Alex Marquez Ingin Bertahan di Gresini Racing karena Nyaman

Kontrak Alex Marquez bakal rampung akhir musim 2023

Alex Marquez menjalani musim 2023 bersama Gresini Racing setelah 3 musim berada di skuad Honda. Alex Marquez langsung merasa positif begitu bergabung dengan tim satelit Ducati tersebut. Performa Desmosedici GP22 yang oke menjadi senjata pembalap asal Spanyol itu untuk bersaing di barisan depan saat balapan.

Selain itu, suasana tim kian membuat Alex Marquez betah. Ia mengaku ingin tetap berada di Gresini Racing musim depan. Lantas, pengalaman apa saja yang sudah diperoleh Alex Marquez selama putaran pertama MotoGP 2023 bersama tim barunya itu?

1. Alex Marquez menjalani debutnya di MotoGP bersama Repsol Honda

Alex Marquez Ingin Bertahan di Gresini Racing karena NyamanAlex Marquez saat menjalani pekan balap GP Teruel 2020. (motogp.com)

Sebelum menjejakkan kaki di garasi Gresini Racing, Alex Marquez terlebih dahulu melakoni petualangannya di kelas utama bersama Honda. Alex Marquez memperkuat Repsol Honda pada musim debutnya di MotoGP pada 2020. Ia menjadi rekan setim Marc Marquez yang notabene kakak kandungnya.

Alex Marquez hanya semusim di tim utama Honda. Prestasi terbaiknya bersama tim tersebut adalah dua kali finis runner-up di GP Prancis dan Aragon. Ia menyudahi musim perdananya di kelas utama dengan bertengger di posisi ke-14 klasemen pembalap lewat perolehan 74 poin.

2. Alex Marquez di LCR Honda selama 2 musim, tetapi tak memeroleh hasil bagus

Alex Marquez Ingin Bertahan di Gresini Racing karena NyamanAlex Marquez saat menjalani pekan balap GP Malaysia 2022. (motogp.com)

Alex Marquez masih di skuad Honda pada 2021. Ia memperkuat LCR Honda yang merupakan tim satelit pabrikan asal Jepang tersebut. Namun, perjalanan Alex Marquez bersama LCR Honda tak berjalan mulus.

Alex Marquez tak mampu bersaing untuk merebut posisi tiga besar saat balapan. Ia lebih banyak berkutat di barisan tengah dan beberapa kali gagal finis. Tak ada podium yang bisa Alex Marquez pijak. Perolehan poin di klasemen pembalap pun mengalami penurunan dibandingkan dengan musim pertamanya di MotoGP.

Alex Marquez harus puas berada di posisi ke-16 setelah mengumpulkan 70 poin pada 2021. Koleksi poin sang pembalap kian menyusut pada 2022. Ia hanya mampu meraup 50 poin dari 20 seri balap yang digelar. Alhasil, pembalap bernomor motor 73 itu mengakhiri musim dengan bercokol di peringkat ke-17.

Baca Juga: Nyaman di Gresini, Alex Marquez Optimistis Tampil Apik di MotoGP 2023

3. Alex Marquez bergabung ke Gresini Racing, jadi lembaran baru pada 2023

Alex Marquez Ingin Bertahan di Gresini Racing karena NyamanAlex Marquez naik podium bersama Marco Bezzecchi dan Johann Zarco di GP Argentina 2023. (motogp.com)

Musim 2023 menjadi lembaran baru untuk Alex Marquez. Ia bergabung dengan Ducati untuk pertama kalinya setelah berada pada fase sulit bersama Honda. Alex Marquez bergabung ke Gresini Racing dengan mengisi posisi Enea Bastianini yang promosi ke tim utama Ducati.

Alex Marquez merasa positif sejak tes musim dingin di Valencia. Ia lebih nyaman ketika menunggangi Desmosedici GP22 ketimbang RC213V. Keraguan akan sulitnya menjinakkan sekaligus mendapat performa bagus di atas motor baru seketika sirna.

“Aku tidak menduganya karena aku cukup cepat dari putaran pertama. Keraguan itu benar-benar hilang. Apa yang Anda lakukan di atas motor juga bisa terlihat pada waktu putaran. Anda tidak lagi merasakan di atas motor bahwa Anda tidak tahu apa yang akan terjadi. Semuanya terkendali dan aku bisa menemukan batasannya di mana saja,” terang Alex Marquez dilansir Speedweek.

4. Tak hanya performa motor, Alex Marquez juga terkesan dengan sinergi di dalam tim

Alex Marquez Ingin Bertahan di Gresini Racing karena Nyamansuasana garasi Alex Marquez saat tes pramusim MotoGP 2023 di Sepang (motogp.com)

Tak hanya perkara motor, Alex Marquez juga terkesan dengan sinergi yang terjalin antara Ducati dan Gresini Racing. Kedua belah pihak sering berdiskusi terkait perkembangan motor yang dipakai selama pekan balap. Saran dari pembalap juga dilibatkan demi mencari tahu kekurangan yang masih terjadi pada Desmosedici.

“Kami terus bertukar ide dengan Gigi Dall’Igna (General Manager Ducati Corse) dan timnya. Mereka selalu datang ke tiap garasi setelah latihan untuk mendengarkan pembalap. Mereka melihat letak permasalahan atau pembalap mana yang memiliki lebih banyak kesulitan di area tertentu. Lalu, kami akan mendapat semua data itu,” jelas Alex Marquez.

5. Alex Marquez berharap tetap di Gresini Racing tahun depan

Alex Marquez Ingin Bertahan di Gresini Racing karena Nyamanpembalap Gresini Racing Alex Marquez (motogp.com)

Alex Marquez senang berada di Gresini Racing. Ia terang-terangan ingin berada di sana lagi musim depan. Perlu diingat, kontrak Alex Marquez bersama Gresini Racing hanya berlangsung semusim, sehingga akan rampung pada akhir 2023.

Meski begitu, Alex Marquez tak mau terlalu memusingkan soal masa depannya di tim. Ia lebih memilih fokus mempersiapkan diri menyambut paruh kedua MotoGP 2023. Alex Marquez memliki target untuk lebih banyak naik podium dan mengincar kemenangan perdana di MotoGP.

“Aku sangat senang dengan keberadaanku saat ini. Aku tentu saja ingin terus di tim ini tahun depan dan bersama Ducati. Itu saja, tetapi aku hanya ingin berusaha hidup pada waktu saat ini.

Saat Anda mulai memikirkan tentang masa depan dan hal-hal semacam ini, maka Anda tak punya mentalitas yang tepat lagi. Anda harus selalu berada di sini sekarang. Sekarang, dengan kedua kaki berada di atas tanah, aku menantikan untuk berada di sini lebih lama,” terang Alex Marquez.

Alex Marquez kini berada di posisi kesepuluh klasemen pembalap. Ia sudah mengumpulkan 63 poin dengan hasil terbaiknya finis ketiga saat main race GP Argentina. Akankah Alex Marquez bisa memenangi balapan untuk pertama kalinya di kelas utama MotoGP?

Baca Juga: 10 Fakta Menarik tentang Alex Marquez, Pembalap Baru Gresini Racing

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya