Comscore Tracker

Petronas Dikabarkan Hengkang, Aramco Bakal Jadi Sponsor Mercedes

Kerja sama selama lebih dari satu dekade bakal berakhir!

Kabar kurang menyenangkan menghinggapi salah satu tim Formula 1, yakni Mercedes. Tim yang diperkuat Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas itu dirumorkan bakal ditinggal Petronas yang menjadi sponsor utama mereka.

Lantas, apa yang menjadi sebab Petronas pisah jalan dari Mercedes dan seperti apa kiprah Aramco pada ajang Formula 1?

1. Posisi Petronas akan diisi Aramco

Petronas Dikabarkan Hengkang, Aramco Bakal Jadi Sponsor MercedesLewis Hamilton pada balapan GP Turki (twitter.com/MercedesAMGF1)

Dilansir RacingNews365, Mercedes diisukan akan menjalin kesepakatan dengan perusahaan minyak asal Arab Saudi, Aramco. Nantinya, kerja sama antara Mercedes dan Aramco akan resmi terjalin selepas musim 2021.

Perlu diketahui, Petronas dan Mercedes telah menjalin kemitraan jangka panjang sejak 2010. Kerja sama keduanya mampu bertahan lebih dari satu dekade hingga musim 2021 ini.

2. Kerja sama dengan INEOS jadi salah satu faktor Aramco isi posisi Petronas

Petronas Dikabarkan Hengkang, Aramco Bakal Jadi Sponsor MercedesPapan sponsor Aramco yang ada di pinggir lintasan (motorsportweek.com)

Di sisi lain, INEOS sebagai salah satu sponsor di Mercedes menandatangani kesepakatan dengan Aramco dan perusahaan migas asal Prancis, yaitu Total pada 2019. Pada kesepakatan yang terjalin, IENOS membangun tiga pabrik di Arab Saudi yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan.

INEOS memang melakukan investasi yang banyak di negara tersebut sejak dua tahun terakhir sebab mereka punya akses untuk mengolah bahan baku di Arab Saudi. Adanya kemitraan tersebut disinyalir menjadi salah satu faktor yang membuka peluang Aramco jadi sponsor utama Mercedes.

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Kanada, Ada yang Jadi Juara Dunia

3. Kerugian yang dialami akibat pandemi COVID-19 buat Petronas ambil keputusan sulit

Petronas Dikabarkan Hengkang, Aramco Bakal Jadi Sponsor MercedesValtteri Bottas pada balapan GP Turki (twitter.com/MercedesAMGF1)

Selain itu, faktor lain yang membuka peluang pergantian sponsor utama di kubu Mercedes berasal dari Petronas. Dikutip GrandPrix247, alasan di balik keputusan Petronas hengkang adalah terkait kerugian yang dialami perusahaan akibat pandemi COVID-19.

Tak hanya itu, anjloknya harga minyak turut memperparah neraca keuangan Petronas. Karena situasi itulah Petronas pada akhir musim 2021 nanti akan mengucap salam perpisahan kepada Mercedes.

4. Sebelum isu hengkang dari Mercedes, Petronas lebih dulu pamit dari Yamaha SRT

Petronas Dikabarkan Hengkang, Aramco Bakal Jadi Sponsor MercedesPembalap Petronas SRT Valentino Rossi (motogp.com)

Sebelum adanya isu hengkang dari Mercedes, Petronas telah lebih dulu pamit dari MotoGP. Mereka mengumumkan tak lagi menjadi sponsor utama untuk tim Yamaha SRT untuk musim depan.

Menyusul pengumuman tersebut, tim yang saat ini diperkuat oleh Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso itu pun mengumumkan pergantian nama. Mulai musim 2022 hingga 2026, tim akan menggunakan nama RNF Racing.

5. Aramco saat ini menjadi Global Partner Formula 1, jadi sponsor ajang Esport juga!

Petronas Dikabarkan Hengkang, Aramco Bakal Jadi Sponsor MercedesAramco menjadi sponsor Formula 1 Esports Series (insidesport.in)

Aramco di Formula 1 bukan pihak yang asing. Mereka saat ini menjadi Global Partner ajang balap tersebut. Perusahaan yang didirikan pada 1933 itu juga menjadi sponsor untuk dua seri balap Formula 1 musim 2021, yakni GP Spanyol dan GP Amerika Serikat.

Tak hanya itu, Aramco juga menjadi salah satu sponsor untuk kompetisi Formula 1 Esports yang kini tengah berlangsung. Akankah Aramco nantinya benar-benar akan menggantikan Petronas sebagai sponsor utama Mercedes? Kita nantikan saja!

Baca Juga: Pertamina dan Aramco Putus, Ini Komentar Erick Thohir

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya