Berstatus Pinjaman, 5 Pemain Ini Sukses Bawa Klub Juarai Serie A

Mulai Hernan Crespo hingga Zlatan Ibrahimovic

Dipinjamkan ke klub lain mungkin tidak mengenakkan bagi sejumlah pemain. Pasalnya, itu bisa mengindisikan banyak hal, seperti tenaganya tidak dibutuhkan, tidak sesuai dengan strategi pelatih, atau malah kemampuannya dianggap masih kalah dengan rekan setim.

Meski demikian, menjadi pemain pinjaman tidak selalu buruk. Jika bergabung dengan klub yang tepat, bukan cuma mendapatkan lebih banyak menit bermain, tetapi juga dapat merebut trofi. Seperti para pemain di bawah ini, yang bisa meraih gelar Serie A meski berstatus pinjaman.

1. Hernan Crespo

Berstatus Pinjaman, 5 Pemain Ini Sukses Bawa Klub Juarai Serie AHernan Crespo (inter.it)

Hernan Crespo pernah menjadi salah satu juru gedor top Serie A selama membela Parma dan Lazio. Sayangnya, di dua tim tersebut, penyerang asal Argentina ini gagal meraih trofi liga. Ia justru menjuarai kompetisi teratas Liga Italia saat menjadi pemain pinjaman di Inter Milan.

Crespo sempat membela La Beneamata dalam dua periode. Di periode keduanya, ia merupakan pemain pinjaman dari Chelsea. Bergabung pada musim 2006 hingga 2008, ia dua kali menggondol Serie A. Inter pun mempermanenkan statusnya pada musim berikutnya.

2. Zlatan Ibrahimovic

Berstatus Pinjaman, 5 Pemain Ini Sukses Bawa Klub Juarai Serie AZlatan Ibrahimovic (twitter.com/optapaolo)

Zlatan Ibrahimovic sebenarnya cukup sukses saat pindah ke Barcelona dari Inter Milan pada musim 2009/2010. Ia mampu menjuarai LaLiga, UEFA Super Cup, dan FIFA Club World Cup. Namun, hubungannya dengan pelatih Barca kala itu, Pep Guardiola, kurang harmonis.

Pada Agustus 2010, penyerang berpaspor Swedia ini pun memutuskan kembali ke sepak bola Italia untuk membela AC Milan. Walau hanya membuat 14 gol dalam 29 pertandingan di liga domestik, ia mampu mengantarkan I Rossoneri menjuarai kompetisi Serie A musim 2010/2011.

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Dikalahkan Inter Milan, AC Milan Termasuk!

3. Dani Osvaldo

Berstatus Pinjaman, 5 Pemain Ini Sukses Bawa Klub Juarai Serie ADani Osvaldo (instagram.com/grecofootball)

Pablo Daniel Osvaldo mungkin dapat dikatakan beruntung ketika Juventus memutuskan meminjamnya dari Southampton pada Januari 2014. Meskipun hanya bermain dalam 11 partai di liga domestik dan cuma mencetak sebiji gol, ia akhirnya merasakan trofi Serie A.

Sempat membela sejumlah klub Italia, seperti Lecce dan Fiorentina, nama Dani Osvaldo mulai tenar ketika berseragam AS Roma pada Agustus 2011. Dua musim di tim tersebut, ia membuat 27 gol di pentas Serie A, tetapi cuma mampu meraih runner-up Coppa Italia 2012/2013.

4. Martin Caceres

Berstatus Pinjaman, 5 Pemain Ini Sukses Bawa Klub Juarai Serie AMartin Caceres (besoccer.com)

Sebelum Dani Osvaldo, pemain yang terlebih dulu beruntung ketika memutuskan menerima pinangan Juventus dengan status pinjaman adalah Martin Caceres. Dipinjam dari Sevilla pada Februari 2012, bek berpaspor Uruguay ini akhirnya merasakan gelar Serie A musim tersebut.

Karena penampilannya cukup baik, manajemen klub Zebra mengontrak Caceres secara permanen pada Mei 2012. Empat tahun bersama tim asal Kota Turin, ia kembali merebut trofi Serie A empat musim beruntun sebelum hengkang ke Inggris bergabung dengan Southampton.

5. Juan Cuadrado

Berstatus Pinjaman, 5 Pemain Ini Sukses Bawa Klub Juarai Serie AJuan Cuadrado (twitter.com/squawka)

Cerita mirip Martin Caceres terjadi pada Juan Cuadrado. Awalnya, pemain Kolombia ini dipinjam Juventus dari Chelsea pada Agustus 2015. Ternyata, Cuadrado mampu tampil reguler dan mengantarkan La Vecchia Signora meraih trofi Serie A dua musim berturut-turut.

Akhirnya, pada Mei 2017, manajemen klub Nyonya Tua memutuskan untuk membeli Cuadrado secara permanen. Hal itu dibayar lunas dengan raihan tiga scudetto, dua Coppa Italia, dan dua Supercoppa Italiana. Hingga sekarang, Cuadrado masih setia berseragam Juventus.

Memang, tidak semua pemain pinjaman punya skill di bawah rata-rata. Bahkan, banyak dari mereka yang bisa memberikan dampak besar untuk klub yang dibelanya dan akhirnya merebut gelar juara.

Baca Juga: 5 Pemain Serie A yang Berpotensi Diboyong Antonio Conte ke Tottenham

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya