Andrea Dovizioso Dikabarkan Bakal Balapan Lagi Bersama Yamaha  

Dovi berpeluang perkuat Petronas Yamaha SRT

Pembalap Italia Andrea Dovizioso dikabarkan akan segera kembali balapan di ajang MotoGP. Terbaru, mantan pembalap Ducati tersebut bakal perkuat Yamaha di sisa musim 2021 ini. Tetapi, ia tak akan mengisi posisi kosong di tim utama pasca dipecatnya Maverick Vinales. Nantinya, ia akan memperkuat tim satelit Yamaha yaitu Petronas SRT.

1. Dovizioso diproyeksi akan perkuat Petronas Yamaha SRT

Andrea Dovizioso Dikabarkan Bakal Balapan Lagi Bersama Yamaha  Pembalap Italia Andrea Dovizioso (motogp.com)

Dilansir speedcafe.com, Dovi nantinya akan perkuat Petronas Yamaha SRT. Ia akan menjadi rekan setim legenda MotoGP Valentino Rossi.

Sementara itu, Franco Morbidelli diproyeksikan akan mengisi posisi kosong di tim utama Yamaha sepeninggal Maverick Vinales yang didepak baru-baru ini. Promosi ke tim utama disinyalir akan terjadi selepas Morbidelli pulih dari cedera.

2. Kabar Dovi merapat ke Yamaha muncul sebab ada laporan manajernya berdiskusi dengan pihak tim dan SRT

Andrea Dovizioso Dikabarkan Bakal Balapan Lagi Bersama Yamaha  Dovizioso kala memperkuat Ducati (motogp.com)

Kabar terkait Dovi yang kembali ke pangkuan Yamaha itu muncul usai manajernya, Simone Battistella, dilaporkan tengah menjalin pembicaraan dengan manufaktur asal Jepang tersebut dan pihak manajemen SRT.

Jika jadi kenyataan, bukan tidak mungkin Dovi punya peluang untuk perkuat SRT pada musim 2022 mendatang. Maklum, saat ini SRT juga sedang disibukkan mencari pengganti Valentino Rossi yang pensiun akhir musim ini serta Morbidelli yang berpeluang besar perkuat Monster Energy Yamaha.

Baca Juga: Tak Hanya MotoGP, Sirkuit Mandalika Bakal Dipakai untuk Formula 1

3. Dovi dapat dukungan dari perusahaan Italia, jadi kesempatan Petronas punya sponsor baru

Andrea Dovizioso Dikabarkan Bakal Balapan Lagi Bersama Yamaha  Pembalap Petronas SRT Valentino Rossi (motogp.com)

Lebih lanjut, Dovi juga disebut mendapat dukungan dari perusahaan energi asal Italia, WithU. Hal ini berpotensi jadi faktor penguat posisi Dovi andai benar-benar terjadi kesepakatan antara dirinya dengan SRT.

Beberapa waktu lalu, Petronas resmi umumkan pisah jalan dengan SRT pada akhir musim ini. Dengan demikian, SRT perlu mencari sponsor utama guna menyokong tim tersebut berkompetisi di kelas utama. Kehadiran WithU bisa jadi angin segar bagi tim untuk pengembangan tim ke arah lebih baik lagi.

4. Keinginan Dovi untuk kembali balapan di MotoGP sudah diucapkan sejak lama

Andrea Dovizioso Dikabarkan Bakal Balapan Lagi Bersama Yamaha  Dovizioso pada podium GP Austria 2020 (motogp.com)

Sebelumnya, Dovi memang sudah mengucap keinginan untuk kembali balapan di MotoGP. Hal ini ia sampaikan saat mengumumkan rehat sejenak dari kompetisi usai putuskan tak lagi bersama Ducati pada musim 2020 lalu.

“Aku akan kembali ke MotoGP sesegera mungkin setelah aku menemukan sebuah proyek yang dilandasi oleh semangat dan keinginan yang sama seperti yang aku punya”, kata Dovi dilansir Mejoresde Eportes.

5. Dovi dan Yamaha pernah bersama pada musim 2012

Andrea Dovizioso Dikabarkan Bakal Balapan Lagi Bersama Yamaha  Dovizioso saat perkuat Yamaha Tech3 (motogp.com)

Sedikit membahas hubungan Yamaha-Dovi, keduanya pernah saling bahu-membahu pada musim 2012. Saat itu, pembalap yang sudah meraih 15 kemenangan di seri balap MotoGP tersebut memperkuat Yamaha Tech3.

Meski hanya semusim saja Dovi catatkan hasil yang cukup baik. Ia mampu akhiri musim di posisi ke-4 klasemen dengan 218 poin. Dovi mampu naik podium enam kali yang semuanya diraih karena finis ketiga pada balapan.

Baca Juga: Maverick Vinales Resmi Perkuat Aprilia pada MotoGP Musim 2022 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya