Ungguli Verstappen, Charles Leclerc Raih Pole Position pada GP Bahrain

Duo Ferrari masuk tiga besar pada sesi kualifikasi

Charles Leclerc berhasil merebut pole position pada GP Bahrain. Pada sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu (19/3/2022) malam WIB, pembalap Ferrari itu mampu mengungguli juara dunia Formula 1 2021, Max Verstappen.

Capaian ini tentu saja melambungkan nama dirinya dan Ferrari sebagai yang difavoritkan untuk menang pada seri pembuka musim 2022 ini. Lantas, seperti apa jalannya sesi kualifikasi tersebut?

1. Charles Leclerc melesat pada Q1, Haas torehkan kejutan

Ungguli Verstappen, Charles Leclerc Raih Pole Position pada GP BahrainCharles Leclerc pada sesi kualifikasi GP Bahrain 2022 (twitter.com/F1/)

Pada sesi kualifikasi pertama (Q1), Charles Leclerc sudah berada di posisi teratas dengan keunggulan 0,096 detik dari rekan setimnya, Carlos Sainz. Hal tersebut jelas membuat pembalap asal Monako itu lolos ke Q2 bersama Sainz.

Sementara itu, kejutan datang dari tim Haas. Mick Schumacher dan Kevin Magnussen lolos ke Q2. Ini menjadi pertama kalinya semua pembalap Haas lolos ke Q2 sejak terakhir kali pada GP Brasil 2019.

Adapun pembalap yang gagal lolos ke sesi berikutnya adalah Yuki Tsunoda (AlphaTauri), Nico Hulkenberg (Aston Martin), Daniel Ricciardo (McLaren), Lance Stroll (Aston Martin), dan Nicholas Latifi (Williams).

2. Verstappen tercepat pada Q2, Kevin Magnussen mampu tembus Q3

Ungguli Verstappen, Charles Leclerc Raih Pole Position pada GP BahrainMax Verstappen pada kualifikasi GP Bahrain 2022 (formula1.com)

Pada Q2, Verstappen mampu memimpin catatan waktu 1 menit 30,767 detik. Pembalap Red Bull itu unggul 0,030 detik dari Carlos Sainz yang menempati posisi kedua pada sesi tersebut. 

Sementara itu, Lewis Hamilton dan George Russell menembus Q3 dengan berada pada posisi kelima dan keenam pada Q2. Catatan apik juga dibukukan Kevin Magnussen sebab tembus Q3 dengan menempati posisi ke-7 pada Q2 walau pada akhirnya tak bisa ikut Q3 karena mobilnya mengalami masalah hidrolik.

Catatan bagus Magnussen sayangnya tak bisa diikuti oleh Mick Schumacher. Pembalap asal Jerman itu mengakhiri Q2 di posisi ke-12. Selain Mick Schumacher, pembalap yang gagal lolos ke Q3 adalah Esteban Ocon (Alpine), Lando Norris (McLaren), Alexander Albon (Williams), dan Guanyu Zhou (Alfa Romeo).

Baca Juga: 8 Fakta Enzo Ferrari, Pendiri Pabrikan Supercar Ferrari

3. Leclerc sabet pole position, duo Mercedes gagal tembus posisi start tiga besar

Pada Q3, Leclerc mampu menyabet pole position dengan catatan waktu 1 menit 30,558 detik. Ia mampu unggul 0,123 detik dari Max Verstappen yang menempati posisi start kedua.

Carlos Sainz mampu menuntaskan Q3 di posisi ketiga diikuti dengan Sergio Perez. Sementara itu, Hamilton harus puas memulai balapan dari posisi kelima. Rekan setim Hamilton di Mercedes, George Russell, akan start dari posisi ke-9.

4. Charles Leclerc senang bisa meraih pole position pada GP Bahrain

Ungguli Verstappen, Charles Leclerc Raih Pole Position pada GP BahrainCharles Leclerc diwawancarai seusai kualifikasi GP Bahrain. (twitter.com/F1)

Ditemui seusai sesi kualifikasi, Charles Leclerc mengaku senang bisa merebut pole position. Meski belum merasa puas dengan penampilannya, pembalap bernomor mobil 16 itu tetap merasa bangga atas pencapaiannya kali ini.

“Sangat senang hari ini. Itu menjadi sesi kualifikasi yang sangat sulit. Aku belum benar-benar puas dengan cara berkendaraku, tapi aku berhasil melakukan putaran tersebut pada Q3. Kami memulai dari pole position, jadi aku sangat senang,” kata Leclerc dilansir Formula 1.

5. Mattia Binotto bangga Leclerc dan Sainz bisa bersaing di deretan depan

Ungguli Verstappen, Charles Leclerc Raih Pole Position pada GP Bahrainstarting grid Formula 1 GP Bahrain 2022 (twitter.com/F1)

Mattia Binotto juga mengaku puas dengan capaian Ferrari pada sesi kualifikasi GP Bahrain. Team Principal tim berlogo kuda jingkrak itu senang melihat Leclerc dan Sainz mampu bersaing di deretan depan.

“Aku pikir hari ini (Sabtu) menjadi hari terbaik kami. Kami berupaya semaksimal yang kami bisa. Aku pikir untuk benar-benar memaksimalkan potensi dari mobil butuh waktu tiga sampai empat balapan. Namun, tetap ini menjadi hal bagus untuk kami,” ungkap Binotto dikutip GPFans.

 

GP Bahrain akan berlangsung pada Minggu (20/3/2022) pukul 22.00 WIB. Akankah ini jadi momentum Ferrari untuk bersinar kembali?

Baca Juga: Termasuk Charles Leclerc, 5 Pembalap Formula 1 Ini Berasal dari Monako

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya