Comscore Tracker

F1 2021: Sambut Musim 2021, Red Bull Rilis Mobil dan Pembalap Baru

Siapa pembalap baru itu dan seperti apa mobil tersebut?

Red Bull tengah bersiap sambut gelaran F1 2021. Pada Selasa (23/2) sore WIB, tim yang musim lalu menempati peringkat runner-up di klasemen akhir tim resmi luncurkan mobil baru, yaitu RB16B.

Mobil ini menjadi suksesor RB16 yang pada musim sebelumnya dipakai oleh Max Verstappen dan Alex Albon. RB16B ini masih akan dipakai oleh Verstappen. Tapi, ada pembalap baru yang akan mendampinginya musim ini menggantikan Albon. Siapa dia dan seperti apa mobil RB16B tersebut?

1. Jadi tim keempat yang rilis mobil untuk musim 2021

F1 2021: Sambut Musim 2021, Red Bull Rilis Mobil dan Pembalap Barutwitter.com/redbullracing

Peluncuran RB16B untuk persiapan menghadapi musim baru menempatkan Red Bull sebagai tim keempat yang sudah luncurkan mobil seri 2021. Sebelumnya ada McLaren, AlphaTauri dan Alfa Romeo yang sudah perkenalkan mobil mereka kepada para penggemar.

Dilansir motorsport.com, bos tim Christian Horner menjelaskan bila 60 persen komponen pada RB16 masih akan dipakai pada mobil baru mereka. Ada pun harapan tim adalah bisa lebih konsisten di berbagai jenis trek dan menjadi lebih kuat melawan Mercedes.

2. Tak terlalu banyak perubahan livery dari RB16B

F1 2021: Sambut Musim 2021, Red Bull Rilis Mobil dan Pembalap Baruinstagram.com/skysportf1

Jika dilihat sekilas tampilan livery atau corak warna RB16 dan RB16B tak terlalu banyak perubahan. Warna khas dari tim yang notabene membawa nama salah satu brand minuman berenergi masih terasa di mobil baru mereka.

Namun, jika diperhatikan secara lebih teliti maka ada sponsor yang hilang. Aston Martin musim ini tak lagi bersama dengan Red Bull dan berpindah ke Racing Point. Perpindahan ini membuat nama Racing Point ditanggalkan dan memakai nama perusahaan otomotif asal Inggris tersebut. 

Alhasil, nama Aston Martin tak lagi ada di area dekat bargeboard. Pada sayap belakang logo diganti dengan tulisan Honda yang merupakan pemasok mesin untuk Red Bull.

3. Sergio Perez gantikan posisi Alex Albon dan menjadi rekan setim Verstappen

F1 2021: Sambut Musim 2021, Red Bull Rilis Mobil dan Pembalap Baruredbull.com

Red Bull musim ini kehadiran sosok baru. Ia menggantikan Alex Albon yang kini berstatus reserve driver. Sosok itu adalah Sergio 'Checo' Perez. Sebelumnya, pembalap asal Meksiko ini membalap untuk Racing Point di musim lalu.

Performa Perez di musim lalu terbilang baik. Ia berhasil mengakhiri musim 2020 di posisi keempat klasemen akhir pembalap dengan mengumpulkan 125 poin. Perez pun juga sukses bukukan kemenangan perdana di sepanjang kariernya pada GP Sakhir tahun lalu.

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 Peraih Gelar Juara Dunia Termuda

4. Rilis helm dengan desain baru, warna kuning kembali dipakai Perez

F1 2021: Sambut Musim 2021, Red Bull Rilis Mobil dan Pembalap Barutwitter.com/SChecoPerez

Berselang beberapa jam setelah Red Bull rilis RB16B, Sergio Perez juga turut perkenalkan desain helm baru yang bakal dipakainya selama musim 2021 ini. Warna kuning neon kembali menghiasi helm pembalap bernomor mobil 11 tersebut.

Sebelumnya, warna tersebut tak bisa dipakai lantaran kesepakatan dengan sponsor. Kini, warna tersebut bisa dipakai sembari tetap memasukkan bendera negara Meksiko pada desain helm barunya.

"Aku sudah menanti momen ini sejak direkrut oleh Red Bull. Helm adalah sesuatu yang sangat spesial bagi pembalap" ujar Perez dikutip dari formula1.com.

"Kuning selalu jadi warna diriku. Sebelumnya, saya tetap pakai warna merah muda, jadi sekarang aku senang akhirnya kembali ke warna kuning. Kita dapat melihat bendera Meksiko di bagian atas yang mana itu sangat bagus sebab kamu dapat lihat itu ketika aku sedang berkendara melalui kamera onboard", paparnya. 

5. Jadwal sisa peluncuran 

F1 2021: Sambut Musim 2021, Red Bull Rilis Mobil dan Pembalap Barutwitter.com/redbullracing

Selepas Red Bul masih ada beberapa tim F1 lagi yang bakal meluncurkan skuad dan mobil baru mereka. Nah, buat yang penasaran langsung simak jadwal berikut ini.

  1. Ferrari (26 Februari 2021 untuk peluncuran tim dan 10 Maret 2021 untuk peluncuran mobil)
  2. Mercedes (2 Maret 2021)
  3. Alpine (2 Maret 2021)
  4. Aston Martin (3 Maret 2021)
  5. Williams (5 Maret 2021)
  6. Haas (belum diumumkan)

Seri pembuka F1 2021 akan berlangsung pada tanggal 26 hingga 28 Maret 2021 mendatang. GP Bahrain didaulat menggelar seri pertama menyusul dipindahnya jadwal GP Australia ke November akibat pandemi COVID-19.

Baca Juga: Jos Verstappen: Max Verstappen Butuh Lebih Banyak Berpikir

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya