Daniel Ricciardo Girang Formula 1 GP Australia Kembali Digelar

Sudah absen dua musim akibat pandemi COVID-19

GP Australia kembali digelar pada akhir pekan ini pada 8–10 April 2022. Balapan di Albert Park Circuit itu sudah absen dua musim lantaran pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia.

Tentu, momen kembalinya Formula 1 ke Australia disambut Daniel Ricciardo. Ia girang karena bisa membalap di depan publik negaranya sendiri bersama McLaren.

1. Daniel Ricciardo sudah tak sabar ingin segera balapan di Albert Park Circuit

Daniel Ricciardo Girang Formula 1 GP Australia Kembali DigelarDaniel Ricciardo saat berada di garasi tim (formula1.com)

Membalap di negara sendiri tentu menjadi sebuah kebahagiaan bagi seorang pembalap. Hal ini diakui sendiri oleh Daniel Ricciardo. Pembalap bernomor mobil 3 itu sudah tak sabar untuk segera kembali mengaspal di Albert Park Circuit, terlebih sirkuit tersebut sudah mengalami perombakan di beberapa titik.

“Aku sangat senang kembali ke rumah. Sudah sangat lama rasanya. Aku dengar penjualan tiketnya gila-gilaan dan itu akan menjadi atmosfer yang luar biasa. Jadi, aku sudah tidak sabar,” kata Ricciardo dilansir F1i.

2. Mempelajari layout baru Albert Park Circuit guna maksimalkan peluang menyalip

Daniel Ricciardo Girang Formula 1 GP Australia Kembali Digelarpembalap McLaren Daniel Ricciardo (twitter.com/McLarenF1)

Terkait Albert Park Circuit yang mengalami perubahan pada sejumlah bagian, Daniel Ricciardo menyebut jika layout saat ini benar-benar fokus untuk meningkatkan keseruan balap. Oleh karena itu, ia berupaya mempelajari layout baru guna memperoleh kesempatan menyalip saat balapan.

“Aku rasa dengan desain baru di Albert Park, itu benar-benar berfokus untuk meningkatkan balapan dan tontonan pada hari Minggu guna menciptakan lebih banyak peluang menyalip.

Ini sirkuit yang indah, tapi cukup sempit dan ketat sehingga cukup sulit untuk menyalip. Jadi, kami benar-benar mencoba mengeksploitasi beberapa area untuk memungkinkan lebih banyak slipstream dan kemungkinan menyalip saat pengereman,” papar Ricciardo.

Baca Juga: Daniel Ricciardo Sempat Kewalahan Saat Debut di Formula 1

3. Berharap McLaren bisa ambil keuntungan dari perubahan layout Albert Park Circuit

Daniel Ricciardo Girang Formula 1 GP Australia Kembali Digelarpembalap McLaren Daniel Ricciardo (formula1.com)

Layout baru Albert Park Circuit yang diperkirakan lebih cepat 5 detik dari layout sebelumnya menaikkan optimisme Ricciardo. Ia yakin McLaren bisa mengambil keuntungan dari perubahan yang ada pada sirkuit yang rutin menggelar balapan Formula 1 sejak 1996.

“Itu akan mengalir dan cukup cepat, khususnya dengan perubahan yang mereka buat. Mungkin itu akan berpihak pada kami sehingga bisa bertarung untuk zona poin. Aku tahu target kami tidak terlalu tinggi, tapi itu yang benar-benar kami bisa tuju saat ini,” jelas Ricciardo dilansir Racing News 365.

4. Daniel Ricciardo memperkuat Renault saat GP Australia 2019, tapi gagal tuntaskan balapan

Daniel Ricciardo Girang Formula 1 GP Australia Kembali DigelarDaniel Ricciardo pada GP Australia 2019 (formula1.com)

Terkahir kali GP Australia digelar adalah pada musim 2019. Ketika itu, Daniel Ricciardo menjalani balapan perdana bersama Renault selepas memutuskan berpisah dari Red Bull pada akhir musim 2018.

Namun, Ricciardo gagal mendapatkan poin pada GP Australia 2018. Mobilnya harus masuk garasi lebih cepat pada lap 31 lantaran mengalami masalah. Ricciardo pun gagal mempersembahkan poin untuk tim barunya saat itu.

5. Sejumlah perubahan pada Albert Park Circuit, bakal buat balapan lebih seru?

Daniel Ricciardo Girang Formula 1 GP Australia Kembali Digelarperubahan layout Albert Park Circuit (twitter.com/SkySportsF1)

Albert Park Circuit mengalami perombakan pada beberapa bagian. Sejumlah tikungan mengalami pelebaran. Bahkan, tikungan 9-10 dihilangkan dan menjadi flat-out sehingga bisa dilibas dengan kecepatan yang tinggi.

Adapun pada Albert Park Circuit kali ini terdapat 4 zona aktivasi DRS. Selain itu, pit lane juga diperlebar dua meter. Melansir Motorsport.com Indonesia, pit wall akan menempel pada tepi trek. Sebelumnya, pit wall dan tepi trek dipisah oleh rumput.

 

Perubahan pada Albert Park Circuit diharapkan akan menambah keseruan pada saat balapan. Akankah ini akan tersaji pada akhir pekan ini? Mari kita nantikan bersama.

Baca Juga: Kisah Daniel Ricciardo yang Rindu Kampung Halaman di Australia

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya