Comscore Tracker

5 Pesepak Bola asal Amerika Utara dengan Penampilan Terbaik Saat Ini

Ada pesepak bola favorit kamu gak?

Walaupun berasal dari benua yang sama, tapi daerah Amerika Selatan jauh lebih maju dalam hal sepak bola ketimbang daerah Amerika Utara. Negara yang berasal dari Amerika Selatan seperti Argentina, Brasil, Chile dan Uruguay adalah penghasil pesepak bola hebat yang bermain untuk klub besar Eropa saat ini.

Namun, dalam beberapa tahun terahkir Amerika Utara mulai bersaing dengan Amerika Selatan dalam menelurakan bakat-bakat potensial pesepak bola. Banyak dari mereka yang bermain dan menjadi tulang punggung tim-tim Eropa saat ini. Di bawah ini adalah lima pemain terbaik asal Amerika Utara saat ini.

1. Alphonso Davies - Kanada

5 Pesepak Bola asal Amerika Utara dengan Penampilan Terbaik Saat IniAphonso Davies (fotmob.com)

Pada bursa transfer musim dingin 2018/2019, Bayern Munchen mendatangkan bek muda asal Kanada bernama Alphonso Davies dari klub Vancouver dengan mahar sebesar 10 juta Euro. Bek berusia 20 tahun ini merupakan seorang speedster dan memanfaatkan kecepatan untuk melewati lawan-lawannya.

Davies adalah definisi sebenarnya dari full-back modern, memiliki daya jelajah yang baik serta berkontribusi di sepertiga akhir lapangan dan juga kuat dalam segi pertahanan. Salah satu talenta paling menjanjikan di Eropa saat ini, Davies adalah pemain Kanada termuda yang bermain untuk timnas Kanada.

Bersama dengan pelatih anyar Bayern Munchen, Julian Naglesmann, Davies bermain dengan Serge Gnabry dan Jamal Musala yang juga ditempatkan di sisi kiri, sangat penting untuk counter attack Bayern.

2. Christian Pulisic - Amerika Serikat

5 Pesepak Bola asal Amerika Utara dengan Penampilan Terbaik Saat IniChristian Pulisic (today.in-24.com)

Christian Pulisic mengawali musim 2021/2022 dengan tidak begitu baik. Sayap kanan asal Amerika Serikuta tesebut positif COVID-19 bulan lalu dan ketika dinyatakan sembuh, Pulisic malah mengalami cedera. Banyak yang mengira bahwa di bawah Thomas Tuchel, Pulisic akan menjadi pemain reguler mengingat hubungan mereka sudah ada sejak di Borussia Dortmund

Musim ini, Pulisic baru bermain dalam dua laga, yakni pada laga pembuka Premier League di mana ia mencetak gol kontra Crystal Palace serta laga UEFA Super Cup melawan Villareal.

Pulisic memiliki kecepatan untuk menusuk ke dalam kotak penalti lawannya. Tak hanya kecepatan, Pulisic juga memiliki sentuhan yang bagus serta pergerakannya di dalam area pertahanan lawan sangat berbahaya.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Timnas Ukraina yang Pernah Membela Klub Besar Eropa

3. Keylor Navas - Kosta Rika

5 Pesepak Bola asal Amerika Utara dengan Penampilan Terbaik Saat IniKeylor Navas (le10sport.com)

Keylor Navas adalah kunci dari kesuksesan Real Madrid meraih gelar Liga Champions dari 2016hingga 2018. Navas adalah kiper pilihan pertama Los Blancos sejak Iker Casillas pergi. Pemain asal Kosta Rika itu memulai karirnya di Deportivo Saprissa dan kemudian pindah ke klub Spanyol, Albacete pada tahun 2010.

Liga Champions musim lalu adalah bukti nyata betapa diremehkannya Navas. Navas berperan penting dalam kemenangan 5-2 PSG atas Barcelona. Ia bisa membendung serangan yang dilancarkan oleh Lionel Messi dan Antoine Griezmann, Navas juga menghentikan penalti Messi. Kemudian di perempat final, Navas tampil gemilang dengan melakukan 10 penyelamatan saat melawan juara bertahan Bayern Munchen.

Navas memiliki reflesk yang sangat baik dan selalu tenang dalam keadaan one on one dengan penyerang lawan. Dengan kehadiran Gianluigi Donnaruma, akankah Navas masih menjadi pilihan utama PSG musim ini?

4. Hirving Lozano - Meksiko

5 Pesepak Bola asal Amerika Utara dengan Penampilan Terbaik Saat IniHirving Lozano (mediotiempo.com)

Dengan bertambahnya usia Dries Mertens dan Lorenzo Insigne, Napoli butuh regenerasi dan mengharapkan bintang muda. Hirving Lozano adalah salah satu nama pemain muda yang diharapkan mampu mengangkat permainan Napoli. Lozano menjadi pembicaraan publik Meksiko ketika ia tampil apik pada Piala Dunia 2018 lalu.

Lozano, yang dijuluki Chucky, mencetak gol penting di Kualifikasi untuk memastikan tempat Meksiko di Piala Dunia 2018. Kemudian di Rusia, Meksiko berhasil mengalahkan Jerman dengan skor 0-1 berkat gol Lozano.

Pemain sayap yang sangat gesit, bisa menggiring bola melewati pemain bertahan. Lozano juga memiliki kemampuan untuk high pressing. Di musim ini bersama Napoli, Lozano sudah bermain dalam 6 laga dan menorehkan 1 gol dan 2 assits serta membawa Napoli berada di puncak klasmen Serie A sementara dengan koleksi 15 poin.

5. Jonathan David - Kanada

5 Pesepak Bola asal Amerika Utara dengan Penampilan Terbaik Saat IniJonathan David (ligue1.com)

Jonathan David memainkan peran penting dalam keberhasailan Lille musim lalu meraih gelar Ligue 1. Lille membeli David dari klub KAA Gent dengan harga 27 juta Euro pada awal musim 2020/2021 lalu. Tak perlu diragukan lagi bahwa Lille adalah salah satu klub yang bisa memanfaatkan potensi pemain mudanya.

Jonathan David memenangkan penghargaan Canada player of the year pada tahun 2019 setelah penampilannya yang mengesankan bersama Gent di Liga Pro Jupiler. Pada musim 2019/2020 lalu, David mencetak 18 gol dan 8 assist dalam 27 penampilan bersama Gent di Liga Belgia. Dia memiliki naluri alami untuk menemukan ruang kosong di kotak penalti lawan.

Dengan Lille, permainan David lebih berkembang. David menunjukkan bahwa dia adalah pemain penting Lille musim lalu. Saat Lille juara Ligue 1, David bermain dalam  37 laga dengan catatan 13 gol dan 3 assits. Di musim ini, ia selalu tampil dalam 7 laga Lille dengan raihan 2 gol.

Dengan banyaknya pemain asal Amerika Utara yang kini berada di liga besar Eropa, tak menutup kemungkinan bahwa Amerika Utara memiliki potensi besar dalam hal pengembangan pemain muda.

Baca Juga: 7 Pemain dari Luar Eropa yang Pernah Jadi Top Skor Premier League

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya