Comscore Tracker

Aston Martin Rilis Safety dan Medical Car untuk Formula 1 2021

Bersanding dengan Mercedes sebagai pemasok

Aston Martin kembali lagi ke ajang Formula 1 setelah 61 tahun tahun lamanya. Tim asal Inggris tersebut menduetkan Sebastian Vettel dan Lance Stroll sebagai pembalap andalan mereka musim ini.

Kembalinya Aston Martin ke Formula 1 tak sekedar terjun sebagai sebuah tim. Bersama dengan Mercedes, mereka juga secara resmi menjadi pemasok safety car dan medical car untuk Formula 1 musim 2021.

1. Dua mobil Aston Martin akan dipakai untuk safety car dan medical car

Aston Martin Rilis Safety dan Medical Car untuk Formula 1 2021formula1.com

Aston Martin akan menggunakan dua mobil yang masing-masing akan difungsikan sebagai safety car dan medical car. Aston Martin Vantage akan menjadi safety car, sedangkan mobil SUV Aston Martin DBX akan menjalankan peran sebagai medical car.

Kedua mobil tersebut akan bertugas di sirkuit dengan memakai livery warna hijau. Warna ini juga dipakai pada mobil AMR21, mobil balap yang dikemudikan oleh Vettel dan Stroll.

2. Formula 1 sambut baik bergabungnya Aston Martin sebagai pemasok

Aston Martin Rilis Safety dan Medical Car untuk Formula 1 2021formula1.com

Masuknya Aston Martin sebagai pemasok mobil safety car dan medical car disambut hangat oleh Formula 1. CEO Formula 1, Stefano Domenicali, mengatakan bahwa pihaknya bangga Aston Martin bersanding dengan Mercedes guna menyediakan mobil untuk keperluan balapan. 

“Aston Martin dan Mercedes-AMG adalah brand otomotif yang ikonik dan kami bangga atas keberadaan mereka di olahraga kami yang luar biasa. safety car dan medical car adalah bagian paling penting dalam Formula 1 dan selalu ada untuk menjaga agar pembalap kami aman,” kata Domenicali dikutip dari planetf1.com

“Musim lalu, kita menjadi saksi heroik atas kecepatan dan dedikasi yang dilakukan oleh para kru menyelamatkan Romain Grosjean dari peristiwa dramatis dan Aston Martin serta Mercedes-AMG dilengkapi dengan sempurna untuk merespons momen tertentu untuk menjamin keselamatan para pembalap,” lanjutnya. 

Baca Juga: Formula 1: Usia Boleh Senja, Namun Kimi Raikkonen Tetap Sama

3. Mercedes juga turunkan dua mobil untuk safety car dan medical car

Aston Martin Rilis Safety dan Medical Car untuk Formula 1 2021formula1.com

Meski Aston Martin menjadi pemasok safety car dan medical car, Formula 1 masih akan tetap pakai jasa Mercedes. Kerja sama antara keduanya sejak 1996 masih akan berlanjut pada musim ini.

Pabrikan mobil asal Jerman itu juga menurunkan dua varian mobil, yakni Mercedes-AMG GT R dan Mercedes-AMG C 63 S Estate yang bertugas sebagai safety car dan medical car.

4. Bernd Maylander masih akan mengemudikan Safety Car

Aston Martin Rilis Safety dan Medical Car untuk Formula 1 2021formula1.com

Soal siapa yang mengemudikan safety car dan medical car, dua sosok ini masih akan ada di belakang kemudi masing-masing mobil. Bernd Maylander dan Alan van der Merwe didaulat mengemban tugas tersebut musim ini. 

Bernd Maylander tetap menyetir safety car guna mengontrol kecepatan mobil-mobil balap ketika ada kejadian seperti kecelakaan atau ada hal-hal berbahaya di lintasan. Tugas tersebut telah dijalani pembalap asal Jerman tersebut sejak tahun 2000.

5. Alan van der Merwe tetap di belakang kemudi Medical Car

Aston Martin Rilis Safety dan Medical Car untuk Formula 1 2021formula1.com

Di lain pihak Alan van der Merwe akan menjalankan medical car dan bermitra dengan Dr. Ian Roberts. Seperti dilansir motorsport.com, mobil medical car biasanya berada di bagian paling belakang dari deretan mobil balap. Mobil ini akan keluar dari pitlane  jika ada keadaan darurat medis. 

Alan van der Merwe juga sudah mengemban tugas sebagai pengemudi medical car sejak lama. Pembalap asal Afrika Selatan itu secara resmi debut menjalankan tugasnya sejak 2009 silam.

Baca Juga: F1 2021: Aston Martin Rilis AMR21, Vettel Jadi Pembalap Baru Tim

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya