5 Pemain Arsenal yang Dijual Mahal ke Klub LaLiga Spanyol

Ada legenda Timnas Prancis

Arsenal adalah klub papan atas di English Premier League (EPL). Banyak pemain berkualitas yang menjadi bagian dari sejarah klub berjuluk The Gunners ini.

Arsenal juga pernah melepas banyak penggawanya ke klub lain dengan harga mahal, khususnya ke klub LaLiga Spanyol. Buat kamu yang penasaran, simak lima pemain yang dijual mahal Arsenal ke klub LaLiga ini!

1. Nicolas Anelka 

5 Pemain Arsenal yang Dijual Mahal ke Klub LaLiga SpanyolNicolas Anelka (arsenal.com)

Nicolas Anelka menjadi pemain termahal yang pernah dijual Arsenal ke klub LaLiga Spanyol. Pemain berpaspor Prancis ini menghabiskan 2 tahun bersama The Gunners (1997—1999) sebelum dilepas ke Real Madrid.

Real Madrid rela mengeluarkan biaya transfer sebesar 35 juta euro alias Rp577 miliar demi mendapatkan Anelka. Sayang, kiprahnya di Real Madrid tidak berlangsung lama. Ia hanya setahun (1999—2000) di sana.

2. Cesc Fabregas

5 Pemain Arsenal yang Dijual Mahal ke Klub LaLiga SpanyolCesc Fabregas (arsenal.com)

Pemain ini mungkin cukup familier bagi banyak orang. Namanya Cesc Fabregas. Pemain asal Spanyol ini sempat menimba ilmu di akademi Arsenal. Fabregas promosi ke tim senior pada 2004.

Pemain berposisi gelandang tengah ini berkostum The Gunners selama 7 tahun (2004—2011). Pada 15 Agustus 2011, Barcelona menebus Fabregas dari Arsenal dengan mahar 34 juta euro alias Rp560 miliar.

Baca Juga: 10 Pesepak Bola yang Punya Saham di Tim Sepak Bola, Tak Hanya Fabregas

3. Marc Overmars 

5 Pemain Arsenal yang Dijual Mahal ke Klub LaLiga SpanyolMarc Overmars (arsenal.com)

Marc Overmars sudah gantung sepatu pada 2011 silam. Sepak terjangnya bersama Arsenal terjadi selama 3 tahun (1997—2000). Pemain sayap kiri ini sukses menorehkan sedikitnya 38 gol dan 31 assist dalam 137 pertandingan bersama The Gunners.

Overmars dilepas Arsenal ke Barcelona pada 1 Juli 2000. Biaya transfer yang dibayarkan Barcelona mencapai 29,3 juta euro atau Rp483 miliar. Overmars bertahan selama 4 tahun di Barcelona (2000—2004) sebelum pindah ke klub lain.

4. Thierry Henry 

5 Pemain Arsenal yang Dijual Mahal ke Klub LaLiga SpanyolThierry Henry (arsenal.com)

Berikutnya, ada pemain yang termasuk legenda hidup Prancis. Namanya Thierry Henry. Pemain berposisi penyerang ini berjasa besar bagi Arsenal. Bagaimana tidak, Henry telah membukukan 228 gol dan 103 assist dalam 376 pertandingan bersama The Gunners.

Arsenal menjadi klub yang paling lama dibela Henry sepanjang kariernya. Pemilik 123 caps dan 51 gol bersama Timnas Prancis ini dijual ke Barcelona pada 2007. Dari penjualan Henry, Arsenal mendapat dana sebesar 24 juta euro alias Rp395 miliar.

5. Alex Song

5 Pemain Arsenal yang Dijual Mahal ke Klub LaLiga SpanyolAlex Song (fcbarcelona.com)

Terakhir, ada pemain berusia 35 tahun bernama Alex Song. Pria berpaspor Kamerun ini biasa bermain sebagai gelandang bertahan. Song cukup lama berseragam The Gunners, yakni selama 7 tahun (2005—2012).

Ia akhirnya dilepas ke Barcelona pada 20 Agustus 2012 dengan biaya transfer 19 juta euro atau sekitar Rp313 miliar. Sayang, karier Song di Barcelona tidak terlalu bagus. Ia lebih sering dipinjamkan Barcelona.  

Pemain di atas kebanyakan sudah gantung sepatu. Hanya Cesc Fabregas dan Alex Song yang masih aktif bermain. Fabregas membela Como 190, sedangkan Song membela AS Arta/Solar7.

Baca Juga: Menangkan Ballon d'Or, Karim Benzema Lebih Baik dari Thierry Henry?

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya