6 Pemain yang Nomornya Dipensiunkan Golden State Warriors

Ada Rick Barry

Golden State Warriors sudah berdiri sejak 1946. Ada banyak pemain NBA hebat yang pernah menjadi bagian dari klub asal San Francisco ini, bahkan sebelum era Stephen Curry. 

Beberapa pemain itu berkontribusi besar. Sebagai tanda jasa, nomor punggung mereka dipensiunkan.

Secara total, Warriors sudah memensiunkan enam nomor punggung. Inilah pemain yang nomor punggungnya dipensiunkan Golden State Warriors.

1. Al Attles

6 Pemain yang Nomornya Dipensiunkan Golden State WarriorsAl Attles (nba.com)

Al Attles adalah pria kelahiran New Jersey, Amerika Serikat, yang kini berusia 86 tahun. Semasa aktif menjadi pemain NBA, dia bermain sebagai point guard. 

Pemilik nama lengkap Alvin Austin Attles Jr ini hanya membela satu tim sepanjang kariernya, yakni Golden State Warriors. Pemain berpostur 183 sentimeter ini sendiri menghabiskan waktu 11 tahun (1960—1971) bersama Warriors.

Attles pernah menjadi bagian dari pertandingan bersejarah Warriors yang kala itu diperkuat Wilt Chamberlain. Saat itu, Chamberlain mengemas 100 poin dan Attles mencetak 17 poin, terbanyak kedua di tim. Nomor punggung 16 dipensiunkan Warriors untuk menghormati Attles.

2. Wilt Chamberlain

6 Pemain yang Nomornya Dipensiunkan Golden State WarriorsWilt Chamberlain (nba.com)

Berikutnya, ada pemain yang menjadi andalan Golden State Warriors era 1960-an. Namanya Wilt Chamberlain. Pemain berposisi center ini pernah membuat sejarah dengan mencetak 100 poin dalam 1 pertandingan.

Torehan fenomenal itu menjadikannya pemain dengan poin terbanyak dalam satu pertandingan NBA. Chamberlain sendiri membela Warriors pada 1959—1965. Sayang, dia belum mampu mengantarkan Warriors menjuarai NBA.

Kendati demikian, Warriors tetap menghormati jasa Wilt Chamberlain dengan memensiunkan nomor punggung 13 miliknya. Selain di Warriors, nomor punggung sang pemain juga dipensiunkan Los Angeles Lakers dan Philadelphia 76ers.

3. Rick Barry

6 Pemain yang Nomornya Dipensiunkan Golden State WarriorsRick Barry (nba.com)

Rick Barry membela Golden State Warriors selama dua periode, yakni 1965—1967 dan 1972—1978. Pemain berposisi small forward ini berhasil menyumbang satu gelar juara NBA pada 1975. 

Semasa aktif bermain, Barry telah meraih banyak prestasi, di antaranya 8 NBA All-Star, 1 NBA Scoring Champion, dan 1 NBA Finals MVP. Sebagai penghargaan atas jasanya, Warriors memensiunkan nomor 24 miliknya.

Baca Juga: 5 Langkah Mendominasi NBA ala Golden State Warriors

4. Chris Mullin

6 Pemain yang Nomornya Dipensiunkan Golden State WarriorsChris Mullin (nba.com)

Chris Mullin adalah pemain yang dipilih Golden State Warriors di urutan ketujuh pada NBA Draft 1985. Pemain yang bisa menjadi shooting guard dan small forward ini membela Warriors selama dua periode, yakni 1985—1997 dan 2000—2001.

Performanya pada periode pertama bersama Warriors sangat impresif. Mullin tidak pernah absen mencatatkan rata-rata poin berdigit ganda tiap musim. Dia juga pernah lima kali terpilih NBA All-Star sepanjang kariernya.

Sayang, Mullin belum bisa mempersembahkan gelar juara bagi Warriors. Kendati demikian, Warriors menghargai jasanya dengan memensiunkan nomor 17 miliknya.

5. Nate Thurmond

6 Pemain yang Nomornya Dipensiunkan Golden State WarriorsNate Thurmond (nba.com)

Nate Thurmond pernah membela beberapa tim semasa aktif bermain di NBA. Salah satunya adalah Golden State Warriors. Pemain yang bisa menjadi center dan power forward ini berkostum Warriors selama 11 tahun (1963—1974).

Thurmond sendiri dikenal sebagai pemain yang piawai dalam bertahan. Buktinya, dia pernah 2 kali terpilih NBA All-Defensive First Team dan 3 kali NBA All-Defensive Second Team.

Meski belum berhasil membawa Warriors menjuarai NBA, Thurmond berjasa besar bagi tim asal San Francisco ini. Nomor 42 milik Thurmond pun dipensiunkan Warriors sebagai penghormatan.

6. Tom Meschery

https://www.youtube.com/embed/NpnIWjVGP_M

Terakhir, ada power forward andalan Golden State Warriors era 1960-an. Namanya Tom Meschery. Dia dipilih Warriors di urutan ketujuh pada NBA Draft 1961.

Meschery lantas menghabiskan 6 tahun (1961—1967) berkostum Warriors. Dia sempat bermain bersama Wilt Chamberlain. Meschery menjadi starting power forward pada pertandingan di mana Chamberlain mencetak 100 poin. 

Performa Meschery selama membela Warriors bisa dibilang bagus. Dia rutin mengemas poin berdigit ganda tiap musimnya. Nomor 14 milik Meschery akhirnya dipensiunkan Warriors untuk menghargai jasanya.

Para pemain di atas berjasa besar bagi Golden State Warriors semasa aktif bermain. Atas dasar itu, tidak heran Warriors memensiunkan nomor punggung mereka sebagai tanda jasa.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Jordan Poole, Mesin Pencetak Poin Golden State Warriors

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya