5 Pemain Perempuan Barcelona yang Masuk Nominasi Ballon d'Or Tahun Ini

Alexia Putellas kandidat terkuat

Ada 30 nama pesepak bola perempuan terbaik diumumkan masuk ke dalam nominasi Ballon d'Or 2021. Menariknya, pemenang tahun lalu, Megan Rapinoe asal Amerika Serikat tak masuk daftar nominasi. Tim perempuan Barcelona menjadi yang paling dominan dengan mengirim lima wakilnya.

Tak seperti tim laki-laki yang kini tengah mengalami masa sulit, tim perempuan Barcelona justru sedang merasakan puncak prestasi mereka. Musim lalu, mereka meraih gelar juara Primera Iberdrola, Copa de la Reina, hingga Liga Champions.

Prestasi itu jelas berkat para pemainnya yang tampil gemilang tahun ini. Bahkan, pada penghargaan yang diselenggarakan oleh UEFA, Barcelona sukses menyabet seluruh gelar individu. Berikut lima pemain perempuan Barcelona yang masuk nominasi Ballon d'Or tahun ini.

1. Sandra Panos

5 Pemain Perempuan Barcelona yang Masuk Nominasi Ballon d'Or Tahun IniSandra Panos (hosoccer.com)

Sandra Panos tak tergantikan di bawah mistar gawang Barcelona musim lalu. Penampilan gemilangnya membuat Barcelona hanya kebobolan 15 gol di liga. Tentunya ini menjadi salah satu kunci kesuksesan mereka meraih gelar juara musim lalu.

Performanya di Liga Champions pun tak kalah luar biasa, apalagi saat laga semifinal melawan Paris Saint-Germain. Di partai final, ia juga berhasil menjaga gawangnya tak kebobolan saat timnya menang 4-0 atas Chelsea. Panos juga merupakan kiper terbaik pada UEFA Awards tahun ini.

2. Irene Paredes

5 Pemain Perempuan Barcelona yang Masuk Nominasi Ballon d'Or Tahun IniIrene Paredes (fcbarcelonanoticias.com)

Irene Paredes merupakan bek tangguh yang dibeli Barcelona pada pertengahan tahun ini dari PSG. Bersama PSG, Paredes sukses mempersembahkan gelar Division 1 Feminine. Berkat penampilannya itu, ia dinobatkan sebagai bek terbaik pada UEFA Awards tahun ini.

Kini, bersama Barcelona, namanya masuk ke dalam nominasi peraih Ballon d'Or tahun ini. Barcelona sendiri bukanlah tim Spanyol pertama yang ia bela. Sebelumnya, ia pernah berseragam Real Sociedad dan Atletico Bilbao. Bersama Bilbao, Paredes sukses menyabet gelar liga pada musim 2015/2016.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Barcelona yang Dibeli dari Klub Liga Inggris

3. Jennifer Hermoso

5 Pemain Perempuan Barcelona yang Masuk Nominasi Ballon d'Or Tahun IniJennifer Hermoso (herfootballhub.com)

Jennifer Hermoso pertama kali membela Barcelona pada 2013. Ia kemudian sempat pergi pada 2017 untuk membela PSG dan Atletico Madrid. Namun, pada 2019, ia kembali lagi membela Barcelona hingga kini.

Hermoso terkenal akan ketajamannya di depan gawang lawan. Bahkan, dalam dua tahun terakhir, ia merupakan pencetak gol terbanyak bagi Barcelona. Hermoso dinobatkan UEFA sebagai striker terbaik Eropa tahun ini setelah mencetak 31 gol. Kini, ia juga masuk dalam nominasi peraih Ballon d'Or.

4. Lieke Martens

5 Pemain Perempuan Barcelona yang Masuk Nominasi Ballon d'Or Tahun IniLieke Martens (tellerreport.com)

Lieke Martens merupakan gelandang Barcelona sejak 2017. Pemain asal Belanda ini musim lalu tampil luar biasa bersama Barcelona. Martens tahun ini menjadi peringkat ketiga pemain terbaik UEFA di bawah dua rekannya, Jennifer Hermoso dan Alexia Putellas.

Prestasi Martens memang sudah gemilang sejak pertama kali membela Barcelona. Ia merupakan pemain terbaik UEFA pada 2017. Pada tahun yang sama, FIFA menobatkannya sebagai pemain terbaik dunia. Kini, akankah ia mampu meraih gelar Ballon d'Or?

5. Alexia Putellas

5 Pemain Perempuan Barcelona yang Masuk Nominasi Ballon d'Or Tahun IniAlexia Putellas (ghanasoccernet.com)

Alexia Putellas menjadi kandidat terkuat untuk meraih gelar Ballon d'Or tahun ini. Kapten Barcelona ini dinobatkan UEFA sebagai gelandang dan pemain terbaik Eropa tahun ini. Hal itu tak lepas dari prestasi timnya yang meraih banyak gelar juara.

Tiap kali Putellas membawa bola, ia terlihat seperti menari di atas lapangan. Ia juga mencetak satu gol saat Barcelona melumat Chelsea 4-0 di final Liga Champions. Kini, Putellas digadang-gadang akan meraih gelar Ballon d'Or.

Kesuksesan yang diraih tim perempuan Barcelona musim lalu membuat para pemainnya banyak yang masuk ke dalam nominasi Ballon d'Or tahun ini. Siapakah di antara mereka yang akan mengangkat gelar tersebut nantinya?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Barcelona Era Pep Guardiola, Messi hingga Alves

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya