Comscore Tracker

5 Perbedaan Gaya Permainan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Keduanya gemilang, masing-masing punya nilai plus

Tak diragukan lagi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo merupakan dua sosok bintang di dunia sepak bola saat ini. Keduanya kerap kali dibanding-bandingkan oleh para penggemar sepak bola. Hampir semua orang tertarik untuk mencari tahu siapa yang lebih baik dari kedua pemain tersebut.

Sebenarnya ada beberapa perbedaan yang sangat menonjol dari mereka berdua. Lantas, apa saja perbedaan itu? Check this out!

1. Gaya bermain 

5 Perbedaan Gaya Permainan Lionel Messi dan Cristiano RonaldoLionel Messi (90min.com)

La Pulga dan CR7 memiliki perbedaan dalam hal gaya bermain. Messi biasanya lebih sering turun untuk menjemput bola. Sementara itu, Ronaldo lebih fokus melakukan pergerakan di kotak penalti lawan agar bisa mencetak banyak gol.

Ronaldo sendiri bertransformasi dari seorang pemain sayap menjadi sosok penyerang yang mematikan. Hal itu dilakukan karena usianya sudah tidak lagi muda dan kecepatannya mulai menurun. Sebaliknya, Messi, yang usianya lebih muda dua tahun dari CR7, lebih suka bermain dengan menggiring bola dari lini tengah.

2. Penyelesaian akhir 

5 Perbedaan Gaya Permainan Lionel Messi dan Cristiano RonaldoCristiano Ronaldo (eurosport.com)

Soal urusan mencetak gol, kedua megabintang itu memiliki ketajaman yang sangat luar biasa. CR7 saat ini memang unggul sejumlah gol dari rivalnya itu. Tapi keduanya sama-sama mencetak lebih dari 700 gol sepanjang karier profesionalnya.

Dalam urusan ketajaman di depan gawang, Ronaldo bisa dikatakan sedikit lebih unggul dari Messi. Pasalnya, pemain milik Manchester United itu sudah bertransformasi dari sayap menjadi penyerang tengah. Di sisi lain, Messi sebenarnya juga tajam, tapi ia lebih sering terlibat dalam menciptakan peluang.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Tak Pernah Masuk Posisi 3 Besar Ballon d’Or

3. Kaki terkuat 

5 Perbedaan Gaya Permainan Lionel Messi dan Cristiano RonaldoLionel Messi (fotmob.com)

Sejauh ini Messi dan Ronaldo telah mencetak gol dengan semua bagian tubuhnya. Namun, kaki tetap menjadi senjata utama untuk bisa mencetak gol bagi kedua megabintang itu. Bicara tentang kekuatan kaki, CR7 bisa dibilang cukup unggul daripada La Pulga.

Pasalnya, Ronaldo mempunyai catatan gol yang relatif bagus menggunakan kaki kiri meski bukan pemain kidal. Sedangkan itu, Messi sangat jarang mencetak gol menggunakan kaki terlemahnya, yakni kaki kanan.

4. Kemampuan duel bola udara 

5 Perbedaan Gaya Permainan Lionel Messi dan Cristiano RonaldoCristiano Ronaldo (goal.com)

Secara fisik, Ronaldo memang lebih atletis daripada pemain asal Argentina itu. CR7 tercatat memiliki tinggi 1,87 meter, sedangkan La Pulga hanya mempunyai tinggi 1,69 meter. Postur tubuh yang tinggi dari Ronaldo membuatnya kerap kali memenangi duel-duel bola udara.

Tak jarang, pemain asal Portugal itu mencetak gol melalui sundulan dengan lompatan yang sangat tinggi. Sejauh ini Ronaldo tercatat sudah mencetak gol melalui sundulan sebanyak 137 kali. Sementara itu, Messi hanya mampu membobol gawang musuhnya sebanyak 26 kali menggunakan kepalanya.

5. Kerja sama tim 

5 Perbedaan Gaya Permainan Lionel Messi dan Cristiano RonaldoLionel Messi (eurosport.com)

Soal kerja sama tim, Lionel Messi sepertinya sedikit unggul daripada Cristiano Ronaldo. Mantan pemain Barcelona itu terlihat selalu terlibat ketika timnya membangun serangan dari bawah. Sedangkan itu, CR7 lebih sering menunggu di depan dengan harapan diberi umpan-umpan matang.

Selain itu, La Pulga bahkan tak mempermasalahkan dirinya untuk menjadi pagar betis dalam situasi tendangan bebas. Terbaru, ia berbaring di belakang pagar betis saat Paris Saint-Germain menang 2-0 melawan Manchester City di kompetisi Liga Champions.

Setelah membaca perbedaan dari kedua megabintang itu, menurutmu, siapa yang layak disebut sebagai pesepak bola terbaik saat ini?

Baca Juga: 6 Kiper yang Pernah Masuk Tiga Besar Ballon d'Or, Langka!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya