Fabio Di Giannantonio Tak Terganggu Rumor Masa Depannya di MotoGP

Kontraknya bakal rampung akhir musim 2023

Nasib Fabio Di Giannantonio di MotoGP 2024 masih tidak jelas. Belum ada tanda-tanda kontrak pembalap yang akrab disapa Diggia itu bakal diperpanjang. Kabar dirinya bisa terdepak dari Gresini Racing makin kencang berembus.

Meski diterpa rumor bakal tersingkir dari tim, Diggia mengaku tak terlalu ambil pusing. Ia justru menganggap rumor-rumor yang dialamatkan kepadanya sebagai motivasi menyongsong paruh kedua MotoGP 2023. Diggia mengaku bakal berusaha menampilkan performa terbaik, terlebih setelah sukses menjalani operasi lengan kanan.

1. Fabio Di Giannantonio belum meraih hasil bagus pada paruh pertama MotoGP 2023

Fabio Di Giannantonio Tak Terganggu Rumor Masa Depannya di MotoGPFabio DI Giannantonio saat menjalani pekan balap GP Argentina 2023. (motogp.com)

MotoGP 2023 menjadi musim kedua Fabio Di Giannantonio di kelas utama. Selama paruh pertama musim ini, ia belum mampu mempersembahkan kemenangan untuk Gresini Racing. Diggia juga kesulitan menembus posisi tiga besar saat sprint maupun main race.

Secara keseluruhan, sang pembalap sudah 4 kali finis di posisi 10 besar saat main race di putaran pertama MotoGP tahun ini. Hasil terbaiknya adalah finis kedelapan di GP Prancis. Hanya saja, di sisi lain, Diggia belum sekali pun meraih poin saat sprint race. Hasil tersebut berbanding terbalik dengan yang didapat rekan setimnya, Alex Marquez.

Alex Marquez mampu sekali naik podium di main race GP Argentina. Ia menuntaskan balapan di posisi ketiga. Alex Marquez cukup konsisten meraup poin saat main race. Ia juga berhasil finis empat kali di zona poin saat sprint race GP Portugal, Argentina, Jerman, dan Belanda.

Baca Juga: MotoGP Ubah Format Pekan Balap Musim 2023

2. Sejumlah nama masuk daftar calon pengganti Fabio Di Giannantonio di Gresini Racing

Fabio Di Giannantonio Tak Terganggu Rumor Masa Depannya di MotoGPTony Arbolino mengangkat trofi saat berada di podium GP Amerika 2023. (motogp.com)

Performa Fabio Di Giannantonio yang belum memuaskan membuat rumor pergantian pembalap di Gresini Racing menyeruak. Apalagi, kontrak pembalap bernomor motor 49 itu bakal rampung akhir musim nanti. Hal itu makin membuka peluang bagi pembalap lain untuk masuk ke tim yang dimiliki Nadia Padovani.

Beberapa nama muncul sebagai kandidat pengganti Diggia. Salah satu yang paling diunggulkan adalah Tony Arbolino. Hal tersebut menyusul prestasi menterengnya di Moto2 2023 ini.

Tony Arbolino sedang bersaing dengan Pedro Acosta dalam perebutan gelar juara Moto2. Pembalap Elf Marc VDS Racing Team itu kini menduduki posisi puncak klasemen dengan koleksi 148 poin. Arbolino sudah 6 kali finis di zona podium dengan 2 hasil di antaranya berakhir dengan kemenangan di GP Argentina dan Prancis.

Selain Arbolino, Franco Morbidelli masuk daftar pembalap yang berpotensi merapat ke Gresini Racing. Ducati juga sedang mempertimbangkan untuk menempatkan Johann Zarco di Gresini Racing musim depan. Itu dilakukan sebagai usaha memberi ruang kepada Marco Bezzecchi agar pindah ke Pramac Racing.

3. Fabio Di Giannantonio bersikap santai terhadap rumor terkait masa depannya di Gresini Racing

Fabio Di Giannantonio menanggapi dengan santai rumor tentang masa depannya bersama Gresini Racing. Ia memandang itu sebagai motivasi untuk menunjukkan performa terbaik di atas motor Desmosedici GP22. Diggia menargetkan bisa tampil lebih baik dalam beberapa seri ke depan demi meyakinkan orang-orang di tim untuk mempertahankan dirinya.

“Aku benar-benar sangat termotivasi karena kami telah melewati peningkatan yang sangat bagus tahun ini. Ada banyak rumor, termasuk tentang diriku. Namun, sebenarnya hal seperti itulah yang memacu diriku. Aku ingin melakukannya dengan baik dalam 3 atau 4 balapan berikutnya demi menempatkan diriku dalam posisi bagus untuk tahun depan,” jelas Diggia dilansir Speedweek.

Paruh kedua MotoGP 2023 akan jadi fase penting bagi Fabio Di Giannantonio. Sebab, bukan tidak mungkin posisinya bakal tergantikan pembalap lain karena tak kunjung meraih hasil yang diharapkan saat ini. Akankah Diggia mampu membuktikan kapasitasnya pada sisa musim?

Baca Juga: Alex Marquez Ingin Bertahan di Gresini Racing karena Nyaman

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya