Comscore Tracker

Alex Marquez Sebut Hujan di GP Thailand sebagai Berkah

Mampu tuntaskan balapan di posisi kedelapan

Alex Marquez kembali menuntaskan balapan di zona sepuluh besar pada MotoGP 2022. Kali ini, pembalap LCR Honda itu melintasi garis finis di posisi ke-8 pada balapan GP Thailand yang berlangsung Minggu (2/10/2022) siang WIB.

Meski balapan berlangsung dalam kondisi hujan, Alex Marquez mampu tampil oke dan membawa pulang poin dari Buriram. Bahkan, ia menyebut hujan yang turun di Chang International Circuit sebagai berkah untuknya.

1. Alex Marquez gagal lolos ke Q2, berada di posisi start ke-20

Alex Marquez Sebut Hujan di GP Thailand sebagai BerkahAlex Marquez pada GP Thailand 2022 (twitter.com/lcr_team)

Alex Marquez tak mendapat modal bagus jelang balapan GP Thailand. Pasalnya, pembalap bernomor motor 73 itu gagal tembus ke sesi kualifikasi ke-2 (Q2) setelah hanya mencatatkan waktu tercepat ke-10 saat Q1.

Alhasil, Alex Marquez menempati posisi start ke-20. Saat sesi warm-up, ia juga tak menunjukkan performa mengesankan. Pembalap berkebangsaan Spanyol itu bercokol di posisi ke-17 pada sesi tersebut yang berlangsung dalam kondisi berawan.

2. Hujan bukan halangan, Alex Marquez mampu akhiri balapan di posisi ke-8

Alex Marquez Sebut Hujan di GP Thailand sebagai BerkahAlex Marquez pada GP Thailand 2022 (motogp.com)

Sebelum balapan MotoGP dimulai, hujan mengguyur Chang International Circuit tepat setelah balapan Moto3 tuntas. Kondisi ini membuat race director memutuskan balapan berlangsung dalam status wet race untuk Moto2 dan MotoGP.

Trek sepanjang 4,6 km yang basah rupanya bukan halangan bagi Alex Marquez untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Adik kandung Marc Marquez itu justru mampu menembus sepuluh besar dan mengakhiri balapan di posisi ke-8

Capaian ini memutus rangkaian gagal finis 10 besar dalam 2 balapan beruntun. Sebelum GP Thailand, Alex Marquez mampu finis di posisi kesepuluh pada GP San Marino. Akan tetapi, ia terlempar ke luar sepuluh besar pada GP Aragon (posisi ke-12) dan Jepang (posisi ke-13).

Baca Juga: Enea Bastianini Berharap Alex Marquez Keluarkan Potensi di Gresini

3. Alex Marquez sebut hujan sebagai faktor penyelamat

Alex Marquez menuturkan bahwa hujan memberi berkah kepadanya saat balapan berlangsung. Sebab, ia merasa belum tentu bisa meraih hasil cukup bagus jika balapan berlangsung dalam kondisi kering. Ia pun merujuk pada hasil warm-up yang kurang memuaskan.

"Hujan menyelamatkan kami, itulah realitasnya. Dengan kondisi sesi warm-up aku mendapatkan banyak kesulitan. Aku bilang bahwa balapan kali ini menjadi balapan yang panjang. Beruntung, balapan telah datang untuk kami," ucap Alex Marquez dilansir Motorcycle Sports.

4. Alex Marquez sejatinya bisa amankan posisi finis ke-6 pada GP Thailand

Alex Marquez Sebut Hujan di GP Thailand sebagai BerkahAlex Marquez pada GP Thailand 2022 (motogp.com)

Alex Marquez sempat berada di posisi ke-6 pada tiga lap terakhir balapan. Akan tetapi, ia harus takluk dari Enea Bastianini dan Maverick Vinales sehingga gagal mempertahankan posisi tersebut sampai akhir balapan. Lantas, apa yang membuat Alex Marquez tak mampu membendung laju dua pembalap itu?

"Saat trek mulai kering, aku mengalami peningkatan masalah. Aku rasa pengaturan motor kami disesuaikan dengan kondisi hujan, tapi bukan untuk kondisi campuran semacam ini.

Anda tak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam 40 menit kemudian. Kami harus belajar dari hal tersebut. Aku menekan terlalu keras di awal agar bergerak ke depan. Aku sedikit menekan pada ban belakang," jelas Alex Marquez dikutip Speedweek.

5. Alex Marquez sudah 4 kali finis 10 besar di MotoGP 2022

Alex Marquez Sebut Hujan di GP Thailand sebagai BerkahAlex Marquez pada GP Thailand 2022 (motogp.com)

Berdasarkan data Motorsport Stats, Alex Marquez sudah 4 kali finis posisi 10 besar di MotoGP 2022. Adapun rincian hasil pembalap 26 tahun tersebut adalah sebagai berikut:

  • GP Portugal: finis ke-7;
  • GP Catalunya: finis ke-10;
  • GP San Marino: finis ke-10;
  • GP Thailand: finis ke-8.

Saat ini, Alex Marquez berada di posisi ke-16 dalam klasemen pembalap lewat perolehan 50 poin. Apakah dalam tiga balapan tersisa musim ini ia bisa konsisten finis sepuluh besar?

Baca Juga: Masalah Honda Menurut Alex Marquez: Kehilangan Arah!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya