Comscore Tracker

5 Klub Top yang Tampil Buruk setelah Ditinggal Pemain Bintangnya

Mengawali musim dengan deretan hasil pahit!

Jeda transfer musim ini menjadi salah satu episode transfer dengan penuh kisah menarik di dalamnya. Banyak pemain-pemain top yang tiba-tiba meninggalkan klubnya untuk berkarir di klub lain, sebut saja Lionel Messi, Ronaldo dan Jack Grealish.

Namun, bagi tim yang ditinggalkan oleh para pemain bintangnya ternyata berimbas pada penampilan buruk yang mereka alami di awal musim kompetisi 2021/22, hingga ada klub yang belum pernah mencicipi kemenangan satu kalipun.

Tentu bukan hal yang mudah untuk mencari figur pengganti pemain andalan mereka sehingga berdampak pada penampilan dan hasil buruk yang mereka dapatkan. Berikut adalah 5 klub top sepak bola Eropa yang tampil buruk karena ditinggal pemain bintangnya.

1. Juventus 

5 Klub Top yang Tampil Buruk setelah Ditinggal Pemain BintangnyaSelebrasi pemain Juventus saat menyamakan kedudukan melawan Udinese musim ini. (oldjuve.com)

Juventus menjadi saah satu klub yang bernasib mengenasan setelah ditinggal sang bintangnya Ronaldo menuju United. Bagaimana tidak setelah Ronaldo mengumumkan kepergiannya, dalam 4 laga awal Juventus mengalami 2 kali kekalahan dan 2 kali hasil imbang. Hal tersebut membuat Si Nyonya Tua berada di papan bawah klasemen Serie A musim ini. Padahal Ronaldo musimlalu mampu membawa Juventus finish di posisi le empat dan mencetak 29 gol dalam 33 laga.

2. Barcelona

5 Klub Top yang Tampil Buruk setelah Ditinggal Pemain BintangnyaBarcelona saat menelan kekalahan atas Bayern Munchen di Liga Champions pekan lalu (skysports.com)

Kondisi keuangan klub yang memburuk terpaksa membuat Barca melepas mega bintangya Lionel Messi ke PSG musim ini. Padahal musim lalu Messi masih memberikan kontribusi besar ke Barca dengan mencetak 38 gol dan 14 asssit. Tidak cukup sampai di situ Barcelona juga memutuskan untuk meminjamkan Antoine Griezman ke Atletico Madrid demi menjaga kestabilan keuangan klub.

Hal itu membuat deretan hasil minor dialami oleh Barca di awal musim ini baik di La Liga maupun Liga Champions. Dari 3 laga awal La Liga Barca hanya menhasilkan 7 point dan di Liga Champion pada laga pembuka mereka dibantai Munchen 3-0 di Camp Nout.

Baca Juga: 5 Selebrasi Paling Ikonik di Sepak Bola serta Maknanya, Unik

3. RB Leipzig 

5 Klub Top yang Tampil Buruk setelah Ditinggal Pemain BintangnyaPemain RB Leipzig saat merayakan gol (dailymail.co.uk)

Kepergian Marcel Sabitzer, Dayot Upamecano dan Ibrahima Konate hingga sang pelatih Julian Nagelsmann berdampak buruk terhadap penampilan RB Leipzig pada awal musim ini. Dari 5 laga yang mereka jalani hanya memperoleh 1 kemenangan dan hanya memasukan 3 gol dan kebobolan 6 gol.

Hal tersebut diperparah dengan rekrutan anyar mereka Andre Silva, Josko Gvardiol, Ilaix Moriba, Mohamed Simakan dan Benjamin Henrichs belum tampil secara konsisten.

4. Olympique Lyon

5 Klub Top yang Tampil Buruk setelah Ditinggal Pemain BintangnyaPotret pertandingan Lyon melawan PSG (chinadailyhk.com)

Musim lalu Lyon finish di urutan keempat klasemen Liga Perancis dengan mengoleksi 76 poin. Pemain andalan mereka Memphis Depay juga tampil moncer dengan menorehkan 22 gol dan 12 dalam 40 penampilanya bersama Lyon.

Akan tetapi Lyon mengawali musim ini dengan tampil buruk di enam pertandingan pembuka yaitu meraih 2 kali kemenangan, 2 kali hasil imbang dan 2 kali kekalahan. Hasil minor tersebut disinyalir sebagai dampak kepergian Depay menuju Barcelona musim ini karea tidak diperpanjang kontraknya. Ditambah rekrutan anyar mereka Xherdan Saqiri belum menunjukan peforma terbaiknya.

5. Norwich City

5 Klub Top yang Tampil Buruk setelah Ditinggal Pemain BintangnyaPemain Norwich City melakukan selebrasi gol ke gawang Leicester City dalam laga lanjutan Liga Inggris musim ini. (skysports.com)

Norwich City mengawali musim ini dengan hasil sangat buruk, dimana dalam 5 laga perdana mereka kalah semua dan hanya melesahkan 2 gol dan kebobolan 14 gol. Sebagi tim yang baru saja promosi di Liga Inggris musim ini tentu ini bukan hal yang menggembirakan.

Salah satu faktor terbesar kenapa Norwich tampil buruk di awal musim ini adlah adalah kepergian pemain andalan mereka Emiliano Buendia menuju Aston Villa. Padalh musim lalu Buendia berkontribusi besar terhadap Norwich dengan promosi ke Liga Inggris dan mencetak 17 gol dan 15 assist.

Baca Juga: 7 Pemain Afrika yang Pernah Mencetak Hattrick di Liga Champions

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya