Francesco Bagnaia Siap 100 Persen Jelang Seri Perdana MotoGP 2023

Bagnaia jadi pembalap tercepat di tes Portimao

Francesco Bagnaia tersenyum lebar jelang seri pembuka MotoGP 2023. Pembalap Ducati Lenovo Team itu menduduki posisi teratas dalam catatan waktu tes pramusim di Portimao, Portugal, pada 11—12 Maret 2023.

Raihan selama tes pramusim membuat Francesco Bagnaia semringah. Ia 100 persen siap menghadapi musim baru yang bakal bergulir pada akhir Maret ini.

1. Francesco Bagnaia jadi satu-satunya pembalap yang menorehkan waktu kisaran 1 menit 37 detik

Francesco Bagnaia Siap 100 Persen Jelang Seri Perdana MotoGP 2023Francesco Bagnaia mengendarai Desmosedici GP23 saat tes di Portimao. (motogp.com)

Francesco Bagnaia menuntaskan tes pramusim di Portimao, Portugal, sebagai pembalap tercepat. Ia mampu melesat dengan perolehan waktu 1 menit 37,968 detik. 

Bagnaia unggul 0,296 detik dari Johann Zarco yang berada di posisi kedua. Pembalap asal Italia itu jadi satu-satunya pembalap yang mampu menembus catatan waktu di kisaran 1 menit 37 detik.

2. Catatan waktu Francesco Bagnaia saat tes di Portimao melampaui rekornya sendiri

Francesco Bagnaia Siap 100 Persen Jelang Seri Perdana MotoGP 2023Francesco Bagnaia mengendarai Desmosedici GP23 saat tes di Portimao. (motogp.com)

Catatan waktu Francesco Bagnaia saat tes pramusim melampaui all-time lap record di Autodromo Internacional do Algarve. Rekor tersebut dicatat dirinya sendiri pada 2021 lalu.

Bagnaia mampu menorehkan waktu 1 menit 38,725 detik saat sesi kualifikasi. Catatan waktu tersebut menjadi perolehan waktu terbaik dalam sesi kualifikasi di sirkuit itu.

Baca Juga: Francesco Bagnaia dan Marc Marquez Favorit Juara MotoGP 2023

3. Francesco Bagnaia tak terkejut bisa mencapai torehan waktu 1 menit 37 detik

Francesco Bagnaia Siap 100 Persen Jelang Seri Perdana MotoGP 2023Francesco Bagnaia mengendarai Desmosedici GP23 saat tes di Portimao. (motogp.com)

Sukses mencatatkan waktu kisaran 1 menit 37 detik ternyata tak terlalu mengejutkan Francesco Bagnaia. Juara dunia MotoGP 2022 itu mengaku cukup yakin dirinya bisa meraih torehan waktu tersebut setelah tampil cepat saat sesi pagi tes hari kedua.

"Itu tidak mengejutkanku karena aku memperoleh 1 menit 38,1 detik pada pagi hari dengan tangki yang penuh. Namun, aku senang dengan torehan 1 menit 37 detik itu," ucap Bagnaia dikutip Speedweek.

4. Francesco Bagnaia tegaskan hasil tes belum bisa jadi patokan performa dirinya dan tim

Francesco Bagnaia Siap 100 Persen Jelang Seri Perdana MotoGP 2023Francesco Bagnaia saat tes pramusim MotoGP 2023 di Portimao, Portugal (motogp.com)

Capaian mengesankan selama tes di Sepang dan Portimao makin melambungkan kepercayaan diri Francesco Bagnaia jelang MotoGP 2023. Walau begitu, ia menegaskan hasil tes belum bisa menggambarkan seberapa kompetitif dirinya dan tim saat pekan balap.

"Sesi tes adalah sebuah hal dan pekan balap merupakan hal lainnya. Jadi, kami harus menunggu seri balap. 

Akan tetapi, semua pekerjaan yang kami telah lakukan telah membawa kami ke level yang benar-benar bagus. Aku sangat senang dengan semuanya. Aku senang dengan simulasi sprint dan pengejaran waktu," jelas Bagnaia.

5. Francesco Bagnaia percaya ada lebih dari satu pembalap yang tampil kompetitif pada 2023

Francesco Bagnaia Siap 100 Persen Jelang Seri Perdana MotoGP 2023pembalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia (motogp.com)

Francesco Bagnaia tak bisa mengelak jika dirinya difavoritkan dalam bursa perebutan gelar juara. Namun, pembalap berusia 26 tahun itu percaya bakal ada lebih dari satu pembalap yang tampil kompetitif musim ini.

"Satu hal yang pasti, jika balapan dimulai besok, maka kami akan siap bertarung untuk kemenangan. Itu jelas. Akan tetapi, aku percaya ada lebih dari satu pembalap yang kompetitif dalam hal memperebutkan posisi teratas," tutup Bagnaia.

Hasil tes pramusim di Sepang dan Portimao membawa angin segar bagi Francesco Bagnaia dan Ducati. Peluang melanjutkan tren positif setelah berjaya pada musim lalu pun terbuka lebar.

Baca Juga: MotoGP 2023 Belum Mulai, Fabio Quartararo Sudah Goda Francesco Bagnaia

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya