Comscore Tracker

Ferrari Sempat Pertimbangkan Rekrut Valentino Rossi Jadi Pembalap F1

Tapi, tak ditempatkan di tim utama

Ferrari punya cerita unik dengan juara dunia sembilan kali di semua kelas MotoGP Valentino Rossi. Tim berjuluk kuda jingkrak itu sempat terpikir merekrut Rossi sebagai pembalap F1. 

Ide ini tidak muncul tanpa sebab. Pasalnya, Rossi pernah menjajal F2004 pada 2006 silam di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Ketika itu The Doctor mendapat kesempatan menjalani tes privat mobil itu secara resmi.

1. Rossi pertimbangkan opsi pindah ke F1, tapi tak diambil

Ferrari Sempat Pertimbangkan Rekrut Valentino Rossi Jadi Pembalap F1scuderiafans.com

Seperti dilansir motorsport.com, Rossi secara serius mempertimbangkan opsi beralih ke F1 pada 2006 dan telah berdiskusi dengan Ferrari. Meski begitu, opsi ini tak diambilnya saat tawaran awal diajukan kepada untuk bergabung di tim Sauber dan bukan di tim utama Ferrari. 

2. Rencana Rossi pindah haluan buat Yamaha khawatir

Ferrari Sempat Pertimbangkan Rekrut Valentino Rossi Jadi Pembalap F1motogp.com

Di sisi lain, rencana Rossi pindah haluan membuat pihak Yamaha khawatir. Hal tersebut karena Rossi baru dua musim bersama tim asal Jepang itu di MotoGP dan sudah memberi dua gelar juara beruntun pada 2004 dan 2005. 

Kondisi itulah yang membuat Yamaha terdorong mengontrak Jorge Lorenzo untuk musim 2008. Pada akhirnya, Lorenzo pun bertandem dengan Rossi di Yamaha dan The Doctor tak jadi pindah ajang balap. 

Baca Juga: 6 Pembalap MotoGP Peraih Poin Terbanyak di Kelas Utama, Rossi Teratas!

3. Mantan Presiden Ferrari angkat bicara, sebut rencana rekrut Rossi bukan sekedar publisitas

Ferrari Sempat Pertimbangkan Rekrut Valentino Rossi Jadi Pembalap F1scuderiafans.com

Mantan Presiden Ferrari periode 1991 hingga 2014 Luca di Montezemolo angkat bicara soal rencana memboyong Rossi ke F1. Ia menuturkan bila keinginan merekrut Rossi bukan hanya sekadar alasan publisitas saja. 

“Semua orang tahu bahwa ini bukanlah operasi publisitas, Ferrari tak membutuhkan itu. Di awal, hal itu hampir berkat keinginan dari seorang juara dunia yang hebat. Saya melihat dia semakin kuat, terutama dia tak miliki kontinuitas, tetapi dia punya banyak potensi dan keinginan”, ujar di Montezemolo seperti dikutip dari motorsportweek.com

4. Hampir debut di F1 pada 2009 untuk gantikan Felipe Massa

Ferrari Sempat Pertimbangkan Rekrut Valentino Rossi Jadi Pembalap F1sfcriga.com

Lebih lanjut, Di Montezemolo berpikir bahwa Rossi bisa debut bersama Sauber selama setahun. Namun, ia menyebut Rossi pintar dalam mengambil keputusan dengan tetap berada di MotoGP dan menjadi pembalap nomor satu di sana. 

Sejatinya, Rossi hampir saja debut di F1 bersama Ferrari di 2009 pada GP Italia. Insiden fatal yang menimpa Felipe Massa pada GP Hungaria saat sesi kualifikasi membuatnya harus absen. Suspensi mobil pembalap Brawn-Mercedes Rubens Barrichello terlepas dan menghantam kepala Massa yang ketika itu sedang memacu mobil dengan kecepatan tinggi. 

Namun, Ferrari kemudian memilih Luca Badoer pada GP Eropa dan Belgia lalu kemudian 'menarik' Giancarlo Fisichella dari Force India untuk lima balapan sisa di musim tersebut.

5. Terakhir jajal mobil F1 pada 2019, Rossi bertukar posisi dengan Hamilton

Ferrari Sempat Pertimbangkan Rekrut Valentino Rossi Jadi Pembalap F1motogp.com

Rossi terakhir kali menjajal mobil F1 pada 2019. Ia bertukar posisi dengan juara dunia tujuh kali F1 Lewis Hamilton. Momen itu menjadi pertama kalinya Hamilton mengendarai motor MotoGP.

Rossi mengemudikan W08 yang dipakai Hamilton kala menjadi juara dunia pada 2017. Sementara itu, Hamilton berkesempatan menggeber motor YZR-M1 milik Rossi. Keduanya melakukan hal tersebut di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. 

Baca Juga: 10 Potret Menawan Luca Marini, Rider MotoGP 2021 Adik Valentino Rossi

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya