Tampil Impresif, 5 Nama Baru yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021

Apakah salah satunya akan jadi pemenang?

Majalah France Football selaku penyelenggrara penghargaan Ballon d'Or resmi mengumumkan 30 pemain yang masuk dalam nominasi sebagai pemenang Ballon d'Or 2021. Nama-nama veteran seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tentu ada dalam daftar ini, tentu saja tak ketinggalan Robert Lewandowski, Karim Benzema dan Kylian Mbappe yang tampil luar biasa musim lalu.

Dalam daftar 30 nama pemain sepak bola yang diumumkan oleh France Football, ada beberapa pemain yang baru pertama kali masuk dalam nominasi atau menjadi debutan di ajang Ballon d'Or 2021. Siapa sajakah mereka? Simak ulasannya berikut ini.

1. Jorginho

Tampil Impresif, 5 Nama Baru yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021Jorginho bersama timnas Italia (mirror.co.uk)

Selain Lionel Messi dan Robert Lewandowski, gelandang andalan Chelsea, Jorginho adalah pesaing utama untuk meriah Ballon d'Or tahun ini. Gelandang Italia tampil luar biasa dalam satu musim terkahir.

Sejak kedatangan Thomas Tuchel, Jorginho menjadi pemain tak tergantikan dari skuat Chelsea. Musim lalu, Jorginho membantu Chelsea meraih gelar Liga Champions. Sukses bersama Chelsea, Jorginho juga tampil apik di ajang Euro 2020. Jorginho selalu tampil di semua laga Italia di Euro 2020.

Akhirnya, Jorginho meraih gelar perdana bersama timnas Italia pada Juli lalu. Satu bulan berselang, Jorginho kembali meraih trofi, kali ini UEFA Super Cup bersama Chelsea setelah mengalahkan Vilarreal. Ia juga terpilih sebagai gelandang terbaik di ajang Euro 2020 dan pemain terbaik UEFA. Apakah ini saatnya Jorginho meraih Ballon d'Or setelah menjalani musim yang fantastis bersama Chelsea dan timnas Italia?

2. Erling Haaland

Tampil Impresif, 5 Nama Baru yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021potret Erling Haaland (bundesliga.com)

Pemain yang juga pertama kali masuk nominasi Ballon d'Or adalah Erling Haaland. Baru berusia 21 tahun, namun Erling Haaland mampu menunjukkan permainan sebagai seorang pesepak bola yang matang. Seorang pesepak bola profesional yang berdedikasi tinggi dan pekerja keras, pemain asal Norwegia ini menjadi salah satu pemain muda terbaik di dunia.

Sejak menandatangani kontrak dengan Borussia Dortmund pada Januari 2020 lalu, Haaland telah menciptakan 68 gol dari 67 pertandingan di semua ajang. Haaland melanjutkan ketajamannya dalam mencetak gol musim ini. Ia sudah mengoleksi 11 gol hanya dalam 8 laga saja. Diyakini bahwa Haaland akan menjadi pemain yang akan meraih Ballon d'Or di masa yang akan datang, bersama dengan Kylian Mbappe.

Baca Juga: 5 Pemain Perempuan Barcelona yang Masuk Nominasi Ballon d'Or Tahun Ini

3. Bruno Fernandes

Tampil Impresif, 5 Nama Baru yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021potret Bruno Fernandes (premierleague.com)

Setelah menghabiskan masa mudanya dengan klub papan tengah Serie A, Bruno Fernandes untuk pertama kalinya masuk dalam nominasi Ballon d'Or pada usianya yang ke-27 tahun. Terpesona oleh penampilannya yang bagus di Sporting Lisbon, Manchester United membelinya dengan biaya senilai 63 juta Euro pada 29 Januari 2020 lalu.

Setelah 1,5 tahun, keputusan Manchester United untuk membeli Bruno Fernandes ternyata benar-benar jenius. Pemain asal Portugal itu menjadi nyawa permainan Manchester United bersama dengan Paul Pogba.

Sepanjang musim 2020/2021 lalu, Bruno tampil dalam 56 laga untuk Manchester United dengan raihan 28 gol serta 17 assits dan di awal musim ini ia sudah membuat 4 gol serta 3 assits.

4. Ruben Dias

Tampil Impresif, 5 Nama Baru yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021potret Ruben Dias (premierleague.com)

Pada 29 September 2020 lalu, Manchester City berhasil menggaet bek muda potensial berusia 23 tahun asal Benfica bernama Ruben Dias. Dias ditebus dengan harga sebesar 68 juta Euro, menjadikannya sebagai bek muda termahal hingga saat ini.

Sejak kedatangannya di Etihad Stadium, Ruben Dias menjadi pilihan utama di lini belakang Manchester City. Ia bahkan mampu membuat bek senior Aymeric Laporte menjadi penghangat bangku cadangan. Jarang ada pemain yang tidak berpengalaman dan semuda Ruben Dias yang memiliki dampak langsung pada tim barunya.

Pada musim pertamanya di Inggris, Dias berhasil membawa Manchester City meraih gelar juara Premier League dan Carabao Cup. Walaupun gagal di final Liga Champions, setidaknya Dias telah menunjukkan penampilan yang luar biasa. Dias menjadi Player of the Season Premier League 2020/2021. Jadi sudah sepantasnya Dias masuk dalam nominasi Ballon d'Or untuk tahun ini.

5. Pedri

Tampil Impresif, 5 Nama Baru yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021potret Pedri (cadenaser.com)

Pedri menggemparkan dunia sepakbola dalam setahun terakhir. Setelah bermain untuk Las Palmas di kasta kedua sepak bola Spanyol, ia menjadi perhatian publi sejak bermain untuk tim utama Barcelona September 2020 lalu.

Pada usia yang baru 18 tahun, Pedri tampil dalam banyak laga dalam setahun terakhir. Di musim 2020/2021, ia tampil dalam 52 laga untuk Barcelona serta 6 laga bersama timnas Spanyol di ajang Euro 2020 lalu. Tak hanya itu, Pedri juga tampil di ajang Olimpiade Tokyo 2020 dengan 6 laga.

Bersama timnas senior Spanyol, Pedri berhasil mencapai babak semifinal Euro 2020, bersama timnas Spanyol U-23 ia mempersembahkan medali perak di Olimpiade Tokyo dan bersama Barcelona ia meraih gelar juara Copa del Rey. Dengan etos kerja yang tinggi, namanya masuk dalam nominasi Ballon d'Or 2021 ini.

Walaupun menjadi tahun yang pertama bagi mereka menjadi nominasi dalam ajang Ballon d'Or, namun ini adalah sebuah prestasi berkat kerja keras serta prestasi mereka pada musim lalu. Adakah dari mereka yang akan menjadi pemenang Ballon d'Or tahun ini?

Baca Juga: 5 Pemain Italia yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021, Bisa Menang?

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya