Comscore Tracker

Aleix Espargaro Sebut Aprilia Punya Peluang Naik Podium di GP Austria

RS-GP punya potensi bersaing di barisan depan

Deru motor MotoGP akan kembali terdengar akhir pekan ini. Red Bull Ring, Austria, menjadi sirkuit berikutnya yang menggelar balapan untuk musim 2022 ini.

Salah satu yang antusias menyambut balapan GP Austria adalah Aleix Espargaro. Ia merasa Aprilia punya peluang naik podium pada trek sepanjang 4,3 kilometer tersebut.

1. Aleix Espargaro menilai RS-GP punya potensi bersaing di barisan depan pada GP Austria

Aleix Espargaro Sebut Aprilia Punya Peluang Naik Podium di GP AustriaAleix Espargaro pada balapan GP Inggris 2022 (motogp.com)

Optimisme Aleix Espargaro menyongsong GP Austria disampaikan olehnya baru-baru ini. Menurutnya, RS-GP yang dikendarainya punya potensi untuk bersaing di barisan depan dalam perebutan posisi podium.

“Aku rasa Aprilia melakukan dengan cukup baik di sirkuit mana pun pada tahun ini. Hampir tiap balapan kami menempatkan satu motor di podium. Itu adalah hal yang bagus,” kata Aleix Espargaro dilansir Motorsport Total.

2. Aleix Espargaro mengakui Red Bull Ring adalah trek yang cocok untuk Ducati

Aleix Espargaro Sebut Aprilia Punya Peluang Naik Podium di GP Austriatampilan chicane baru pada Sirkuit Red Bull Ring (motogp.com)

Aleix Espargaro juga tak menampik jika Red Bull Ring adalah trek yang bagus untuk Ducati. Apalagi dalam delapan balapan terakhir Ducati mendominasi dengan meraih enam kemenangan. 

“Tentu, Red Bull Ring adalah trek yang sangat bagus untuk Ducati. Cukup mudah bagi mereka di sana. Mereka punya motor yang benar-benar kuat dan akan menjadi hal sulit untuk mengalahkan mereka,” ungkap Aleix Espargaro.

Baca Juga: Gaya Balap Aneh Aleix Espargaro Justru Cocok dengan Aprilia

3. Berharap bisa bersaing dalam perebutan posisi podium saat balapan di Red Bull Ring

Aleix Espargaro Sebut Aprilia Punya Peluang Naik Podium di GP AustriaAleix Espargaro pada GP Catalunya 2022 (motogp.com)

Meski begitu, Aleix Espargaro tetap menaruh harapan bisa bersaing meraih podium di Austria meski sempat mengalami insiden saat FP4 GP Inggris. Ia didiagnosa mengalami patah tumit pada kaki kanannya. Sebab, menurutnya, persaingan perebutan posisi podium pada musim ini begitu terbuka, sehingga para pembalap punya peluang finis di posisi tiga besar.

“Kejuaraan saat ini sangat terbuka. Anda tak pernah tahu kapan Anda bisa menang dan itu bukan hanya tentang satu balapan saja. 

Anda harus punya mental kuat, Anda harus konsisten. Itu bukan terkait satu balapan sempurna dan balapan lainnya menjadi bencana. Anda harus menjadi konsisten di mana pun dan aku berharap bisa bersaing meraih podium di Austria,” tegas Aleix dikutip Motorsport.com.

4. Aleix Espargaro prediksi Fabio Quartararo akan alami kesulitan pada GP Austria, apa sebabnya?

Aleix Espargaro Sebut Aprilia Punya Peluang Naik Podium di GP AustriaFabio Quartararo dan Aleix Espargaro pada sesi konferensi pers GP Spanyol 2022 (motogp.com)

Mengenai Fabio Quartararo yano notabene rival terdekat dalam perebutan gelar juara musim ini, Aleix Espargaro merasa El Diablo akan mengalami kesulitan di Austria. Sebab, Ducati dalam beberapa dua balapan terakhir berhasil meraih kemenangan lewat Francesco Bagnaia. Hal itu bisa menjadi tekanan bagi Quartararo dalam balapan kali ini.

“Aku rasa jika Ducati mengalami peningkatan dari satu balapan ke balapan lainnya dan aku bisa menjaga level terbaikku dan Vinales bisa melanjutkannya, maka itu akan menjadi tekanan baginya. Jadi, itu adalah hal bagus untukku,” jelas Aleix.

5. Aleix Espargaro kini tertinggal 22 poin dari Fabio Quartararo di klasemen pembalap

Aleix Espargaro Sebut Aprilia Punya Peluang Naik Podium di GP AustriaAleix Espargaro dan Fabio Quartararo pada GP Jerman 2022 (motogp.com)

Saat ini, Aleix Espargaro berada di posisi kedua klasemen pembalap dengan meraup 158 poin. Pembalap bernomor motor 41 itu tertinggal 22 poin dari Fabio Quartararo yang ada di puncak klasemen.

Pada balapan terakhir di GP Inggris, Aleix hanya mampu finis di posisi kesembilan. Mampukah akhir pekan ini ia kembali naik podium? Atau justru Aleix bisa kembali memenangi balapan setelah terakhir kali pada GP Argentina 2022?

Baca Juga: Aleix Espargaro dan Maverick Vinales Bertahan di Aprilia Hingga 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya