10 Momen Terbaik Pada Ajang Balap MotoGP Sepanjang Tahun 2018 Ini

Momen mana yang jadi favorit kamu ?

Ketika pengendara sepeda motor terbaik di dunia berkumpul, melampaui batas dan mendapatkan hasil yang spektakuler. Kejuaraan Dunia MotoGP 2018 menjadi kesuksesan  bagi Marc Márquez yang meraih gelar kelas para raja yang kelima dalam enam musim keikustertaannya. Dan di bawah ini adalah 10 momen terbaik sepanjang balapan MotoGP tahun 2018.

1. Andrea Dovizioso menangi balapan perdana di Qatar

10 Momen Terbaik Pada Ajang Balap MotoGP Sepanjang Tahun 2018 Iniredbull.com

Andrea Dovizioso telah mengalami nasib buruk di akhir balapan selama bertahun-tahun, tetapi balapan pertama musim 2018 membuatnya bersinar di Qatar, karena ia finish pertama di depan Márquez dengan selisih waktu 0,027 detik.

Perebutan posisi terdepan di lap terakhir terjadi sangat sengit, Márquez melewati Dovizioso di tikungan terakhir, namun Dovi berhasil menyalip Marquez di lintasan lurus sebelum garis finish. Ini membuat Dovi unggul 3-0 atas Marquez untuk merebutkan juara 1 hingga lap terakhir.

2. Jack Miller raih pole position perdananya di GP Argentina

10 Momen Terbaik Pada Ajang Balap MotoGP Sepanjang Tahun 2018 Iniroadracingworld.com

Jack Miller adaalah salah satu pembalap yang percaya diri dan dia sangat percaya diri di Grand Prix Argentina, dengan pertaruhan memakai ban yang licin di kualifikasi yang membuatnya meraih start terdepan. Hujan turun selama FP4, Q1 berjalan dalam kondisi basah dan Q2 berjalan dalam kondisi kering.

Márquez dan Cal Crutchlow secara singkat mencoba ban slicks, kemudian kembali ke pit untuk memakai ban basah, tetapi Miller tetap menggunakan ban kering untuk meraih pole position MotoGP perdananya dan unggul atas Dani Pedrosa dengan selisih 0,177 detik. Miller menjadi pembalap pertama dari tim independen Ducati yang meraih start terdepan.

3. Kemenangan perdana The Baby Aliens di GP America Texas

10 Momen Terbaik Pada Ajang Balap MotoGP Sepanjang Tahun 2018 Iniredbull.com

Di Sirkuit Amerika, pembalap Spanyol itu dihukum karena memblokir jalan Maverick Viñales di kualifikasi, tetapi mulai dari urutan keempat di grid tidak menjadi masalah karena ia tampil sangat dominan di GP America. Marquez unggul 3.5 detik dari Viñales di posisi kedua dan ia meraih rekor 12 kemenangan di tanah Amerika selama karir balapnya, sebelumnya Marc sudah pernah di sirkuit Laguna Seca dan Indianapolis.

4. Tumbangnya 3 pembalap papan atas di Gp Jerez, Spanyol

https://www.youtube.com/embed/N8VabNiDL0k

Ada sebuah drama besar di Gran Premio Red Bull de España ketika tiga pembalap papan atas yaitu Dovizioso, Jorge Lorenzo dan Pedrosa mengalami tabrakan yang melibatkan mereka bertiga. Márquez memastikan kemenangan beruntun untuk mengambil alih pimpinan klasmen sementara dari tangan Doivizoso. Dovizioso, Lorenzo dan Pedrosa mengalami insiden dengan menyisakan 10 lap.

Baca Juga: 5 Fakta di Balik Kemenangan Marc Marquez di MotoGP Musim Ini

5. Penyelamtan Jacub Kornfeil yang sangat menegangkan

https://www.youtube.com/embed/ywou8vkAY78

Di akhir lomba Moto3 di Prancis Jakub Kornfeil bersama dengan kelompok terdepan, ketika Enea Bastianini jatuh keluar dari tikungan terakhir. Reaksi cepat Kornfeil menghasilkan penyelamatan yang luar biasa saat ia melakukan lompatan gaya motorcross, menggunakan motor Bastianini sebagai tumpuannya, kemudian mendarat sempurna kembali di dalam track.

Dampak dari pendaratan itu membuat airbag kulitnya meledak tetapi dia tetap fokus, kembali ke aspal dan kembali meneruskan balapan hingga finis di posisi enam.

6. Dovizioso memecahkan rekor kecepatan di MotoGP

10 Momen Terbaik Pada Ajang Balap MotoGP Sepanjang Tahun 2018 Iniredbull.com

Jumat sore di Grand Prix Italia adalah catatan yang sangat penting bagi pembalap Ducati. Pertama, pebalap uji coba Ducati Michele Pirro mengalami kecelakaan mengerikan pada kecepatan lebih dari 350 km/jam di FP2 dan mengalami gegar otak ringan serta lengan yang terkilir. Kemudian pada hari yang sama, kolega Pirro, Andrea Dovizioso mencatatkan rekor di MotoGP dengan kecepatan 356,4 km / jam (221,5 mph).

7. Save gemilang Marc Marquez di FP4 GP Barcelona

https://www.youtube.com/embed/3IAIultpG8Y

Dia sudah lolos dari cedera dalam insiden sebelumnya di sesi latihan ketika dia hampir terjatuh setelah kehilangan grip bn depan pada kecepatan 150 km/jam. Menggunakan lutut dan sikunya untuk menolongnya, entah bagaimana Marc tetap tegak, sebelum melambai kepada para penggemar dengan penuh gaya.

8. Pertarungan sengit antara Marquez dan Lorenzo di GP Austria

https://www.youtube.com/embed/pNyXSlP-egc

Di Grand Prix Austria di sirkuit Red Bull Ring, Lorenzo meraih kemenangan ketiganya dalam enam balapan saat ia bertarung sengit dengan Márquez. Lorenzo menjadi satu-satunya pembalap yang mengalahkan Márquez di kelas premier MotoGP, Lorenzo berhasil merebut gelar juara dunia MotoGP tahun  2015.

Mereka memiliki duel yang luar biasa di Red Bull Ring, bertarung di depan dari lap pertama hingga terakhir, dengan Andrea Dovizioso menjadi pengganggu diawal lomba. Itu adalah pertarungan klasik Lorenzo vs Márquez di lap terakhir, dengan Lorenzo akhirnya meraih kemenangan dengan unggul 0,13 detik didepan Marc.

9. Pertarungan mendebarkan antara Brad Binder VS Joan Mir di GP Australia

10 Momen Terbaik Pada Ajang Balap MotoGP Sepanjang Tahun 2018 Inimotogp.com

Juara Dunia Moto3 2016 Brad Binder menunjukkan skillnya lagi untuk memenangkan balapan Moto2 di Australia dengan hanya unggul 0,036 detik dari Joan Mir (juara Moto3 2017).

Binder start di posisi kelima tetapi memimpin pada lap ketiga, ia harus berjuang dari kejaran pembalap lain seperti Xavi Vierge dan Lorenzo Baldassarri selama 10 lap. Baldassarri terjatuh dan Vierge berhasil kembali melanjutkan balapan, sebelum Mir dan Binder saling berhadapan untuk menjadi pemenang.

10. Lagi-lagi Marc Marquez

10 Momen Terbaik Pada Ajang Balap MotoGP Sepanjang Tahun 2018 Iniredbull.com

Marc Marquez mengunci gelar juara dunia kelimanya dalam enam musim terakhir setelah finish terdepan di GP Jepang yang diselenggarakan di sirkuit Motegi. Hal ini bisa dipastikan setelah pesaing terdekat Marc yaitu Dovizioso terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan. Alhasil apapun hasilnya Marc sudah pasti juara karena poin nya sudah tak bisa terkejar oleh Dovi.

MotoGP 2018 telah berakhir pertengahan November lalu dan sekarang para pembalap MotoGP sedang bersitirahat dan mempersipakan diri untuk musim 2019 yang mulai digelar pada Maret 2019 nanti.

Baca Juga: Jelang Pensiun, Dani Pedrosa Resmi Dinobatkan Sebagai Legenda MotoGP

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya