Dari Gulat hingga Lari, Ini 5 Olahraga Paling Kuno di Dunia

Beberapa masih dilakukan hingga kini

Olahraga merupakan kegiatan yang dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh serta pikiran kita. Tahukah kamu jika zaman kuno dahulu ternyata sudah ada banyak olahraga yang rutin dilakukan, bahkan dilombakan?

Ya, olahraga zaman kuno memang berbeda dengan olahraga modern. Namun, beberapa dasar prinsipnya masih tetap diaplikasikan hingga kini. Inilah lima olahraga paling kuno yang pernah ada di dunia. Apa saja, ya?

1. Gulat

Dari Gulat hingga Lari, Ini 5 Olahraga Paling Kuno di Duniasmithsonianmag.com

Gulat merupakan salah satu cabang olahraga tertua yang pernah ada di muka bumi. Bahkan, 15 ribu tahun yang lalu gulat sudah digunakan secara kompleks untuk pertempuran atau pertarungan jarak dekat, seperti diberitakan laman Athletic Scholarships.

Beberapa ribu tahun sebelum Masehi, gulat juga dimasukkan sebagai olahraga yang dilombakan secara profesional. Romawi, Yunani, Mesir kuno, dan Persia sudah memasukkan gulat sebagai olahraga wajib tahunan.

Kini, gulat memiliki banyak jenis dan aliran, mulai dari gulat asal Jepang, Yunani, sampai Brasil. Dengan peraturan yang lebih ketat, olahraga gulat tidak lagi brutal seperti zaman kuno dahulu kala.

2. Olahraga Panahan

Dari Gulat hingga Lari, Ini 5 Olahraga Paling Kuno di Duniatheatkinson.co.uk

Olahraga panahan juga merupakan olahraga tertua di muka bumi. Dilansir laman World Archery, diperkirakan memanah merupakan kegiatan yang telah dilakukan sejak zaman batu sekitar 20 ribu tahun lalu.

Setelah zaman batu, Mesir Kuno menggunakan teknik memanah untuk keperluan berburu dan berperang, yakni sekitar 3000 Sebelum Masehi.

Kini, memanah merupakan salah satu cabang olahraga yang tetap dilombakan secara profesional. Dengan busur dan anak panah yang jauh lebih modern, membuat para atlet tidak mengalami banyak kesulitan untuk berlomba.

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini untuk Mencegah Breakout Setelah Olahraga

3. Renang

Dari Gulat hingga Lari, Ini 5 Olahraga Paling Kuno di Duniaabsolutechinatours.com

Sebetulnya, tidak diketahui dengan pasti kapan tepatnya renang dijadikan sebagai cabang olahraga profesional. Yang jelas, sejak puluhan ribu tahun lalu, sudah banyak manusia kuno dan purba yang telah mempelajari teknik berenang untuk menjadi penyintas di alam liar.

Diberitakan Britannica, olahraga renang telah dilakukan secara profesional pada 2500 Sebelum Masehi di Mesir kuno, Asiria, Romawi, dan Yunani.

Pada zaman yang lebih modern, yakni abad ke-17, olahraga renang wajib diajarkan di sekolah-sekolah Jepang, sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh kaisar Jepang pada saat itu. Peraturan itu masih berlaku hingga kini di seluruh sekolah yang ada di Jepang.

4. Tsu Chu

Dari Gulat hingga Lari, Ini 5 Olahraga Paling Kuno di Duniachinadaily.com

Jika mengira bahwa sepak bola merupakan olahraga asli dari Eropa, kamu salah. Faktanya, Bangsa Tiongkok Kuno sudah bermain sepak bola secara profesional dan ini merupakan sejarah awal mula sepak bola modern.

Permainan bola ini bernama tsu chu, sebuah permainan bola yang sudah ada di Tiongkok kuno sejak 5000 Sebelum Masehi, alias 7000 tahun lalu, seperti ditulis dalam Football Network.

Permainan ini lantas sangat terkenal pada masa pemerintahan Dinasti Tsin, sekitar 255 Sebelum Masehi. Pada saat itu, tsu chu dimasukkan ke dalam pendidikan kesehatan khusus tentara atau prajurit.

5. Olahraga Lari

Dari Gulat hingga Lari, Ini 5 Olahraga Paling Kuno di Duniagreece-is.com

Lari merupakan cabang olahraga tertua yang pernah ada dan semua orang bisa melakukannya. Itu karena berlari tidak membutuhkan peralatan khusus. Bahkan, zaman dulu, atlet lari melakukannya tanpa alas kaki.

Olahraga lari dipercaya telah ada sejak 15 ribu tahun lalu, namun belum dilombakan secara profesional. Baru sekitar tahun 700 Sebelum Masehi, olahraga lari sudah mulai dilombakan secara profesional.

Itulah lima olahraga paling kuno yang pernah ada di dunia. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: Hari Pertama Observasi di Natuna, Puluhan WNI Olahraga

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya