. Walau sudah menjadi pelatih Roma, Mourinho kabarnya masih digaji oleh Tottenham Hotspur tahun ini.

Pasalnya, Spurs pada bulan April lalu memecat dirinya secara tiba-tiba dan ia saat ini masih mendapatkan bayaran dari Spurs sesuai klausul kontraknya. Jika diakumulasi, gaji Mourinho musim ini dari Roma dan Spurs sebesar 13 juta euro atau setara dengan Rp219 miliar per tahun.

4. Fabio Cannavaro – 12 juta euro 

5 Pelatih Sepak Bola dengan Bayaran Termahal pada Musim 2021/2022Fabio Cannavaro (goal.com)

Fabio Cannavaro memulai karier kepelatihannya dengan menangani Guangzhou FC pada 2014 lalu. Akan tetapi, kerja samanya dengan klub asal Tiongkok itu harus berakhir setahun kemudian. Pria asal Italia ini lalu melanjutkan karier kepelatihannya dengan membesut klub Arab Saudi, Al-Nassr, sebelum kembali lagi ke Tiongkok menangani Tianjin Quanjian.

Pada tahun 2017, Cannavaro kembali ditunjuk untuk menjadi pelatih Guangzhou FC. Sampai saat ini ia masih terus dipercayai untuk menjadi pelatih utama di klub tersebut. Cannavaro sendiri digaji Guangzhou FC sebesar 12 juta euro atau setara dengan Rp202 miliar per tahun.

5. Jurgen Klopp – 10,5 juta euro 

5 Pelatih Sepak Bola dengan Bayaran Termahal pada Musim 2021/2022Jurgen Klopp (eurosport.com)

Jurgen Klopp sudah melatih Liverpool sejak tahun 2015 silam. Pelatih berpaspor Jerman ini saat itu menggantikan posisi dari Brendan Rodgers yang dipecat oleh manajemen The Reds karena gagal membawa tim berjaya. Sejak dilatih Klopp, Liverpool harus diakui mengalami kenaikan performa yang luar biasa.

Buktinya, klub yang bermarkas di Anfield itu sukses memenangi trofi Liga Champions, Premier League, dan Piala Dunia Antarklub. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Liverpool rela membayar mahal gaji Klopp, yaitu sebesar 10,5 juta euro atau setara dengan Rp177 miliar per tahun.

Dengan gaji sebesar itu, mereka tentu diharapkan bisa membawa klubnya musim ini meraih gelar juara. Dari kelima nama tersebut, siapa pelatih idolamu?

Baca Juga: 6 Pelatih Britania Raya yang Melatih Tim EPL Musim 2021/2022

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya