Finis Keempat, Alex Rins Akui Kesulitan saat Balapan GP Amerika

Kehilangan banyak waktu saat keluar dari tikungan lambat

Gelaran MotoGP seri Amerika yang berlangsung akhir pekan lalu masih menyisakan cerita dari tim Suzuki. Salah satu pembalap tim asal Jepang itu, Alex Rins, mampu finis keempat pada balapan di Circuit of The Americas (COTA).

Walau berhasil finis lebih baik ketimbang Joan Mir, Rins mengaku alami kesulitan saat balapan di sana. Ia pun gagal mengulangi keberhasilan pada GP Amerika 2019 lalu di musim ini.

1. Start dari posisi ketujuh, Rins sempat menyodok ke posisi ketiga di awal balapan

Finis Keempat, Alex Rins Akui Kesulitan saat Balapan GP AmerikaAlex Rins pada balapan GP Amerika (motogp.com)

Alex Rins memulai balapan dari posisi start ketujuh. Pada lap awal, pembalap asal Spanyol itu bahkan sempat menembus posisi tiga besar di belakang Marc Marquez dan Fabio Quartararo.

Namun, hal tersebut tak bertahan lama. Posisinya melorot ke urutan keenam di tengah balapan. Meski begitu, ia mampu menyalip Jack Miller dan Jorge Martin untuk memastikan finis di posisi keempat.

2. Rins akui derita kesulitan selama balapan di GP Amerika

Finis Keempat, Alex Rins Akui Kesulitan saat Balapan GP AmerikaAlex Rins pada balapan GP Amerika (motogp.com)

Finis keempat menjadi salah satu hasil terbaik Rins musim ini setelah meraih podium di GP Inggris. Walau begitu, pembalap bernomor motor 42 itu mengaku alami kesulitan saat balapan berlangsung.

“Balapan yang sangat sulit untukku. Aku berjuang keras sebab keluar dari tikungan kami kehilangan banyak waktu. Aku tak tahu apakah ini karena traksi ban belakang, masalah aerodinamika atau hal lain”, kata Rins dilansir Autosport.

Baca Juga: Alex Rins Uring-uringan Lihat Dominasi Ducati

3. Rins merasa dulit menyalip dan sering hilang momentum saat keluar dari tikungan lambat

Finis Keempat, Alex Rins Akui Kesulitan saat Balapan GP AmerikaPembalap Suzuki Alex Rins (motogp.com)

Lebih lanjut, Rins juga merasa dirinya kesulitan untuk menyalip terutama saat berada di trek lurus. Tak hanya itu, ia juga kehilangan banyak momentum saat keluar dari tikungan berkarakter lambat di COTA.

“Aku tak bisa bertarung dan menyalip setidaknya pada beberapa meter di trek lurus. Pada tikungan cepat, kami bisa berkendara dnegan cukup baik, tapi kami kehilangan banyak hal saat keluar dari tikungan lambat”.

4. Rins pakai ban soft untuk bagian belakang, meniru pembalap-pembalap lainnya

Finis Keempat, Alex Rins Akui Kesulitan saat Balapan GP AmerikaPembalap Suzuki Alex Rins (motogp.com)

Rins menjelaskan pula pilihan ban yang dipakai olehnya pada balapan. Ia memilih ban soft untuk bagian belakang. Hal ini meniru pembalap lainnya yang memakai ban berjenis sama.

“Kami pakai ban soft belakang, seperti yang lainnya, karena itu tampaknya jadi opsi terbaik untuk bertarung dengan senjata yang sama.

Pada akhirnya, sulit untuk mengetahui apakah pilihan lain mungkin bekerja dengan baik, tapi aku senang bisa berada di posisi keempat”, ujar Rins dikutip Crash.net.

5. Posisi Alex Rins saat ini di klasemen semetara usai GP Amerika

Finis Keempat, Alex Rins Akui Kesulitan saat Balapan GP AmerikaPembalap Suzuki Alex Rins (motogp.com)

Selepas GP Amerika, Alex Rins berada di posisi ke-12 klasemen sementara dengan mengumpulkan 81 poin. Ia tertinggal 94 poin dari rekan setimnya, Joan Mir yang ada di posisi ketiga. Mir sendiri telah kumpulkan 175 poin.

Balapan berikutnya akan berlangsung di Misano, San Marino pada 22-24 Oktober mendatang. Akankah Rins bisa meraih hasil lebih baik pada seri-seri tersisa di MotoGP musim 2021?

Baca Juga: Empat Kali Beruntun Jatuh saat Balapan, Rins: Ini Bukan Hal Normal

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya