Kembali Raih Poin pada GP Miami, Albon: Bukan Anomali untuk Williams

Albon finis ke-9 pada GP Miami

Alexander Albon kembali meraih poin pada balapan Formula 1 2022. Kali ini, pembalap Williams itu finis ke-9 pada GP Miami. Hasil tersebut menjadi capaian terbaik Albon sejauh ini dalam 5 seri balap awal musim 2022.

Hasil oke pada GP Miami dirasa Albon bukan merupakan sebuah anomali. Justru, Albon merasa bingung mengapa dirinya tak mampu lolos dari Q1 dan harus start dari posisi ke-18 saat balapan.

1. Albon sebut GP Miami jauh lebih mengejutkan dibandingkan GP Australia

Kembali Raih Poin pada GP Miami, Albon: Bukan Anomali untuk WilliamsAlexander Albon pada balapan GP Miami 2022 (twitter.com/WilliamsRacing)

Sebelum GP Miami, Albon berhasil mencatatkan poin pada GP Australia. Saat itu, pembalap berkebangsaan Thailand itu finis di posisi ke-10 dan berhak atas sebiji poin. Hingga GP Miami, Albon total sudah mengumpulkan 3 poin dan bertengger di posisi ke-15 pada klasemen pembalap.

Albon pun membandingkan antara GP Australia dan GP Miami yang sudah dilaluinya musim ini. Menurutnya, GP Miami jauh lebih mengejutkan ketimbang saat GP Australia.

"Kami berada pada posisi 10 besar pada 2 dari 3 sesi latihan dan kami benar-benar ada di sana. Itu bukanlah bahan bakar yang rendah atau semacamnya. Jadi, mendapatkan posisi ke-10 adalah apa yang aku rasa seharusnya kami lakukan sepanjang akhir pekan.

Tentu saja, kami beruntung karena beberapa kecelakaan yang melibatkan mobil-mobil di depan. Akan tetapi, kami tepat berada di belakang mereka dan mengejar mereka juga. Itu pekan balap yang kuat untuk kami," kata Albon dilansir The Race.

2. Albon menilai finis posisi ke-9 bukan anomali, justru merasa heran dengan hasil kualifikasi

Melintasi garis finis di posisi ke-9 pada GP Miami dinilai Albon bukan sebuah anomali. Justru, pembalap bernomor mobil 23 menyebut sesi kualifikasi yang dijalaninya adalah anomali sepanjang pekan balap di Miami International Autodrome.

"Anomalinya ada pada sesi kualifikasi dan kami butuh untuk memahami cara mendapatkan kembali performa bagus karena kami mendapatkannya pada GP Bahrain (lolos ke Q2) dan kami sedikit kehilangan pijakan kami," ungkap Albon.

Baca Juga: Mengenal Alex Albon, Pembalap F1 Keturunan Thailand yang Kembali

3. Keberhasilan finis zona poin pada GP Miami bukan sebuah keberuntungan

Kembali Raih Poin pada GP Miami, Albon: Bukan Anomali untuk WilliamsAlexander Albon pada GP Miami 2022 (formula1.com)

Albon turut menegaskan bahwa hasil bagus pada GP Miami bukanlah sebuah keberuntungan. Pasalnya, ia berhasil menyalip beberapa pembalap di depannya meski tertolong oleh adanya insiden yang menimpa Vettel serta Alonso yang terkena penalti selepas balapan.

"Kami bertarung dengan Russell pada awal balapan. Kami menyalipnya pada satu titik. Kami mengejar Daniel Ricciardo dan kami mengejar keseluruhan rombongan mobil di depan kami. Jadi, aku bahkan tidak menyebutnya sebagai keberuntungan," tegasnya.

4. Albon memberi apresiasi pada kerja keras tim sepanjang balapan GP Miami

Kembali Raih Poin pada GP Miami, Albon: Bukan Anomali untuk WilliamsAlexander Albon pada GP Miami 2022 (twitter.com/WilliamsRacing)

Albon tak lupa memberi apresiasi pada kerja keras timnya sepanjang balapan GP Miami. Ia merasa timnya berhasil melakukan strategi yang tepat sehingga membuatnya finis di zona poin.

"Dalam beberapa hal, kami benar-benar melakukan pekerjaan baik saat balapan. Aku merasa kami mengalahkan orang lain pada ban dan strategi serta bagaimana kami bekerja dengan ban yang dipakai. Aku mencatatan waktu terbaik pada putaran terakhir dengan ban C2 dan ada sesuatu terkait ban itu yang kami sukai," papar Albon dilansir PlanetF1.

5. Williams sudah kumpulkan 3 poin, berada di posisi paling buncit

Kembali Raih Poin pada GP Miami, Albon: Bukan Anomali untuk Williamsklasemen konstruktor usai GP Miami 2022 (twitter.com/F1)

Tambahan 2 poin dari Albon membuat Williams sudah mengumpulkan 3 poin di klasemen konstruktor. Semua poin yang didapat oleh tim berasal dari Albon karena Latifi masih belum mampu meraih poin hingga GP Miami.

Williams kini berada di posisi paling buncit di klasemen. Mereka tertinggal 3 poin dari Aston Martin yang bertengger di posisi ke-9. Mampukah Albon menjaga tren positif pada seri-seri berikutnya?

Baca Juga: Ada Satu Tugas yang Gagal Dituntaskan Carlos Sainz pada GP Miami

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya