Augusto Fernandez Siap Jatuh Bangun selama Musim Perdana di MotoGP

Augusto Fernadez jadi satu-satunya debutan di kelas MotoGP

Augusto Fernandez jadi satu-satunya pembalap yang menjalani MotoGP 2023 dengan status sebagai debutan. Ia bergabung ke GASGAS Factory Racing Tech3 dan menjadi rekan setim Pol Espargaro.

Jelang seri perdana di GP Portugal pada 26 Maret 2023 mendatang, Augusto Fernandez bertekad untuk mempelajari berbagai hal yang ada di kelas utama. Ia bahkan siap jatuh bangun demi bisa tampil semaksimal mungkin.

1. Augusto Fernandez datang ke MotoGP dengan status sebagai juara Moto2 2022

Augusto Fernandez Siap Jatuh Bangun selama Musim Perdana di MotoGPAugusto Fernandez berselebrasi di podium GP Valencia 2022. (twitter.com/Afernandez37)

Augusto Fernandez datang ke kelas MotoGP dengan status yang tak bisa dipandang sebelah mata. Pembalap asal Spanyol itu naik ke kelas utama setelah menjuarai Moto2 musim 2022.

Bersama Red Bull KTM Ajo, Augusto Fernandez mampu 9 kali naik podium dengan 4 kali di antaranya didapat dengan memenangkan balapan. Total, ia mengumpulkan 271,5 poin dan memiliki keunggulan 29,5 poin dari Ai Ogura. 

2. Augusto Fernandez sudah turun saat tes pramusim di Sepang

Augusto Fernandez Siap Jatuh Bangun selama Musim Perdana di MotoGPAugusto Fernandez menggeber RC16 saat tes resmi MotoGP di Valencia. (motogp.com)

Perjalanan Augusto Fernandez di MotoGP 2023 sudah dimulai sejak tes pramusim. Ia turun dalam shakedown test di Sepang pada 5--7 Februari 2023 lalu.

Selepas itu, Augusto Fernandez kembali ikut dalam tes pramusim pertama di lokasi yang sama pada 10--12 Februari 2023. Adapun motor yang dipakai oleh Augusto Fernandez selama tes pramusim tersebut adalah RC16 versi 2022.

Data MotoGP mencatat, Augusto Fernandez berada di posisi ke-22 dalam hasil kombinasi tes pramusim pertama. Ia mencatatkan waktu 1 menit 59,660 detik. Catatan waktu itu dibukukannya pada hari ketiga tes pramusim di Sepang.

Baca Juga: 10 Catatan Unik Augusto Fernandez, Calon Tunggal Rookie of the Year  

3. Augusto Fernandez mengaku siap hadapi tantangan di kelas utama MotoGP

Augusto Fernandez Siap Jatuh Bangun selama Musim Perdana di MotoGPAugusto Fernandez saat shakedown test MotoGP 2023 di Sepang (motogp.com)

MotoGP masih menyisakan satu tes pramusim lagi di Portimao, Portugal, pada 11--12 Maret 2023. Momen tersebut tentu akan dimaksimalkan oleh Augusto Fernandez untuk meneruskan proses adaptasi di kelas utama. Ia pun telah siap bila dihadapkan dengan beberapa kesulitan dan kesalahan yang terjadi selama musim balap berjalan.

"Aku harus terjatuh beberapa kali untuk menjelajahi batasannya. Mudah-mudahan, itu tak akan menjadi kejatuhan yang besar," kata Fernandez dilansir Speedweek.

4. Augusto Fernandez perlu menyesuaikan gaya balap dengan motor MotoGP saat ini

Augusto Fernandez Siap Jatuh Bangun selama Musim Perdana di MotoGPAugusto Fernandez saat shakedown test MotoGP 2023 di Sepang (motogp.com)

Augusto Fernandez menyadari gaya balap yang dipakai selama berkiprah di ajang Moto2 kurang sesuai jika diterapkan di MotoGP. Oleh karena itu, pembalap berusia 25 tahun itu terus mencari gaya balap yang sesuai dengan motor RC16 yang dikendarainya.

"Aku telah bagus pada pengereman secara keseluruhan. Kekuatanku selalu berada pada kecepatan menikung yang tinggi. Namun, gaya mengemudi ini tidak bekerja dengan baik di GASGAS. Itu lebih merupakan berkendara stop-and-go yang harus aku dapatkan," jelas Fernandez.

5. Augusto Fernandez tak punya rencana kembali ke kelas Moto2

Augusto Fernandez Siap Jatuh Bangun selama Musim Perdana di MotoGPpembalap GASGAS Factory Racing Tech3 Augusto Fernandez (motogp.com)

Disinggung soal peluang kembali ke ajang Moto2, Augusto Fernandez tak memiliki rencana ke arah sana. Baginya, itu akan jadi hal aneh mengendarai motor kelas menengah setelah berada di kelas utama MotoGP.

"Dengan motor Kalex di Moto2, Anda bisa mencapai batas lebih cepat. Namun, begitu Anda terbiasa dengan batasan motor MotoGP yang tinggi, Anda tidak akan mudah menemukan batasan di Moto2.

Aku sangat menikmati motor MotoGP karena lebih cocok dengan tinggi badanku. Paket motor keseluruhan, dan juga mesin serta pengereman jauh lebih baik," pungkas Fernandez.

 

Augusto Fernandez kini harus bersiap mengarungi ketatnya persaingan di MotoGP. Bisakah ia tampil bagus pada tahun pertamanya di kelas utama?

Baca Juga: Augusto Fernandez Antusias Jajal Motor MotoGP GASGAS Tech3

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya