Ferrari Minta Formula 1 Melarang Desain Spion Mercedes W13

Dianggap tak sesuai dengan regulasi yang ada

Mercedes tak hanya melakukan perombakan pada bagian sidepod pada mobil W13 untuk tes pramusim di Bahrain. Rupanya, tim yang berbasis di Brackley, Inggris, itu juga melakukan perubahan pada area di sekitar spion.

Adanya perubahan pada desain di area sekitar spion memicu tentangan dari kubu Ferrari. Mattia Binotto selaku Team Principal meminta Formula 1 melarang desain spion yang diaplikasikan Mercedes pada W13. Apa alasan Binotto meminta pelarangan?

1. Tak hanya sidepod, Mercedes juga melakukan perubahan pada desain spion

Ferrari Minta Formula 1 Melarang Desain Spion Mercedes W13desain area spion Mercedes W13 (motorsport.com)

Lagi-lagi Mercedes membuat mata banyak orang terbelalak pada tes pramusim di Bahrain yang berlangsung pada 10--12 Maret 2022. Tak hanya menghadirkan perubahan ekstrem pada bagian sidepod, tim berjuluk Silver Arrows itu juga menghadirkan perubahan pada desain spion.

Pada bagian side-impact structure W13, terdapat spion dan juga vortex generator yang ditempatkan di belakang spion. Perlu diketahui, vortex generator merupakan winglet vertikal yang punya fungsi aerodinamika.

2. Mattia Binotto angkat bicara terkait desain spion Mercedes W13

Ferrari Minta Formula 1 Melarang Desain Spion Mercedes W13tampilan W13 pada tes pramusim di Bahrain (twitter.com/MercedesAMGF1)

Adanya desain spion pada Mercedes W13 membuat Ferrari angkat bicara. Mattia Binotto selaku Team Principal tim berjuluk Kuda Jingrak itu mengaku terkejut dan tidak memperkirakan hal semacan ini akan dilakukan oleh Mercedes. Pasalnya, desain spion tidak seharusnya dieksploitasi untuk keuntungan aerodinamika.

“Pada bagian spion, itu tampak mengejutkan. Kami tidak memprediksi hal itu. Kami selalu mengatakan spion tidak seharusnya memiliki tujuan aerodinamika. Itu seharusnya berada di sana untuk melihat ke belakang. 

Cara mereka menangani mobil itu tentunya ada tujuan aerodinamika yang signifikan pada spion. Itu sesuatu yang perlu kita hentikan untuk masa mendatang,” kata Binotto dilansir Crash.

Baca Juga: Bawa Peningkatan Radikal, Sidepod Mercedes W13 Tampil Lebih Tirus

3. Binotto tak ingin desain spion W13 berpotensi diikuti oleh tim-tim lain pada masa mendatang

Lebih lanjut, Binotto menjelaskan bahwa upaya yang dilakukan Mercedes dalam mendesain spion berpotensi akan dilakukan oleh tim-tim lain pada waktu yang akan datang. Agar hal seperti itu tidak terjadi, ia berharap Formula 1 segera mendiskusikan masalah ini.

“Risiko pada pada masa mendatang adalah semua tim akan mulai mendesain spion mereka yang tampak seperti pesawat luar angkasa. Dalam semangat pada apa yang kami ingin lakukan untuk masa depan, ini adalah sesuatu yang perlu kami diskusikan,” terang Binotto.

4. Binotto tak mempermasalahkan sidepod tirus W13, malah beri pujian

Ferrari Minta Formula 1 Melarang Desain Spion Mercedes W13mobil W13 pada tes pramusim di Bahrain (twitter.com/MercedesAMGF1)

Di sisi lain, Binotto justru tak mempermasalahkan desain sidepod tirus yang diimplementasikan oleh Mercedes. Baginya, desain tersebut legal dan tak perlu menjadi masalah ke depannya.

“Melihat pada W13, tak diragukan bahwa itu adalah mobil yang luar biasa. Itu seharusnya tak menjadi sebuah kejutan bagi kami. Sebuah konsep yang sangat berbeda dengan yang kami miliki. Aku pikir cukup menarik pada bagian cooling layout dan sidepod,” puji Binotto.

5. Ada aturan terkait larangan desain spion untuk tujuan mengambil keuntungan aerodinamika

Ferrari Minta Formula 1 Melarang Desain Spion Mercedes W13mobil W13 pada tes pramusim di Bahrain (twitter.com/MercedesAMGF1)

Mengutip Motorsport.com, terdapat aturan dalam Formula 1 yang jelas menyebut bahwa desain spion tidak didesain sedemikian rupa untuk meningkatkan aerodinamika mobil. Aturan tersebut terdapat pada pasal 3.2.2 yang dengan tegas melarang adanya desain untuk memberikan keuntungan aerodinamika.

“Pengaruh aerodinamika pada komponen mobil yang tidak dianggap sebagai bodywork harus sesuai dengan fungsi utamanya. Segala bentuk desain yang bertujuan untuk memaksimalkan pengaruh aerodinamika dilarang,” bunya pasal tersebut.

 

Menarik untuk menanti seperti apa tindakan yang akan diambil Formula 1 terkait desain spion yang dipertanyakan pihak Ferrari. Akankah Mercedes dilarang menerapkan desain tersebut?

Baca Juga: 10 Potret Spion Kendaraan Ini Absurd Abis, Bikin Pengendara Lain Heran

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya