5 Pemain Kroasia Ini Pernah Menjajal NBA Sebelum Karlo Matkovic

Ada Bojan Bogdanovic!

Terpilihnya Karlo Matkovic di urutan ke-52 pada NBA Draft 2022 adalah kebanggaan tersendiri bagi publik Kroasia. Pasalnya, ia menjadi satu-satunya pemain asal Kroasia yang terpilih pada angkatan draf itu. 

Sayangnya, Matkovic tidak akan bermain di NBA 2022/2023 karena alasan tertentu. Penonton masih harus menunggu sampai ia mau terbang ke Amerika Serikat dan menjajal kompetisi bola basket terbaik sedunia.

Kroasia sendiri sudah pernah mengorbitkan beberapa pemain mereka ke kancah NBA sebelum ada Karlo Matkovic. Untuk mengetahui siapa saja mereka, langsung saja simak ulasan berikut!

1. Ivica Zubac

5 Pemain Kroasia Ini Pernah Menjajal NBA Sebelum Karlo MatkovicIvica Zubac (sportingnews.com)

Ivica Zubac memasuki NBA setelah dipilih Los Angeles Lakers di urutan ke-32 pada NBA Draft 2016. Center yang kini berusia 25 tahun tersebut bermain di Lakers selama 3 tahun sebelum dikirim ke Los Angeles Clippers, tim yang ia bela hingga kini.

Secara performa, Zubac bisa dikatakan mengalami peningkatan pada tiap musim, baik dalam menit bermain, poin, rebound , hingga assist. Zubac juga sudah tiga kali merasakan atmosfer NBA Playoffs bersama Clippers meski belum pernah juara NBA.

2. Dario Saric

5 Pemain Kroasia Ini Pernah Menjajal NBA Sebelum Karlo MatkovicDario Saric (nba.com)

Pemain berusia 28 tahun ini memulai sepak terjangnya di NBA sejak dipilih di urutan ke-12 oleh Orlando Magic pada NBA Draft 2014. Namun, Saric langsung ditukar ke Philadelphia 76ers pada hari yang sama sehingga tidak sempat bermain di Orlando.

Saric sendiri baru debut bersama Sixers pada 2016. Debutnya terbilang lancar karena berhasil terpilih NBA All-Rookie First Team 2017. Ia bahkan hampir menjadi Rookie of the Year pada tahun yang sama.

Bermain sebagai power forward , Saric sudah bermain untuk tiga tim berbeda sejauh ini. Ia kini bermain untuk Phoenix Suns.

Baca Juga: Michael Jordan Jadi Cover Game NBA 2K23

3. Bojan Bogdanovic

5 Pemain Kroasia Ini Pernah Menjajal NBA Sebelum Karlo MatkovicBojan Bogdanovic (nba.com)

Bojan Bogdanovic adalah pemain serbabisa. Ia sanggup bermain sebagai small forward  dan shooting guard. Bisa juga power forward.

Pemain berusia 33 tahun ini dipilih di urutan ke-31 pada NBA Draft 2011 oleh Miami Heat. Meski demikian, Bodganovic langsung ditukar ke Brooklyn Nets pada hari yang sama.

Debutnya di NBA terjadi pada 2014 bersama Nets. Performa Bojan Bogdanovic sampai saat ini meningkat, terutama dalam hal poin.

Ia sudah tidak lagi membela Nets. Namun, berhasil mempertahankan eksistensinya di NBA. Bahkan, Bogdanovic mampu mengemas 20,2 poin per game bersama Utah Jazz pada 2019/2020. Itu menjadi rata-rata poin terbanyak dalam semusim di NBA.

4. Toni Kukoc

5 Pemain Kroasia Ini Pernah Menjajal NBA Sebelum Karlo MatkovicToni Kukoc (sportingnews.com)

Toni Kukoc jadi salah satu pemain Kroasia terhebat yang pernah berkiprah di NBA. Selain meraih banyak prestasi individu, namanya juga masuk ke dalam Naismith Basketball Hall of Fame.

Kukoc sendiri dipilih di urutan ke-29 pada NBA Draft 1990 oleh Chicago Bulls. Ia menjadi ikon basket Kroasia pada era 1990-an.

Selama berkarier di NBA, tiga gelar juara NBA berhasil ia genggam bersama Chicago Bulls. Kala itu, ia bermain bersama Michael Jordan.

5. Dino Radja

5 Pemain Kroasia Ini Pernah Menjajal NBA Sebelum Karlo MatkovicDino Radja (nba.com)

Sama seperti Toni Kukoc, Dino Radja juga masuk ke dalam Naismith Basketball Hall of Fame. Ia memulai jalannya di NBA setelah dipilih di urutan ke-40 pada NBA Draft 1989 oleh Boston Celtics.

Seperti beberapa pemain Eropa, Radja baru debut di NBA bersama Celtics pada 1993, sekitar 4 tahun setelah terpilih. Kariernya pun cukup singkat karena tampil selama 4 musim saja di Boston.

Kendati singkat, Radja yang bisa bermain sebagai center dan power forward berhasil menorehkan raihan impresif. Ia konsisten mencetak poin berdigit ganda pada tiap musim. 

Selain nama-nama di atas, masih ada beberapa pemain NBA dari Kroasia yang punya karier bagus. Beberapa di antaranya adalah Drazen Petrovic dan Kresimir Cosic, yang juga masuk Naismith Basketball Hall of Fame. Ada pula Ante Zizic yang pernah bermain untuk Cleveland Cavaliers.

Baca Juga: Perjuangan Keras MarJon Beauchamp untuk Bermain di NBA

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya