Dukungan Christian Horner untuk Sergio Perez yang Mengalami Masa Sulit

Performa sang pembalap disorot banyak pihak

Sergio Perez sedang mengalami masa sulit di Formula 1 2023. Ia gagal lolos ke Q3 saat sesi kualifikasi secara beruntun. Perolehan poinnya juga makin jauh dari Max Verstappen. Perez berada di peringkat kedua saat pembalap nomor satu Red Bull itu berada di singgasana klasemen.

Performa kurang mengesankan ini tentu menjadi sorotan banyak pihak. Apalagi, Red Bull baru-baru ini memecat Nyck de Vries sebagai pembalap AlphaTauri. Bayang-bayang terdepak dari tim pun menghantui Perez. Apa yang terjadi kepada De Vries bisa saja terjadi kepadanya. Akan tetapi, Team Principal Red Bull, Christian Horner, justru memberi dukungan kepada Sergio Perez yang sedang mencoba bangkit.

1. Sergio Perez kurang mengesankan pada sesi kualifikasi dalam lima balapan terakhir

Dukungan Christian Horner untuk Sergio Perez yang Mengalami Masa SulitSergio Perez saat menjalani pekan balap GP Austria 2023. (formula1.com)

Performa Sergio Perez dalam lima balapan terakhir menjadi pembicaraan hangat. Pasalnya, ia gagal lolos ke Q3 untuk perebutan posisi start balapan berturut-turut. Terakhir kali Perez lolos ke Q3 adalah saat GP Miami. Perez saat itu mampu meraih pole position meski harus puas finis sebagai runner-up saat balapan.

Selain gagal lolos Q3, Perez juga kesulitan finis di zona podium dalam lima balapan terakhir. Pembalap asal Meksiko itu hanya sekali naik podium di GP Austria saat finis di posisi ketiga. Terbaru, Perez hanya mampu menuntaskan GP Inggris yang digelar pada 9 Juli 2023 di posisi keenam.

2. Helmut Marko memberi peringatan kepada Perez untuk memperbaiki performa saat kualifikasi

Dukungan Christian Horner untuk Sergio Perez yang Mengalami Masa Sulitpembalap Red Bull Sergio Perez (formula1.com)

Hasil kurang mengesankan akhir-akhir ini membuat Sergio Perez mendapat peringatan dari Helmut Marko. Penasihat Red Bull itu meminta sang pembalap untuk meningkatkan performanya, terutama saat sesi kualifikasi. Meski begitu, Marko menegaskan tidak masuk akal mengganti Perez dalam waktu dekat ini.

“Perez berada di posisi kedua dalam kejuaraan dunia, jadi tidak masuk akal untuk ingin menyingkirkannya sekarang. Balapannya juga bagus di Silverstone, tetapi dia butuh peningkatan saat kualifikasi,” kata Marko dilansir Racing News 365.

Baca Juga: Sergio Perez dalam Tekanan Imbas Rentetan Hasil Kurang Oke di F1 2023

3. Christian Horner menyebut Sergio Perez perlu membuktikan kapasitasnya pada sesi kualifikasi

Dukungan Christian Horner untuk Sergio Perez yang Mengalami Masa SulitChristian Horner dan Sergio Perez (formula1.com)

Tak hanya Helmut Marko, Christian Horner juga ikut memberi penilaian terhadap capaian Sergio Perez pada sesi kualifikasi. Horner menyebut Perez perlu membuktikan kapasitasnya dalam persaingan perebutan posisi start terdepan. Ia yakin pembalap Meksiko itu bisa melakukannya di GP Hungaria yang berlangsung pada 21–23 Juli 2023 mendatang.

“Dia hanya butuh untuk memutusnya sekarang. Dia akan melakukannya di GP Hungaria. Cara dia membalap, beberapa pergerakannya di GP Inggris, khususnya saat bertarung dengan Carlos Sainz, itu cukup memukau.

Kecepatannya saat stint terakhir menunjukkan dia tepat berada di sana. Menjadi hal yang membuat frustrasi untuknya sebab dia harus bertarung kembali sepanjang waktu. Namun, dia harus menyelesaikan sesi kualifikasinya pada hari Sabtu,” jelas Horner masih dari sumber yang sama.

4. Christian Horner memastikan Red Bull terus mendukung Sergio Perez

Dukungan Christian Horner untuk Sergio Perez yang Mengalami Masa SulitSergio Perez saat menjalani pekan balap GP Azerbaijan 2023. (formula1.com)

Christian Horner memastikan Red Bull akan memberi dukungan kepada Sergio Perez. Ia percaya sang pembalap bisa kembali menemukan momentum terbaiknya pada seri-seri berikutnya. Horner juga akan memastikan RB19 tetap berada dalam performa terbaik dalam kontestasi Formula 1 2023.

“Dia hanya butuh putaran yang bagus dan dia akan menemukan momentumnya lagi. Pada saat ini, dia masih berada di posisi kedua dalam kejuaraan. Kami punya sebuah mobil bagus, tetapi kami perlu memastikan bahwa kami punya kedua mobil yang bersaing,” pungkas Horner.

Sergio Perez kini sudah mengantongi 156 poin di klasemen pembalap. Ia tertinggal 99 poin dari Max Verstappen yang berada di posisi puncak. Pembalap bernomor mobil 11 itu sudah mengoleksi dua kemenangan musim ini di GP Arab Saudi dan Azerbaijan.

Sergio Perez mengincar hasil lebih baik pada balapan berikutnya di GP Hungaria. Akankah ia bisa naik podium di Sirkuit Hungaroring sekaligus menaikkan kembali kepercayaan Red Bull kepadanya? Layak untuk ditunggu bersama-sama!

Baca Juga: Perjalanan Karier Sergio Perez, Jawara Meksiko di Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya