Arab Saudi Terus Kebut Pembangunan Sirkuit untuk Gelar Formula 1 2021

GP Arab Saudi bakal digelar awal Desember 2021

Arab Saudi terus berpacu dengan waktu menuntaskan pembangunan Jeddah Street Circuit untuk gelar Formula 1 2021. Balapan di negara tersebut akan berlangsung pada 3--5 Desember mendatang.

Meski ada banyak hal yang masih harus dikerjakan, FIA optimistis balapan akan tetap digelar sesuai rencana. Lantas, seperti apa perkembangannya?

1. Mulai dikerjakan pada April 2021, Jeddah Street Circuit digadang sebagai sirkuit jalanan tercepat

Arab Saudi Terus Kebut Pembangunan Sirkuit untuk Gelar Formula 1 2021proses pengerjaan Jeddah Street Circuit (thenationalnews.com)

Jeddah Street Circuit mulai dikerjakan pada bulan April 2021 lalu. Sirkuit jalanan ini didesain oleh Hermann Tilke yang dikenal sebagai designer beberapa sirkuit Formula 1.

Sirkuit yang digadang-gadang sebagai sirkuit jalanan tercepat di dunia itu bakal menggelar balapan Formula 1 hingga musim 2024. Lokasinya berada di kompleks Qiddiya Motorsport City, Jeddah.

2. Pengerjaan terus dikebut, dilakukan selama 24 jam sehari!

Arab Saudi Terus Kebut Pembangunan Sirkuit untuk Gelar Formula 1 2021proses pengerjaan Jeddah Street Circuit (thenationalnews.com)

Walau balapan akan digelar pada awal Desember mendatang, pengerjaan pembangunan sirkuit terus dikebut. Beberapa bagian sirkuit masih jauh dari kata tuntas.

Pada awal Oktober lalu, dilaporkan bahwa pengerjaan dilakukan selama 24 jam sehari. Pihak Formula 1 pun sudah berkunjung ke lokasi dan terlihat masih ada beberapa infrastruktur yang belum selesai dibangun.

Baca Juga: F1 2021: GP Arab Saudi Resmi Rilis Layout Sirkuit Jalanan Jeddah

3. Michael Masi optimis GP Arab Saudi berjalan sesuai jadwal

Arab Saudi Terus Kebut Pembangunan Sirkuit untuk Gelar Formula 1 2021Race Director Formula 1 Michael Masi (thecheckeredflag.co.uk)

Michael Masi selaku Race Director Formula 1 juga mengaku bahwa masih ada banyak aspek sirkuit yang harus dirampungkan sebelum GP Arab Saudi digelar. Namun, pihaknya optimis balapan akan tetap terlaksana sesuai jadwal.

“Aku telah pergi ke sana beberapa pekan lalu dan pastinya ada banyak hal yang sedang dikerjakan di sana. Tapi, FIA dan F1 memperoleh perkembangan terkini setiap harinya. Progresnya pun sangat cepat.

Betul, ada banyak hal yang harus dikerjakan. Tidak bisa dibantahkan. Aku pikir semua orang akan mengetahui hal tersebut. Namun, aku masih percaya diri balapan akan tetap berlangsung,” kata Masi dilansir PlanetF1.

4. Kondisi Jeddah Street Circuit persis seperti sirkuit GP Korea Selatan dan India

Arab Saudi Terus Kebut Pembangunan Sirkuit untuk Gelar Formula 1 2021suasana malam lokasi Jeddah Street Circuit (formula1.com)

Kondisi yang saat ini dialami pada pengerjaan Jeddah City Circuit hampir sama seperti yang terjadi pada GP Korea Selatan dan India. Hal ini diutarakan langsung oleh Masi. Ia ikut terlibat dalam pengerjaan sirkuit Yeongnam pada 2010 lalu. Sirkuit itu baru dapat persetujuan menggelar Formula 1 hanya 9 hari sebelum sesi latihan pertama digelar.

“Aku pikir selalu ada kekhawatiran pada segala sesuatu, tapi aku percaya diri. Aku pernah terlibat pada GP Korea Selatan 2010. GP India juga alami hal yang sama dan keduanya tetap berlangsung dengan baik. Jadi, aku percaya bahwa Arab Saudi akan mengalami hal serupa,” cerita Masi dikutip racefans.net.

5. Selain berstatus sirkuit jalanan tercepat, Jeddah Street Circuit catatkan sejumlah ‘rekor’

Arab Saudi Terus Kebut Pembangunan Sirkuit untuk Gelar Formula 1 2021gambaran desain Jeddah Street Circuit (formula1.com)

Selain akan menyandang status sebagai sirkuit jalanan tercepat sepanjang sejarah Formula 1, Jeddah Street Circuit juga mencatatkan sejumlah ‘rekor’. Sirkuit itu menjadi sirkuit terpanjang kedua dalam kalender balap Formula 1. Perlu diketahui, Jeddah Street Circuit memiliki panjang 6,175 km. Sementara itu, sirkuit Spa-Francorchamps di Belgia masih jadi yang terpanjang dengan 7,004 km.

Walau begitu, Jeddah Street Circuit tetap memperoleh status sebagai sirkuit jalanan terpanjang. Sebelumnya, Baku City Circuit di Azerbaijan memperoleh ‘rekor’ tersebut dengan panjang 6,003 km.

Baca Juga: 5 Rekor Max Verstappen di Formula 1, Calon Juara Dunia 2021

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya