Comscore Tracker

Dovizioso Akan Ambil Cuti dari MotoGP Pada Musim 2021 

Ia menolak tawaran sebagai test rider

Andrea Dovizioso saat ini memang masih memperkuat tim pabrikan Ducati di ajang MotoGP. Namun, jalinan keduanya resmi berakhir di penghujung musim 2020. Berstatus tanpa tim di musim depan Dovi justru dikabarkan bakal mengambil cuti di musim 2021.

1. Tolak tawaran sejumlah tim sebagai test rider 

Dovizioso Akan Ambil Cuti dari MotoGP Pada Musim 2021 motogp.com

Sebelumnya Dovi dikaitkan dengan sejumlah tim seperti KTM, Honda dan Yamaha untuk pembicaraan kontrak sebagai test rider. Bahkan, seperti dilansir the-race.com, pembalap asal Italia itu berpeluang bergabung dengan Aprilia.

Jika bergabung dengan Aprilia Dovi bakal dijadikan pembalap utama menggantikan posisi Ianone andai larangan balapan akibat dopping tidak dicabut. Namun, Dovi memutuskan menolak semua tawaran dari tim-tim tersebut dan lebih memilih ‘rehat’ dari kancah MotoGP.

2. Berencana berkarier di ajang motocross saat cuti

Dovizioso Akan Ambil Cuti dari MotoGP Pada Musim 2021 instagram.com/andreadovizioso

Meski nantinya Dovi mengambil cuti dari MotoGP ia tak bakal meninggalkan dunia balap begitu saja. Justru, pembalap berjuluk DesmoDovi itu bakal merambah ke ajang balap motor lainnya. Ia akan beradu cepat di kompetisi motocross yang merupakan balapan yang ia gemari.

Baca Juga: Ducati Bingung! Lorenzo Tak Sesuai Ekspektasi, Dovi Minta Naik Gaji

3. Berpeluang kembali ke MotoGP pada tahun 2022

Dovizioso Akan Ambil Cuti dari MotoGP Pada Musim 2021 motogp.com

Dovi masih bisa berpeluang kembali ke MotoGP pada 2022 mendatang. Pasalnya, kontrak beberapa pembalap akan habis di akhir 2021 mendatang. Ini akan jadi kesempatan baik untuk Dovi bergabung ke salah satu tim di MotoGP.

Tetapi, seperti dilansir motorsport.com Dovi akan berusia 36 tahun pada 2022. Mengambil cuti selama semusim tentu berisiko baginya. Namun, pembuktian bahwa ia mampu menjadi pesaing terdekat Marc Marquez selama tiga musim terakhir dari 2017 hingga 2019 serta pengalaman membalap untuk Honda, Ducati serta Yamaha jadi nilai tawar bagi tim untuk bisa menggaetnya.

4. Dovi sudah raih satu kemenangan untuk Ducati di musim 2020

Dovizioso Akan Ambil Cuti dari MotoGP Pada Musim 2021 motogp.com

Pada MotoGP musim 2020 ini Dovi baru mempersembahkan satu kemenangan bagi Ducati. Ia meraihnya saat GP Austria yang berlangsung di sirkuit Red Bull Ring pada Agustus lalu. Memulai balapan dari posisi keempat Dovi menjadi pembalap pertama yang melintasi garis finis lebih dulu di depan Joan Mir dan Jack Miller.

Saat ini, posisinya di klasemen pembalap berada di peringkat keenam. Ia telah mengumpulkan 117 poin hingga balapan GP Eropa di Ricardo Tormo, Valencia. Dovi kini berjarak 45 poin dari Joan Mir yang berada di puncak klasemen.

5. Capaian Dovi bersama Ducati mengarungi persaingan ketat di MotoGP

Dovizioso Akan Ambil Cuti dari MotoGP Pada Musim 2021 motogp.com

Kebersamaan Dovi dan Ducati telah terjalin selama delapan musim hingga musim 2020 ini. Mulai bergabung sejak 2013 ia telah mencatatkan enam kali pole position, 40 kali naik podium serta 14 kali memenangi balapan. Dovi juga mampu tiga kali mengakhiri musim sebagai runner-up pada klasemen pembalap. Itu terjadi secara beruntun dari musim 2017 hingga 2019.

Meski kebersamaan keduanya bakal berakhir di musim ini tapi masih ada kesempatan bagi Dovi mempersembahkan kemenangan di dua seri tersisa yakni GP Valencia dan Portugal. Mampukah ia meraih hasil terbaik sebelum menutup musim 2020? Kita lihat saja!

Baca Juga: Hasil MotoGP Qatar 2018: Davizioso Raih Poin Sempurna

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Motorsports Enthusiast. For inquiry and business: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya