Comscore Tracker

F1 Siap Bergulir, 7 Rekor Ini Berpeluang Terpatahkan di Musim 2020

Apakah akan terpecahkan di musim ini?

Tinggal menghitung hari Formula 1 musim 2020 bakal bergulir. Para penggemar di seluruh penjuru dunia sudah tak sabar menantikan aksi-aksi keren para pembalap favorit saling beradu di atas lintasan.

Seperti ajang olahraga lainnya Formula 1 punya sederet rekor yang sering dipecahkan. Namun, ada pula rekor yang masih belum bisa dipecahkan oleh para pembalap yang saat ini masih aktif berkompetisi. 

Nah, di musim yang baru ini formula1.com merilis daftar rekor yang berpeluang untuk dipecahkan di musim ini. Lalu, apa saja rekor-rekor tersebut? Berikut ulasannya.

1. Rekor jumlah kemenangan terbanyak sepanjang sejarah Formula 1

F1 Siap Bergulir, 7 Rekor Ini Berpeluang Terpatahkan di Musim 2020formula1.com

Hingga saat ini pemilik rekor kemenangan balapan terbanyak sepanjang sejarah Formula 1 masih dipegang Michael Schumacher. Pembalap asal Jerman itu berhasil membukukan 91 kemenangan dari 308 kali keikutsertaannya dalam ajang tersebut.

Namun, rekor tersebut sepertinya tak akan lama berada dalam genggamannya. Lewis Hamilton punya kesempatan merebutnya di musim ini. Hal ini bisa terjadi sebab Hamilton telah mengantongi 84 kemenangan sepanjang karier. 

Jumlah balapan F1 2020 yang sejauh ini terkonfirmasi resmi sebanyak delapan seri memungkinkan Hamilton pecahkan rekor. Pembalap berkebangsaan Inggris itu perlu menang di semua seri yang ada jika ingin menyalip raihan Schumacher. 

2. Peraih podium terbanyak sepanjang gelaran F1 bisa berganti pemilik

F1 Siap Bergulir, 7 Rekor Ini Berpeluang Terpatahkan di Musim 2020formula1.com

Selain jumlah kemenangan terbanyak, Schumacher juga mencatatkan rekor peraih podium terbanyak di Formula 1. Raihan 155 kali podium sukses direngkuh selama karier balapnya. Dan, seperti rekor sebelumnya Hamilton berpeluang besar melewati koleksi jumlah podium Schumacher.

Hingga musim 2019 tercatat Hamilton sudah berhasil finis di posisi podium sebanyak 151 kali. Ia hanya butuh lima kali finis setidaknya di posisi ketiga untuk mencatatkan namanya di posisi paling atas dalam rekor tersebut. 

3. Mercedes buka kemungkinan sabet rekor baru juara konstruktor berturut-turut

F1 Siap Bergulir, 7 Rekor Ini Berpeluang Terpatahkan di Musim 2020twitter/mercedesamgf1

Kedigdayaan Mercedes melahirkan catatan luar biasa untuk tim tersebut. Pasalnya, mereka kini menyamai rekor Ferrari dalam gelar juara dunia konstruktor berturut-turut sebanyak enam kali.

Ferrari melakukannya lebih dulu dari tahun 1999 hingga 2004. Mercedes sukses dengan hal serupa dari 2014 hingga 2019 lalu. Era keemasan Mercedes mungkin bakal berlanjut di musim ini dan bukan tidak mungkin meraih gelar ketujuh konstruktor secara beruntun.

4. Peluang lahirnya juara dunia F1 termuda. Akankah terwujud?

F1 Siap Bergulir, 7 Rekor Ini Berpeluang Terpatahkan di Musim 2020formula1.com

Rekor Sebastian Vettel sebagai juara dunia Formula 1 termuda masih awet hingga musim 2019 lalu. Vettel berhasil meraih titel tersebut ketika ia masih berusia 23 tahun 134 hari pada musim 2010. Saat itu, ia memperkuat Red Bull Racing bersama Mark Webber.

Pada musim 2020 setidaknya ada empat pembalap muda yang usianya berada di bawah umur Vettel saat menyabet rekor. Keempatnya antara lain Charles Leclerc (Ferrari), Max Verstappen (Red Bull), George Russell (Williams) dan Lando Norris (McLaren).

Dari empat pembalap tersebut Leclerc dan Verstappen lebih diunggulkan memecahkan rekor tersebut. Selain penampilan mereka yang oke musim lalu, performa mobil keduanya juga mumpuni untuk bersaing di posisi teratas balapan. Akankah rekor ini terpecahkan?

Baca Juga: Imbas Virus Corona: 7 Gelaran Formula 1 Ditunda, 2 Dibatalkan

5. Jumlah start balap terbanyak bisa lepas ke tangan Kimi Raikkonen

F1 Siap Bergulir, 7 Rekor Ini Berpeluang Terpatahkan di Musim 2020essentiallysports.com

Sebuah catatan rekor yang juga belum bisa dipatahkan hingga saat ini ialah jumlah start balap terbanyak. Rubens Barrichello berada di posisi teratas dengan catatan 322 kali start. Catatan tersebut dibukukannya selama berkarier dari 1993 sampai 2011.

Rekor start balap terbanyak turut berpotensi jatuh ke pembalap lain. Kimi Raikkonen berada di posisi terdepan dalam merebut rekor tersebut dari pembalap asal Brasil itu. Namun, jalan menuju rekor baru itu menemui rintangan. Ini dikarenakan kalender revisi Formula 1 hanya memuat delapan seri saja.

Formula 1 membuka kemungkinan menambah jumlah seri balap dengan tetap melihat aspek kesehatan dan keselamatan semua pihak di dalam kompetisi. Keputusan penambahan seri pun akan diumumkan pada akhir Juli mendatang. Mungkinkah Raikkonen meraih rekor itu?

6. Pembalap dengan jumlah finish di zona poin terbanyak akan diperebutkan Hamilton dan Raikkonen

F1 Siap Bergulir, 7 Rekor Ini Berpeluang Terpatahkan di Musim 2020abc.net.au

Hamilton lagi-lagi punya kesempatan mencetak rekor lainnya di musim 2020 ini. Juara dunia enam kali itu bisa menyamai bahkan melewati rekor Michael Schumacher untuk perolehan jumlah finis di zona poin. Perlu diketahui, zona poin di Formula 1 adalah pembalap yang mampu finis minimal di peringkat ke-10.

Schumacher telah mengantongi 221 kali finis di zona tersebut. Sementara itu, Hamilton hanya berselisih delapan kali di belakang sang legenda.

Namun, Hamilton tidak sendirian merebut rekor tersebut karena Raikkonen juga punya peluang yang sama. Ini karena keduanya punya catatan yang sama.

Dengan delapan seri yang ada setidaknya kedua pembalap dapat berada pada posisi yang sama dengan Schumacher. Jika F1 berhasil menambah jumlah seri balap di bulan Juli bukan tidak mungkin rekor Schumacher akan terambil oleh Hamilton atau Raikkonen.

7. Rekor jumlah kemenangan dengan memimpin di setiap lap dalam balapan sedikit lagi jadi milik Hamilton

F1 Siap Bergulir, 7 Rekor Ini Berpeluang Terpatahkan di Musim 2020formula1.com

Ayrton Senna telah tiada pada 1994 lalu akibat kecelakaan saat balapan GP San Marino. Walau begitu sederet rekor telah ditorehkan oleh Senna semasa hidup. Salah satunya berhasil menang 19 kali dengan tetap memimpin pada setiap lap balapan.

Rekor ini ternyata berhasil disamai Lewis Hamilton. Itu terjadi saat seri penutup di Abu Dhabi pada 2019 lalu. Dikutip dari speedcafe.com, Hamilton berhasil menang dengan memimpin sepanjang lap. Bahkan, ia meraih grand slam dalam balapan tersebut.

Grand slam sendiri adalah istilah saat pembalap berhasil meraih pole position, kemenangan, putaran tercepat dan memimpin dalam setiap lap pada suatu balapan.

Rekor menang dengan cara memimpin dari awal hingga akhir balapan ini bisa saja dilampaui oleh Hamilton musim ini mengingat performa apiknya bersama Mercedes di musim lalu.

8. Sejatinya, Hamilton bisa mencatat rekor lain musim ini. Tapi, gagal terwujud akibat batalnya seri

F1 Siap Bergulir, 7 Rekor Ini Berpeluang Terpatahkan di Musim 2020formula1.com

Lewis Hamilton sebenarnya punya kesempatan mencatat rekor di bulan Maret lalu. Pada saat itu Formula 1 bersiap menggelar GP Australia. Namun, seperti dilansir foxsports.com.au seri tersebut dibatalkan lantaran kru McLaren positif COVID-19 dan memutuskan tak ikut dalam balapan.

Hal ini pada akhirnya membuat seri pembuka musim 2020 tersebut urung terlaksana. Jika tidak ada hambatan Hamilton bisa mencatatkan rekor sebagai pembalap dengan pole position terbanyak pada satu balapan yang sama. Saat ini, ia berhasil meraih 8 pole position di GP Australia.

Rekor tersebut kini bersanding dengan milik Ayrton Senna dan Michael Schumacher. Senna meraih delapan kali pole position di GP San Marino sementara Schumacher membukukannya di GP Jepang.

Itu tadi sederet rekor yang bisa dipecahkan di musim ini. Untuk kamu yang gak sabar menonton Formula 1 jangan khawatir. Sebab, seri perdana akan berlangsung pada 3-5 Juli di Red Bull Ring, Austria. Jangan sampai terlewat ya!

Baca Juga: Kantongi Rp4 Triliun, Lewis Hamilton Jadi Olahragawan Terkaya Inggris!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Pecinta K-Pop, Olahraga, dan berita teknologi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya