5 Fakta Willie Green, Warna Baru Permainan New Orleans Pelicans

Willie Green berhasil mengejutkan NBA bersama Pelicans

NBA tak berhenti memberikan kisah menarik di setiap musimnya. Pada musim 2021-2022, New Orleans Pelicans mengejutkan jagad NBA dengan langkah dan perjuangan mereka menembus NBA Playoffs.

Tak hanya para pemain, kisah luar biasa Pelicans juga berasal dari seorang kepala pelatih rookie, Willie Green. Ia berhasil membawa timnya yang telah jatuh pada pertengahan musim untuk kemudian bangkit berjuang merebut kursi NBA Playoffs.

Simak sederet fakta menarik sang pelatih debutan di NBA tersebut berikut, yuk!

1. Pernah bermain untuk berbagai tim NBA

5 Fakta Willie Green, Warna Baru Permainan New Orleans PelicansWillie Green (nba.com/warriors)

Willie Green menghabiskan 12 tahun sebagai pemain NBA. Dipilih oleh Seattle SuperSonics pada 2003, ia kemudian bermain untuk Philadelphia 76ers, New Orleans Hornets, Atlanta Hawks, Los Angeles Clippers, dan Orlando Magic.

Green merupakan pemain yang atletik dengan kemampuan menembak yang baik. Ketika bermain bersama 76ers pada musim 2007, Green pernah mencetak 37 poin melawan Toronto Raptors. Setelah bermain bersama Orlando Magic, ia menutup kariernya sebagai pemain NBA.

2. Juara NBA sebagai asisten pelatih

5 Fakta Willie Green, Warna Baru Permainan New Orleans PelicansWillie Green (facebook.com/warriors)

Setelah pensiun sebagai pemain NBA, Willie Green memulai karier sebagai pelatih. Pada 2016, ia mulai menjadi asisten pelatih untuk Golden State Warriors.

Berbagai penghargaan mulai diraih oleh Green. Bersama Warriors, ia menjadi juara NBA pada tahun 2017 dan 2018. Willie Green memiliki peran yang besar dalam mempertahankan dinasti Warriors ini. Kebersamaan Green bersama Warriors berakhir pasca NBA Finals 2019.

Baca Juga: 10 Potret Brandon Ingram, Small Forward Andalan New Orleans Pelicans

3. Membantu sang matahari bersinar

5 Fakta Willie Green, Warna Baru Permainan New Orleans PelicansWillie Green dan Phoenix Suns (nba.com/pelicans)

Pada 2019, Willie Green mendapatkan tawaran pekerjaan sebagai asisten pelatih untuk Phoenix Suns. Berbeda dengan Warriors, Green dipercayai untuk membantu kepala pelatih Suns, Monty Williams, untuk mengembangkan skuad muda di Phoenix.

Berkat kontribusi Willie Green, Suns mulai menunjukkan potensinya di NBA Bubble 2020. Meski memenangkan seluruh pertandingan mereka di Bubble, sayangnya Suns masih belum bisa bermain di Playoffs. Pada musim 2020-2021, Willie Green dan Phoenix Suns berhasil mencapai NBA Finals untuk pertama kalinya sejak 1993.

4. Kepala pelatih untuk New Orleans Pelicans

5 Fakta Willie Green, Warna Baru Permainan New Orleans PelicansWillie Green dan CJ McCollum (nba.com/pelicans)

Kesempatan besar kemudian datang untuk Willie Green. Pada Juli 2021, ia mulai bekerja sebagai kepala pelatih untuk New Orleans Pelicans.

Pelicans sendiri memiliki banyak pemain muda berpotensi. Sebagai kepala pelatih rookie, Green telah punya tantangan besar untuk membawa timnya menuju NBA Playoffs tanpa Zion Williamson yang masih berkutat dengan cedera. Hasilnya mengagumkan. Pelicans berhasil meraih 36 kemenangan di bawah naungan Willie Green untuk pertama kalinya.

5. Langkah dramatis untuk NBA Playoffs 2022

5 Fakta Willie Green, Warna Baru Permainan New Orleans PelicansMonty Williams dan Willie Green (nba.com/pelicans)

Perjalanan Willie Green dan Pelicans menuju NBA Playoffs 2022 tidak mudah. Mereka menjalani awal musim yang buruk hingga terpaksa membuat perubahan.

Setelah mendapatkan CJ McCollum dari pertukaran, Green dan Pelicans mulai bergerak maju. Sebelumnya tertinggal jauh dalam klasemen, Pelicans berhasil memastikan kursi di NBA Play-In Tournament.

Di pertandingan Play-In melawan LA Clippers, Willie Green memberikan motivasi kuat untuk skuadnya hingga berhasil mengubah keadaan dan merebut kursi NBA Playoffs terakhir. Langkah dramatis Green dan Pelicans akhirnya dihentikan oleh Suns dalam 6 pertandingan.

Willie Green telah menghadapi perjalanan luar biasa untuk memulai kariernya sebagai kepala pelatih. Dengan kembalinya Zion Williamson untuk mengarungi musim NBA 2022/2023 mendatang, skuad Green ini bisa menjadi masalah besar bagi tim-tim NBA lainnya.

Baca Juga: 5 Pencetak Rata-rata Poin Terhebat dalam Sejarah New Orleans Pelicans

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya