Alex Rins Berharap RC213V Kembali Jadi Motor Terbaik di MotoGP

Alex Rins putus puasa kemenangan Honda dan LCR Team

Sudah lama Honda tak meraih kemenangan di kelas MotoGP. Terakhir kali pabrikan asal Jepang itu mendulang kemenangan dalam suatu balapan adalah GP Emilia Romagna 2021.

Akan tetapi, puasa kemenangan Honda sukses dipecahkan oleh Alex Rins. Pembalap LCR Honda itu sukses finis terdepan saat main race GP Amerika 2023. Kondisi itu tentu memunculkan harapan untuk Honda yang ingin kembali berjaya di kelas utama.

1. Hasil mentereng Alex Rins di GP Amerika: finis kedua saat sprint race, menang ketika main race

Alex Rins Berharap RC213V Kembali Jadi Motor Terbaik di MotoGPAlex Rins mengangkat trofi di podium GP Amerika 2023. (motogp.com)

Alex Rins menuai hasil mentereng saat GP Amerika digelar pada 14–16 April 2023 lalu. Pembalap berkebangsaan Spanyol itu mampu menuntaskan sprint race di posisi runner-up.

Kemudian, torehan bagus kembali berlanjut ketika main race. Memulai balapan di posisi kedua, pembalap bernomor motor 42 itu sukses melintasi garis finis sebagai pemenang.

2. Kemenangan Alex Rins di GP Amerika membuat banyak pihak terkejut

Alex Rins Berharap RC213V Kembali Jadi Motor Terbaik di MotoGPAlex Rins merayakan kemenangan di GP Amerika 2023 bersama kru LCR Honda. (motogp.com)

Kesuksesan tersebut tentu mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, Honda tak terlalu dijagokan dalam pekan balap di Circuit of The Americas (COTA). Apalagi, Marc Marquez yang berstatus sebagai pembalap tersukses di COTA juga absen lantaran mengalami cedera.

“Kemenangan itu adalah kejutan terbesar bagiku dan tim. Aku sangat senang karena kami mengalahkan lap time Marc Marquez dari tahun lalu. Dia adalah salah satu pembalap terbaik, jadi aku sangat terkesan serta senang dengan pencapaian ini,” jelas Alex Rins dilansir Speedweek.

Baca Juga: Alex Rins Sebut Honda Bukan soal Marc Marquez Saja

3. Alex Rins tak terlalu berharap apa pun saat bergabung ke LCR Honda

Alex Rins Berharap RC213V Kembali Jadi Motor Terbaik di MotoGPAlex Rins saat menjalani pekan balap GP Amerika 2023. (motogp.com)

Setelah berpisah dari Suzuki pada akhir musim 2022, Alex Rins tak menargetkan hal yang muluk-muluk saat bergabung ke LCR Honda. Ia tak terlalu berharap kembali ke pertarungan posisi podium secepatnya.

“Sebelum aku tiba di LCR Honda, aku bekerja keras dengan pelatih dan ahli nutrisi yang aku punya untuk bersiap semaksimal mungkin. Kami melihat pada statistik bahwa tim belum memiliki podium atau kemenangan selama beberapa tahun. Jadi, aku bersiap untuk musim yang sulit,” cerita Rins.

 

4. Alex Rins tetap soroti performa RC213V meski raih hasil oke di GP Amerika

Alex Rins Berharap RC213V Kembali Jadi Motor Terbaik di MotoGPAlex Rins saat mengikuti konferensi pers GP Spanyol 2023. (motogp.com)

Meraih kemenangan bersama LCR Honda tentu tak bisa dilupakan oleh Alex Rins. Akan tetapi, pembalap berusia 27 tahun itu berusaha rendah diri sembari menyoroti kekurangan yang dimiliki RC213V.

Menurutnya, motor Honda saat ini masih belum mampu bersaing untuk gelar juara. Rins berharap ada perkembangan yang dilakukan oleh Honda sehingga RC213V bisa kembali bertaji dan jadi motor terbaik di kejuaraan.

“Aku tak berpikir kami akan melihat sebuah akhir pekan seperti itu lagi musim ini. Motor kami saat ini belum mampu bertarung untuk kejuaraan. Kami butuh tetap meningkatkan motor dan proses adaptasiku dengan motor baru masih berlangsung. Aku mempelajari sesuatu pada setiap lap,” ungkap Rins.

 

5. Sebelum GP Amerika 2023, LCR Honda memenangkan balapan GP Argentina 2018

Alex Rins Berharap RC213V Kembali Jadi Motor Terbaik di MotoGPCal Crutchlow mengangkat trofi setelah memenangkan balapan GP Argentina 2018. (motogp.com)

Kemenangan Alex Rins di GP Amerika 2023 memang mengejutkan Honda serta LCR Team. Tak hanya Honda, tim satelit mereka sudah lama tak merasakan manisnya finis di posisi pertama dalam sebuah balapan.

Sebelum Alex Rins, Cal Crutchlow adalah pembalap LCR Honda yang memenangkan balapan di MotoGP. Terakhir kali pembalap asal Inggris itu mempersembahkan kemenangan untuk tim adalah GP Argentina 2018.

MotoGP akan kembali mengaspal di Le Mans, Prancis, pada 12--14 Mei 2023 mendatang. Apakah Alex Rins mampu mengulang kesuksesannya di GP Amerika? Patut untuk ditunggu.

Baca Juga: Alex Rins Termotivasi Melanjutkan Tren Positif di MotoGP Spanyol 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya