Comscore Tracker

5 Pemain Asal Negara Kecil yang Pernah Masuk Nominasi Ballon d'Or

Ada pemain yang berasal dari negara Irak, lho!

Bagi setiap pesepak bola, Ballon d'Or merupakan salah satu penghargaan individu yang ingin dimenangkan. Dengan bergabung dengan klub yang mapan serta bermain dalam timnas yang berprestasi, membuat seorang pemain sepak bola mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk memenangkannya. Sebut saja Lionel Messi, Crsitiano Ronaldo dan Luka Modric, mereka semua bermain untuk klub yang bergengsi serta dukungan dari punggawa yang apik di timnasnya.

Namun, apa jadinya jika seorang pesepak bola yang berasal dari negara antah berantah berhasil masuk nominasi Ballon d'Or? Yup, hal itu memang benar adanya. Penasaran siapa sajakah mereka? Yuk, simak di bawah ini dalam 5 pesepak bola asal negara kecil yang berhasil masuk nominasi Ballon d'Or.

1. Jan Oblak - Slovenia 

5 Pemain Asal Negara Kecil yang Pernah Masuk Nominasi Ballon d'OrJan Oblak (skysports.com)

Tahun 2017 adalah pertama kalinya Jan Oblak masuk ke dalam nominasi pemenang Ballon d'Or. Berasal dari negara Slovenia, Oblak menjadi pesepakbola paling terkenal di sana. Saat ini, Slovenia berada di urutan ke-64 dalam ranking terbaru FIFA, posisi terendah dalam sejarah timnas Slovenia.

Tak perlu diragukan lagi bahwa Jan Oblak salah satu pemain terbaik Eropa saat ini. Posisi terbaiknya dalam Ballon d'Or adalah urutan ke-25 yakni pada 2018 lalu. Berusia 28 tahun, Oblak masih dalam kondisi prima. Setelah perpanjang kontrak dengan Atletico Madrid hingga 2023, Oblak saat ini menikmati musim kedelapannya bersama Los Rojiblancos.

Jika Oblak mampu mempertahankan performanya saat ini, Oblak berpotensi meraih posisi yang lebih baik lagi dalam penghargaan Ballon d'Or kedepannya.

2. Frédéric Kanouté - Mali

5 Pemain Asal Negara Kecil yang Pernah Masuk Nominasi Ballon d'OrFrédéric Kanouté (marca.com)

Dikena publik sepak bola dunia karier nya bersama Sevilla, Frédéric Kanouté memulai karir sepak bolanya di Lyon. Lahir di Prancis dan memiliki orang tua dari Mali, Kanouté  bahkan pernah bermain untuk tim U-21 Prancis. Namun, Kanouté  lebih memilih timnas Mali ketika ia masuk skuad senior pada tahun 2004.

Mali adalah negara terbesar kedelapan di benua Afrika yang berpenduduk padat yang tidak memiliki nilai sejarah dalam olahraga sepak bola. Kini, Mali berada di urutan ke-61 dalam ranking terbaru yang dirilis oleh FIFa.

Kanouté adalah favorit penggemar di Estadio Ramón Sánchez Pizjuán antara tahun 2005-2012. Bersama Sevilla, Kanouté bermain dalam 284 laga dengan catatan 131 gol dan 25 assist di semua ajang. Penampilannya yang luar biasa pada tahun 2007 membuatnya memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Afrika, Kanouté juga finis di urutan ke-11 dalam nominasi Ballon d'Or ditahun yang sama.

Baca Juga: Kurang Beruntung, 10 Pemain Top yang Pernah Hampir Meraih Ballon d'Or

3. Emmanuel Adebayor - Togo

5 Pemain Asal Negara Kecil yang Pernah Masuk Nominasi Ballon d'OrEmmanuel Adebayor (skysports.com)

Emmanuel Adebayor telah memenangkan banyak penghargaan dalam karirnya, termasuk nominasi Ballon d'Or pada tahun 2008. Setelah membela beberapa klub terbesar, termasuk Real Madrid, Arsenal dan Manchester City, Adebayor merupakan striker yang haus gol pada eranya.

Masuk dalam skuad PFA Team of the Year, ditambah dengan 35 kontribusi gol, musim 2007/2008 bisa dibilang adalah yang terbaik dalam karir Adebayor. Berasal Togo, Adebayor menempati urutan ke-12 dalam Ballon d'Or 2008. Striker berusia 37 tahun itu resmi pensiun pada Juli 2020. Setelah menghabiskan karirernya di Turki bersama Istanbul Basaksehir dan Kayserispor, Adebayor terakhir bermain untuk klub Paraguay, Olimpia.

4. Pierre-Emerick Aubameyang - Gabon

5 Pemain Asal Negara Kecil yang Pernah Masuk Nominasi Ballon d'OrPierre-Emerick Aubameyang (bundesliga.com)

Pierre-Emerick Aubameyang, kapten tim Arsenal dan salah satu dari sedikit bintang yang masih bermain di Emirates Stadium. Setelah empat setengah musim yang brilian bersama Borussia Dortmund, pemain internasional Gabon itu direkrut oleh Arsenal pada 2018 dengan biaya transfer sebesar 63,75 juta Euro.

Aubameyang pernah menjadi salah satu striker paling mematikan di planet ini. Dua tahun terakhirnya di Jerman sangat produktif, membuatnya mendapatkan nominasi Ballon d'Or dalam dua musim berturut-turut.

Aubameyang memiliki banyak pilihan untuk memilih negara. Aubameyang memenuhi syarat untuk bermain dengan timnas Italia, Spanyol dan juga Prancis. Meski sempat mewakili Les Bleus di timnas U-21, Aubameyang akhirnya memilih Gabon di level senior. Dengan posisi ke-88 dalam peringkat FIFA, Aubameyang bisa menjadi perwakilan pertama dan terakhir Gabon dalam nominasi Ballon d'Or.

5. Younis Mahmoud - Irak

5 Pemain Asal Negara Kecil yang Pernah Masuk Nominasi Ballon d'OrYounis Mahmoud (the-afc.com)

Sebelum era Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, pemain yang masuk dalam nominasi Ballon d'Or berasal dari negara yang beragam. Dari Mali hingga Togo, periode 2007-2008 adalah tahun yang tak bisa diprediksi. Sebuah kejutan terjadi ketika seorang pesepakbola asal Irak berhasil finis diurutan yang lebih tinggi ketimbang pemain bintang seperti Samuel Eto'o, David Villa dan Ryan Giggs dalam Ballon d'Or 2007.

Itulah yang terjadi saat Younis Mahmoud dari klub Al-Gharafa finis di urutan ke-29. Mahmoud adalah legenda Irak dan mendapatkan nominasi Ballon d'Or setelah menjadi kapten timnya menjuarai Piala Asia. Salah satu nominasi Ballon d'Or yang paling tidak terduga memang.

Performa mereka bersama klub memang tak perlu diragukan lagi, tapi mereka tidak bisa berbicara banyak bersama timnas. Jika saja mereka memilih timnas yang lebih mapan, bisa saja mereka jadi kandidat kuat peraih Ballon d'Or.

Baca Juga: 7 Peraih Ballon d'Or yang Pernah Main di Ligue 1, Messi Terbaru

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya