5 Fakta Penting Roger Federer Kembali ke Madrid Open 2019 

Ini menjadi pertandingan penting baginya

Turnamen Madrid Open bakal dilaksanakan pada 5 Mei sampai 12 Mei 2019. Turnamen ini juga menjadi ajang kembalinya sang maestro tanah liat Roger Federer.

Ini akan menjadi momen penting karena penampilan Roger Federer terakhir adalah pada tahun 2015. Lalu bagaimana fakta-fakta seputar kembalinya Roger Federer ke turnamen tanah liat ini.

1. Kembalinya sang pemenang 3 kali

5 Fakta Penting Roger Federer Kembali ke Madrid Open 2019 news.com.au

Roger Federer pernah memenangi turnamen tenis bergengsi ini 3 kali. Roger Federer menjuarainya pada tahun 2006, 2009 and 2012. Pada tahun 2012, Roger Federer mengalahkan Tomas Berdych dengan skor 3-6 7-5 7-5. Namun sejak tahun 2016, Roger sendiri mengurangi kegiatan bertanding di tenis tanah liat. 

2. Tanah liat pertama Roger Federer sejak 2016

5 Fakta Penting Roger Federer Kembali ke Madrid Open 2019 espn.com

Terkakhir kalinya Roger Federer menampilkan permainan tenis apik pada Roma 2016. Namun pada kompetisi tersebut Roger Federer kalah dari Alexander Zverev yang kala itu berusia 19 tahun dengan straight set 6-3, 7-5. 

Baca Juga: Musim Tenis Berakhir, Ini 5 Petenis Putra Terbaik Dunia 2018

3. Akan memperbaiki posisi ranking

5 Fakta Penting Roger Federer Kembali ke Madrid Open 2019 tennisworldusa.org

Saat ini Roger Federer menduduki posisi 4 untuk petenis terbaik dunia. Namun, bila Roger dapat tampil apik, dia akan naik ke posisi 3 dan kembali menjadi Top 3 bersaing bersama Rafael Nadal, dan Novak Djokovic. 

Saat ini Roger Federer telah memiliki 101 titel yang di perolehnya. Pemegang Grand Slam terbanyak putra ini juga telah absen dari Grand Slam tanah liat Rolland Garos yang akan di adakan di Prancis sejak tahun 2016. Namun Roger Federer telah menjuarai Grand Slam di atas tanah liat pada tahun 2009. 

Musim tanah liat ini adalah latihan sebelum pertandingan akbar Rolland Garros, dan Madrid Open adalah salah satu simulasi dari pertandingan tersebut. 

4. Kemungkinan lawan berat

5 Fakta Penting Roger Federer Kembali ke Madrid Open 2019 straitstimes.com

Di usia yang akan menginjak 38 tahun pada Agustus ini menjadikan Roger Federer pemain tertua yang berada di posisi teratas 10 dunia dan yang paling dikagumi seluruh fans dari berbagai negara. Namun banyaknya petenis muda berbakat seperti Dominic Thiem juga kemungkinan menjadikan lawan Roger Federer tidak mudah.

Dominic Thiem sendiri menang pada Barcelona Open atas Jaume Munar dengan skor 7-5 6-4. Sebelumnya Dominic Thiem juga mengalahkan Rafael Nadal yang kerap di juluki King of Clay dengan straight set 6-4 6-4. Namun Rafael Nadal tetap menjadi favorit untuk pertandingan tanah liat. 

5. Point pemenang turnamen ini sangat tinggi

5 Fakta Penting Roger Federer Kembali ke Madrid Open 2019 atptour.com

Jumlah poin yang akan di peroleh di Madrid Open ini juga tergolong tinggi 1000 poin untuk pemenang pertama. Ada 600 poin untuk juara 2, dan 360 poin untuk mencapai perempat final, dan masuk 16 besar pemain akan memperoleh 180 poin. 

Tentu poin-poin ini berguna untuk berkompetisi di ajang ATP World Tour Final, yang akan diadakan pada bulan November 2019. 

Baca Juga: 5 Petenis Peraih Gelar ATP World Tour Terbanyak Sepanjang Masa

Yohana Belinda Photo Verified Writer Yohana Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya