5 Tips Bermain Lompat Jauh untuk Pemula, Bisa Lompat Aja Gak Cukup!

Yang mau nyoba lompat jauh wajib baca!

Olahraga lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga atletik kategori lompat yang sudah diperlombakan dalam ajang olimpiade sejak lama. Lompat jauh merupakan gerakan melompat ke depan dengan bertolak pada salah satu kaki untuk mencapai titik terjauh yang bisa dijangkau. Biasanya, area atau tempat bermain lompat jauh adalah di medan lurus dan untuk tempat mendarat terdiri dari kolam pasir atau tanah yang gembur.

Lompat jauh sendiri bisa dibilang menjadi olahraga yang cukup berisiko karena apabila salah dalam melakukan tahap awalan lari, saat melayang, dan pendaratan. Agar kalian tidak mengalami cedera, terkilir, atau salah jatuh, perlu dipahami teknik dalam melakukan lompat jauh.

Berikut ini adalah 5 tips mudah melakukanm lompat jauh untuk pemula, apa saja? Simak sampai selesai!

1. Lakukan pemanasan dan pilihkan lokasi yang sesuai

5 Tips Bermain Lompat Jauh untuk Pemula, Bisa Lompat Aja Gak Cukup!pexels.com/Pixabay

Dalam berbagai macam olahraga, pemanasan atau warming up memegang peranan penting agar saat melakukan aktivitas tersebut kita tidak mengalami cedera. Termasuk dalam olahraga lompat jauh, pemanasan menjadi hal yang tidak boleh dilupakan.

Lompat jauh merupakan olahraga yang menitikberatkan pada gerakan kaki dan membutuhkan otot kaki yang prima. Apabila tidak melakukan pemanasan, tentu sangat berisiko kaki mengalami kram atau cedera, baik saat berlari maupun saat melakukan pendaratan.

2. Lakukan gerakan awalan yang bagus

5 Tips Bermain Lompat Jauh untuk Pemula, Bisa Lompat Aja Gak Cukup!ilustrasi berlari (pexels.com/Maksim Goncharenok)

Gerakan awalan dalam permainan lompat jauh adalah melakukan gerakan berlari yang dilakukan dari ujung lintasan hingga balok tumpuan. Agar gerakan awalan kalian berjalan efektif, posisikan badan dengan padangan lurus ke depan. Kalian bisa memilih jarak berlari dari 30 sampai 45 meter dari balok tumpu agar lompatan kalian bisa jauh.

Mulailah lari dengan langkah kecil dan perlahan, lalu mulai tambah kecepatan lari kalian. Maksimalkan kecepatan lari ketika mendekatai titik tumpuan dan pastikan menggunakan kaki terkuat saat melompat.

Baca Juga: 10 Nomor Atletik Terpopuler di Dunia

3. Pastikan tumpuan kaki yang tepat saat take off atau gerakan tolakan

5 Tips Bermain Lompat Jauh untuk Pemula, Bisa Lompat Aja Gak Cukup!ilustrasi lompat jauh (knowitinfo.com)

Cara melakukan tolakan atau take off  adalah dengan meletakan kaki terkuat di balok tumpuan setelah berlari. Hal itu berguna agar tolakan kalian bisa tinggi dan bisa mencapai titik terjauh. Agar tolakan bisa berjalan baik, gunakan bagian tumit kaki terlebih dahulu sebagai tumpuan, baru setelah itu gunakan ujung kaki.

Kalian bisa mencondongkan tubuh kalain sedikit ke belakang sesaat sebelum melakukan tolakan. Pastikan posisi kalian tidak melebihi papan tumbuan karena akan dikenakan penalti. Ayunkan tangan kalian ke depan dan tekuk lutut kalian sebesar 46 derajat agar mendapatkan hasil tolakan yang optimal.

4. Lakukan gerakan dengan gaya tertentu saat melayang di udara

5 Tips Bermain Lompat Jauh untuk Pemula, Bisa Lompat Aja Gak Cukup!Seorang atlet yang sedang melakukan lompat jauh. (mykhel.com)

Setelah bisa melakukan tolakan, gerakan lain yang penting untuk kalian kuasai adalah sikap kalian saat melayang di udara. Gerakan melayang merupakan kunci pendaratan yang aman. Jika sudah salah dalam gerakan melayang, bisa dipastikan kalian gagal dalam melakukan pendaratan.

Gerakan melayang ada tiga, yaitu gaya jongkok, menggantung, dan berjalan di udara. Pilihlah gaya sesuai kemampuan kalian dan pastikan posisi kaki ketika hendak mendarat.

5. Pastikan posisi landing atau pendaratan dengan tepat

5 Tips Bermain Lompat Jauh untuk Pemula, Bisa Lompat Aja Gak Cukup!ilustrasi lompat jauh (olympics.com)

Pendaratan merupakan sasaran penilaian dari olahraga lompat jauh dan salah satu indikator bahwa pendaratan berjalan baik adalah didahului oleh bagian kaki. Agar pendaratan kalian berjalan mulus, ada tiga hal yang perlu diperhatikan.

Pertama adalah posisi kepala sebaiknya seikit menunduk. Kedua mengayunkan lengan ke depan agar kalian terhindar dari salah jatuh. Terakhir pastikan kedua kaki kalian bisa mendarat secara bersamaan.

 

Itulah tips mudah bermain lompat jauh yang bisa kalian terapkan. Dengan pemahaman teknik dan cara yang benar, lompat jauh tentu menjadi olahraga yang seru dan tidak susah untuk dilakukan. Selamat mencoba.

Baca Juga: 8 Manfaat Lompat Tali untuk Kesehatan, Bisa Menjaga Kondisi Jantung

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya