5 Klub Eropa Penghasil Pemain Muda Bertalenta, Ada Barcelona!

Program akademi lahirkan pemain-pemain bintang

Saat ini, banyak pemain sepak bola berusia muda yang sudah memiliki permainan yang berkualitas. Hal ini tidak terlepas dari binaan klubnya. Klub-klub yang tidak terlalu jor-joran dalam membeli pemain lebih memilih untuk mengembangkan akademi mereka dan mencetak pemain muda berkualitas mereka sendiri.

Banyak klub-klub di Eropa penghasil pemain muda bertalenta dari akademi. Beberapa akademi tersebut banyak mempromosikan ke tim senior sehingga mereka mempunyai pengalaman bermain di level tertinggi. Klub-klub ini juga menjadi langganan pemain muda untuk menimba ilmu. Berikut merupakan deretan klub penghasil pemain muda berkualitas di Eropa. 

1. Ajax Amsterdam

5 Klub Eropa Penghasil Pemain Muda Bertalenta, Ada Barcelona!para pemain Ajax Amsterdam (twitter.com/AFCAjax)

Ajax Amsterdam sudah dikenal sejak dahulu sebagai penghasil pemain-pemain kelas dunia. Nama-nama seperti Zlatan Ibrahimovic, Luis Suarez, Matthijs de Ligt, dan Frenkie De Jong adalah beberapa pemain yang mengawali karier sepak bolanya bersama klub yang bermarkas di Johan Cruijff Arena ini. 

Pembinaan pemain muda yang baik membuat Ajax tidak pernah kehabisan pemain bertalenta di dalam tim meskipun pemain tersebut banyak dijual ke klub-klub Eropa. Mereka mampu memproduksi talenta pemain berkelas lain untuk dapat bersaing di kompetisi. Skuad asuhan Erik ten Hag saat ini diisi oleh banyak pemain muda seperti David Neres, Ryan Gravenberch, Mohammed Kudus, dan Antony. 

2. Borussia Dortmund

5 Klub Eropa Penghasil Pemain Muda Bertalenta, Ada Barcelona!selebrasi pemain Borussia Dortmund (twitter.com/BVB)

Borussia Dortmund adalah salah satu klub Bundesliga yang banyak disinggahi para pemain muda untuk menimba ilmu. Tidak sedikit juga produk akademi mereka menciptakan pemain muda bertalenta. Faktor kepercayaan yang diberikan oleh Die Borussen pada pemain muda ini membuat mereka jadi klub yang diminati pesepakbola untuk memulai karirernya. 

Saat ini, skuad Dortmund banyak pemain muda bertalenta. Sebut saja nama-nama seperti Erling Haaland, Jude Bellingham, Giovani Reyna, dan Donyell Malen adalah pemain yang saat ini menjadi andalan. Tak hanya itu, Dortmund juga dikenal sebagai klub penghasil pemain muda harga murah, tetapi selalu dijual dengan harga tinggi. Ousmane Dembele adalah salah satu pemain dengan harga tinggi ketika dijual.

Baca Juga: 5 Rekor Individu yang Tak Biasa dalam Dunia Sepak Bola, Apa Saja?

3. Benfica

5 Klub Eropa Penghasil Pemain Muda Bertalenta, Ada Barcelona!Joao Felix bersama Benfica (slbenfica.pt)

Benfica merupakan salah satu klub penghasil pemain muda terbaik di Eropa. Klub asal Portugal ini banyak menelurkan pemain muda yang bermain dan bersinar di klub hingga dilirik banyak klub-klub besar Eropa.

Salah satunya adalah Joao Felix. Ia merupakan pemain muda yang berhasil dididik Benfica hingga akhirnya dibeli oleh Atletico Madrid. Pada musim debutnya bersama Benfica, ia mencetak 20 gol dan 11 assist dari 43 penampilan. Selain Felix, ada nama-nama pemain bintang lain seperti Ruben Dias, Bernardo Silva, dan Ederson.

4. VfB Stuttgart

5 Klub Eropa Penghasil Pemain Muda Bertalenta, Ada Barcelona!selebrasi pemain Stuttgart (mibundesliga.com)

Stuttgart berada di dalam jajaran penghasil pemain muda berbakat di Jerman. Meski pernah degradasi dari Bundesliga, mereka dapat promosi lagi ke kasta tertinggi liga Jerman bermodalkan para pemain muda mereka. Mereka melakukan program pengembangan karier melalui akademi.

Skuad mereka pernah diisi oleh pemain seperti Bernd Leno, Joshua Kimmich, Serge Gnabry, hingga Timo Werner. Dalam mengarungi Bundesliga musim ini mereka diperkuat oleh nama-nama muda seperti Konstantinos Marvopanos, Silas Katompa Mvumpa, dan Enzo Millot.

5. Barcelona

5 Klub Eropa Penghasil Pemain Muda Bertalenta, Ada Barcelona!selebrasi pemain Barcelona (fcbarcelona.com)

Barcelona sudah sejak lama terkenal sering mengorbitkan pemain-pemain muda. La Masia, akademi Barcelona menjadi tempat para pemain muda untuk dapat menunjukkan kualitasnya untuk dapat bersaing naik ke tim senior.

Saat ini, skuad Barcelona memang lebih banyak diisi oleh pemain dari luar. Mereka lebih sering membeli pemain dari klub-klub lain. Namun, ada pemain muda yang menarik perhatian yang merupakan produk akademi mereka. Nama muda seperti Ansu Fati, Eric Garcia, dan Pedri menjadi andalan klub untuk dapat mengembalikan era baru Barcelona setelah ditinggal Messi.

Klub di atas adalah contoh klub dengan pembinaan pemain muda yang baik. Mereka percaya pada potensi-potensi yang dimiliki pemain muda. Di masa depan diharapkan kita dapat melihat kiprah mereka menjadi tumpuan klub untuk meraih berbagai gelar juara. 

Baca Juga: 9 Trik Ikonik dalam Sepak Bola yang Diambil dari Nama Pemain

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya