Alfa Romeo Senang Guanyu Zhou Dibimbing Valtteri Bottas

Guanyu Zhou akan debut di Formula 1 musim 2022

Guanyu Zhou akan menjalani debutnya di Formula 1 pada musim 2022. Ia akan menjadi pembalap Tiongkok pertama sepanjang sejarah yang berkompetisi di kejuaraan balap jet darat tersebut.

Zhou akan memperkuat Alfa Romeo bersama mantan pembalap Mercedes, Valtteri Bottas. Pihak tim pun merasa senang Bottas bisa menjadi ‘guru’ untuk membimbing Zhou nantinya.

1. Frederic Vasseur tak khawatir dengan kondisi yang akan dihadapi Guanyu Zhou

Alfa Romeo Senang Guanyu Zhou Dibimbing Valtteri BottasGuanyu Zhou saat menjajal mobil Alfa Romeo. (twitter.com/FormulaRapidaEN)

Datang ke Formula pada musim 2022, Zhou dihadapkan pada sejumlah tantangan. Salah satunya dengan perubahan regulasi yang diterapkan dalam kejuaraan saat ini.

Banyak pihak memprediksi rookie berusia 22 tahun itu bakal kesulitan menghadapi tahun pertamanya. Namun, Frederic Vasseur selaku Team Principal Alfa Romeo tak merasa khawatir dengan kondisi yang bakal dihadapi Zhou.

“Aku tak mengkhawatirkan apapun. Zhou ingin belajar. Aku rasa dia menunjukkan sikap yang baik dan bersama Bottas, kami mendapat guru terbaik,” kata Vasseur dilansir PlanetF1.

2. Vasseur merasa merekrut Bottas adalah langkah tepat. Apa alasannya?

Alfa Romeo Senang Guanyu Zhou Dibimbing Valtteri BottasValtteri Bottas saat berada di mobil Alfa Romeo (twitter.com/jcccomentador)

Dengan penerapan regulasi baru mulai musim 2022 para tim akan berusaha sebisa mungkin untuk mempelajari situasi yang ada. Mengandalkan masukan dari para pembalap adalah salah satu cara guna mendapat konfigurasi mobil terbaik.

Untuk itu, menggaet Bottas diakui oleh Vasseur adalah langkah tepat. Sebab, pembalap asal Finlandia itu punya banyak pengalaman di Formula 1.

“Aku rasa sulit untuk membangun berdasarkan performa di musim sebelumnya karena kami menghadapi situasi yang benar-benar baru. Semuanya berbeda, tapi setidaknya kami punya seseorang yang mampu memahami dengan cepat saat segala hal berjalan baik atau sebaliknya.”

Baca Juga: Guanyu Zhou Resmi Bergabung ke Alfa Romeo untuk Formula 1 2022

3. Bottas dan Zhou sudah jajal ban 18 inch Pirelli pada tes di Yas Marina Circuit

Alfa Romeo Senang Guanyu Zhou Dibimbing Valtteri BottasGuanyu Zhou saat tes di Yas Marina Circuit (twitter.com/pirellisport)

Zhou dan Bottas sudah melakukan tes resmi bersama Alfa Romeo pada Desember 2021 lalu. Gelaran tes diadakan di Yas Marina Circuit, Abu Dhabi.

Dikutip MotorsportWeek, kedua pembalap sama-sama mendapat kesempatan menjajal ban Pirelli berukuran 18 inch. Bottas dan Zhou juga menggunakan mobil yang dimodifikasi untuk bisa menjajal ban ukuran tersebut.

4. Performa cemerlang Zhou di musim 2021. Meraih gelar juara di F3 Asian Championship!

Alfa Romeo Senang Guanyu Zhou Dibimbing Valtteri Bottaspembalap Alfa Romeo Guanyu Zhou (twitter.com/FormulaNewsLive)

Performa Guanyu Zhou di musim 2021 begitu cemerlang. Ia mampu keluar sebagai juara di ajang F3 Asian Championship dengan mengumpulkan 257 poin di klasemen akhir. Dari 15 balapan, Zhou berhasil menang 4 kali dan naik podium 11 kali.

Pada ajang Formula 2, Zhou berhasil finis ketiga di klasemen mengantongi 183 poin. Ia mampu catatkan 9 kali podium dan 4 kemenangan di ajang tersebut. 

5. Diperkuat oleh Bottas dan Zhou, akankah Alfa Romeo berbicara banyak di musim 2022?

Di sisi lain, Alfa Romeo bertengger di posisi ke-9 dalam klasemen konstruktor. Mereka mengumpulkan 13 poin dari 22 balapan yang digelar. Musim lalu, Alfa Romeo diperkuat oleh Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi.

Apakah pada musim 2022 Alfa Romeo bisa memperoleh hasil lebih baik bersama Bottas dan Zhou? Menarik untuk kita lihat bersama.

Baca Juga: Valtteri Bottas Resmi Bergabung dengan Alfa Romeo pada Musim 2022

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya