Dani Pedrosa Beberkan Kunci Sukses KTM saat Pekan Balap MotoGP Spanyol

KTM tampil mengesankan di Sirkuit Jerez 

Torehan mengesankan sukses diperoleh KTM saat pekan balap MotoGP 2023 Spanyol pada 28 -- 30 April 2023 lalu. Brad Binder dan Jack Miller mampu bersaing di barisan depan saat sprint dan main race.

Dani Pedrosa yang ikut serta sebagai pembalap wildcard menjelaskan kunci sukses KTM di MotoGP Spanyol. Menurutnya, tim perlu memiliki motor yang bekerja optimal pada setiap pekan balap.

1. Brad Binder dan Jack Miller raih posisi tiga besar saat sprint dan main race

Dani Pedrosa Beberkan Kunci Sukses KTM saat Pekan Balap MotoGP SpanyolBrad Binder dan Jack Miller melakukan selebrasi usai main race GP Spanyol 2023. (motogp.com)

KTM berhasil menorehkan capaian bagus di GP Spanyol. Pada pekan balap yang digelar di Sirkuit Jerez, Brad Binder dan Jack Miller sukses tembus zona tiga besar saat sprint dan main race.

Brad Binder mampu finis terdepan saat sprint race dan finis kedua ketika main race. Sementara itu, Jack Miller berturut-turut finis ketiga saat sprint dan main race.

Sebanyak 55 poin berhasil didapat Red Bull KTM Factory Racing selama pekan balap GP Spanyol. Alhasil, tim tersebut kini bertengger di posisi kedua klasemen dengan perolehan 111 poin.

Baca Juga: Berstatus Wildcard, Dani Pedrosa Tampil Mengesankan di MotoGP Spanyol

2. Dani Pedrosa mampu mencetak 13 poin saat GP Spanyol

Dani Pedrosa Beberkan Kunci Sukses KTM saat Pekan Balap MotoGP SpanyolDani Pedrosa saat menjalani pekan balap GP Spanyol 2023. (motogp.com)

Tak hanya Brad Binder dan Jack Miller, hasil mengesankan juga didapat Dani Pedrosa. Turun sebagai pembalap wildcard, pembalap bernomor motor 26 itu sukses mencetak 13 poin dari sprint dan main race.

Pedrosa menyudahi sprint race di posisi keenam. Kemudian, saat main race, pembalap berjuluk The Little Samurai itu melintasi garis finis di posisi ketujuh.

3. Aspek penting dari peran Dani Pedrosa sebagai test rider KTM

Dani Pedrosa Beberkan Kunci Sukses KTM saat Pekan Balap MotoGP SpanyolDani Pedrosa saat mengikuti shakedown test di Sepang. (motogp.com)

Kesuksesan KTM, terutama saat GP Spanyol, salah satunya berkat sumbangsih Dani Pedrosa sebagai test rider. Pembalap berusia 37 tahun itu menjabarkan aspek penting dari peran yang telah dirinya jalankan sejak 2019 lalu bersama pabrikan asal Austria tersebut.

"Tidak ada kemungkinan bekerja pada motor saat pekan balap. Jadi, kuncinya adalah datang dengan sebuah motor yang bekerja pada setiap pekan balap. Oleh karena itu, tugas kami adalah mengembangkan motor yang punya fondasi dan berfungsi saat berada di trek, " kata Pedrosa dilansir Motorcycle Sports.

4. Dani Pedrosa sebut tim perlu mempersiapkan motor sejak awal demi performa yang baik

Dani Pedrosa Beberkan Kunci Sukses KTM saat Pekan Balap MotoGP SpanyolDani Pedrosa saat mengikuti shakedown test di Sepang. (motogp.com)

Tim dan pembalap reguler tentu akan lebih banyak bekerja saat pekan balap berlangsung. Mereka akan melihat performa motor sejak sesi latihan awal.

Akan tetapi, adanya format baru musim ini dengan digelarnya sprint race membuat margin kerja jadi lebih pendek saat pekan balap. Oleh karena itu, tim membutuhkan motor yang dipersiapkan dengan baik sejak awal dengan beberapa penyesuaian berdasarkan kondisi trek.

"Biasanya, di mana pun Anda harus melakukan beberapa penyesuaian. Terkadang Anda harus berubah karena trek atau beberapa keadaan ekstrem. 

Akan tetapi, itu adalah sebuah perangkat yang kurang lebih bekerja di mana saja. Itulah yang tim dan staf teknis kami lakukan bersama. Selama bertahun-tahun kami telah melakukannya, mencoba meraih motor tertentu yang kurang lebih sama ketika ditempatkan di trek," jelas Pedrosa.

5. Dani Pedrosa berusaha menekan kekurangan RC16 saat berada di sirkuit tertentu

Dani Pedrosa Beberkan Kunci Sukses KTM saat Pekan Balap MotoGP SpanyolDani Pedrosa saat mengikuti shakedown test di Sepang. (motogp.com)

Dani Pedrosa juga menyebut salah satu tujuan dirinya dan KTM terus mengembangkan RC16. Pihak tim ingin mengurangi kesenjangan yang terjadi antara sirkuit yang bagus maupun tidak untuk RC16.

"Jelas bahwa pada waktu sebelumnya kami memiliki trek di mana kami sangat bagus serta yang tidak bagus saat ada di sana. Jadi, kami mencoba mengurangi perbedaan tersebut.

Contohnya, Circuit of The America (COTA) dan Sepang adalah trek yang buruk untuk kami tahun lalu. Kami bisa melihat bahwa kami telah meningkat di sana," papar Pedrosa.

Baca Juga: Alex Rins Termotivasi Melanjutkan Tren Positif di MotoGP Spanyol 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya