5 Pemain Barcelona yang Bakal Diuntungkan Pasca Pemecatan Koeman

Mereka tersingkir dari skuad utama Barca saat dilatih Koeman

Dalam beberapa pekan terakhir, Barcelona kesulitan meraih kemenangan. Puncaknya terjadi saat mereka kalah 1-2 di El Clasico dari Real Madrid serta kalah 1-0 dari Rayo Vallecano. Beberapa jam setelah usai laga kontra Rayo Vallecano, petinggi Barcelona dan Presiden Barcelona, Joan Laporta memutuskan untuk memecat pelatih kepala mereka yakni Ronald Koeman.

Dalam 14 bulan berkarier bersama Barcelona, banyak keputusan aneh dan kontroversial dari Ronald Koeman. Tak terkecuali ia sering berselisih dengan pemainnya sendiri dan mengasingkan mereka dari skuad Barcelona.

Namun, setelah pemecatan Koeman, ada beberapa nama pemain sepak bola yang sepertinya akan kembali mendapatkan tempat mereka dalam skuad Barcelona. Siapa sajakah? Simak ulasannya berikut ini.

1. Riqui Puig

5 Pemain Barcelona yang Bakal Diuntungkan Pasca Pemecatan Koemanpotret Riqui Puig

Dalam 14 bulan karier kepelatihannya di Barcelona, banyak hal kontroversial dari Ronald Koeman dan salah satunya adalah ia menyingkirkan Riqui Puig dari skuad Blaugarana. Pelatih asal Belanda itu berselisih dengan para penggemar Barcelona karena cara dia memperlakukan Puig dengan sangat buruk.

Di musim ini saja contohnya, Koeman baru memainkan Puig dalam 4 laga dan hanya memberinya menit bermain selama 72 menit. Minimnya menit bermain membuat Puig kesulitan untuk dipanggil skuad Timnas Spanyol, hal ini tidak terjadi dengan rekan seusianya seperti Gavi dan Pedri yang diberikan banyak menit bermain oleh Koeman.

Praktis sepanjang era kepelatihan Ronald Koeman, Riqui Puig tak lebih dari seorang pemain cadangan yang hanya bermenit di menit akhir pertandigan. Total di bawah asuhan Ronald Koeman bermain dalam 653 menit dari 28 laga yang ia mainkan.

2. Samuel Umtiti

5 Pemain Barcelona yang Bakal Diuntungkan Pasca Pemecatan Koemanpotret Samuel Umtiti (fcbarcelona.com)

Samuel Umtiti menderita di bawah asuhan Ronald Koeman dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan pada jendela transfer musim panas lalu, Koeman secara terang-terangan ingin melepas bek tengah asal Prancis tersebut namun gagal.

Situasi Umtiti di bawah pelatih asal Belanda itu memang sangat disayangkan. Meski dalam kondisi yang fit, Koeman tak mau memberi kesempatan untuk pemain Prancis itu tampil bersama skuad Blaugrana.

Bahkan di musim 2021/2022 ini, Koeman belum sekalipun memainkan Umtiti, mirisnya lagi Koeman lebih mempercayakan Pique yang sering cedera dan terkadang menempatkan Frenkie de Jong sebagai bek tengah. Terlepas dari itu semua, Umtiti tetap tenang dan bertekad untuk memenangkan kembali tempatnya di Barcelona. Dengan pemecatan Koeman, diyakini Umtiti akan kembali menjadi bek andalan Barcelona.

Di bawah Koeman, Samuel Umtiti baru mencatatkan 16 pertandingan saja dan mengumpulkan 887 menit di lapangan.

Baca Juga: 7 Pemain Muda yang Berstatus sebagai Pemain Pinjaman di Klub Serie A

3. Clement Lenglet

5 Pemain Barcelona yang Bakal Diuntungkan Pasca Pemecatan Koemanpotret Clement Lenglet (fcbarcelona.com)

Clement Lenglet adalah salah satu pemain yang tidak disukai Ronald Koeman di Barcelona. Bek tengah Prancis tak bisa memberikan performa terbaiknya bersama Barcelona karena kurangnya menit bermain, Lenglet menghabiskan sebagian besar waktunya sebagai penghuni bangku cadangan.

Sejauh musim ini berlangsung, Lenglet baru tampil di 5 pertandingan bersama Barcelona dengain waktu ia bermain hanya 185 menit saja. Lenglet baru sekali tampil selama 90 menit yakni dalam laga Liga Champions kontra Dynamo Kiev. Saat itu, Lenglet menjadi pemain utama karena Ronald Araujo dan Eric Garcia absen.

Setelah berjuang untuk mendapatkan satu tempat di bawah Ronald Koeman dalam beberapa bulan terakhir, Clement Lenglet merasa lega setelah pemecatan pelatih asal Belanda tersebut. Nasib Lenglet jauh lebih baik ketimbang Umititi, karena ia bermain dalam 53 laga untuk Barcelona saat dipegang Ronald Koeman.

4. Miralem Pjanic

5 Pemain Barcelona yang Bakal Diuntungkan Pasca Pemecatan Koemanpotret Miralem Pjanic (fcbarcelona.com)

Ronald Koeman nyaris tidak memberi kesempatan bagi Miralem Pjanic untuk membuktikan kualitasnya musim lalu bersama Barcelona. Pelatih asal Belanda itu akhirnya menendang Pjanic keluar dari Camp Nou musim panas ini, melepasnya ke Besiktas dengan status pinjaman selama satu musim.

Dengan pemecatan Ronald Koeman, Pjanic bisa mewujudkan mimpinya untuk sukses di Barcelona. Tergantung siapa yang akan menjadi pelatih baru Barcelona, kesepakatan peminjaman Pjanic dapat diakhiri pada Januari untuk memungkinkan dia kembali dan memperkuat skuat Barceloba. 

Saat berada di bawah arahan Ronald Koeman, Pjanic tampil dalam 30 laga tanpa berkontribusi apapun untuk gol Barcelona. Ia lebih sering tampil sebagai pemain pengganti, itulah kenapa menit bermainnya hanya 1.385 saja.

5. Yusuf Demir

5 Pemain Barcelona yang Bakal Diuntungkan Pasca Pemecatan Koemanpotret Yusuf Demir (fcbarcelona.com)

Playmaker muda asal Austria, yakni Yusuf Demir dipinjam Barcelona dari Rapid Vienna selam satu tahun pada jendela transfer musim panas lalu. Demir tampil mengesankan saat laga pra-musim Barcelona, membuatnya dimasukkan dalam rencana Ronald Koeman untuk musim ini.

Ronald Koeman memberi pemain berusia 18 tahun itu beberapa kesempatan bermain pada bulan Agustus lalu, tetapi dalam beberapa pekan terakhir Demir tak pernah lagi dimainkan. Secara keseluruhan, Demir tampil dalam 6 pertandingan musim ini, ia tak pernah tampil dalam 90 menit. Catatan terbaiknya adalah 75 menit dalam laga kontra Granada.

Setelah pemecatan Ronald Koeman, nama-nama pemain di atas seperti mendapatkan kesempatan kedua. Karena saat dilatih Koeman, mereka jarang dimainkan dan lebih sering jadi penghuni bangku cadangan Barcelona.

Baca Juga: 5 Klub Eropa Penghasil Pemain Muda Bertalenta, Ada Barcelona!

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya