Francesco Bagnaia Tak Berlibur saat Jeda Musim Panas MotoGP 2023

Bagnaia serius mempersiapkan diri menuju paruh kedua musim

MotoGP 2023 kini sedang memasuki jeda musim panas. Para pembalap menyambut masa libur dengan berbagai aktivitas. Francesco Bagnaia termasuk yang punya agenda selama kejuaraan rehat sejenak.

Alih-alih menikmati jeda kompetisi dengan berlibur, Bagnaia justru disibukkan dengan latihan. Pembalap MotoGP dari Ducati Lenovo Team itu ingin memanfaatkan waktu yang ada untuk mempersiapkan diri menuju putaran kedua musim ini. Lantas, apakah ada agenda lain yang bakal dijalani Bagnaia selain persiapan menuju paruh kedua?

1. Capaian Francesco Bagnai selama paruh pertama MotoGP 2023

Francesco Bagnaia Tak Berlibur saat Jeda Musim Panas MotoGP 2023Francesco Bagnaia mengangkat trofi di podium GP Belanda 2023. (motogp.com)

Francesco Bagnaia menutup paruh pertama MotoGP 2023 dengan berada di posisi puncak klasemen. Ia sudah mengumpulkan 194 poin dari delapan pekan balap yang sudah digelar. Bagnaia memiliki keunggulan 35 poin dari Jorge Martin yang bercokol di posisi kedua.

Bagnaia tercatat hampir selalu finis di posisi tiga besar saat sprint race. Ia hanya sekali gagal berada di zona tiga besar ketika finis posisi keenam di GP Argentina. Pembalap asal Italia itu tercatat mengantongi tiga kemenangan di sprint race GP Portugal, Amerika, dan Italia.

Selain sprint race, performa Bagnaia ketika menjalani main race juga oke. Ia finis sebagai pemenang sebanyak empat kali di GP Portugal, Spanyol, Italia, dan Belanda. Bagnaia hanya dua kali gagal finis di GP Amerika dan Prancis.

Baca Juga: Ambisi Francesco Bagnaia Perlebar Jarak Poin di Klasemen MotoGP 2023

2. Francesco Bagnaia menyoroti performanya saat pekan balap GP Jerman dan Belanda

Francesco Bagnaia Tak Berlibur saat Jeda Musim Panas MotoGP 2023Francesco Bagnaia saat menjalani pekan balap GP Belanda 2023. (motogp.com)

Keunggulan yang dimiliki saat ini tak lantas membuat Bagnaia berpuas diri. Ia justru menyoroti performanya saat balapan di GP Jerman dan Belanda. Ia mengalami kesulitan terutama saat sprint race GP Belanda di Sirkuit Assen.

“Kami tidak memulai pekan balap dengan optimal di GP Jerman dan Belanda karena perasaannya tidak sempurna. Saat sprint race GP Belanda, aku mengalami kesulitan berkendara di lengkungan yang lebih besar. Oleh karena itu, motor mengalami hal bagus saat bermanuver di tikungan.

Ini sudah terjadi di GP Jerman, bahkan saat di GP Spanyol. Kami bisa secara aktif meningkatkan situasi. Kami senang terhadap itu dan aku meminta hal yang sama dari tim serta diriku sendiri,” kata Bagnaia dilansir Speedweek.

3. Tak berlibur, Bagnaia ingin mempersiapkan diri untuk putaran kedua MotoGP 2023

Francesco Bagnaia Tak Berlibur saat Jeda Musim Panas MotoGP 2023pembalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia (motogp.com)

Jeda musim panas yang sedang berlangsung dimanfaatkan Bagnaia untuk mempersiapkan diri demi hasil maksimal di putaran kedua MotoGP 2023. Pembalap berusia 26 tahun itu mengaku tak akan bepergian dan memilih menghabiskan waktu di Italia. Ia juga bakal mengecek kondisi pergelangan kakinya yang cedera setelah bertabrakan dengan Maverick Vinales di main race GP Prancis.

“Pertama-tama, aku akan memulihkan pergelangan kakiku. Aku akan bekerja keras untuk bersiap menyambut paruh kedua musim ini. Aku tidak sedang berlibur dan tidak akan bepergian. Aku cukup beruntung tinggal di tepi pantai, jadi aku hampir selalu berada di mode liburan.

Akan tetapi, aku tidak akan melakukannya saat ini. Sebab, kadang kala hal yang paling penting adalah melakukan sesuatu,” jelas Bagnaia.

Rencana kegiatan Bagnaia saat jeda kompetisi terbilang berbeda dari rekan-rekannya di MotoGP. Luca Marini kini sedang menantikan pernikahan dengan kekasihnya di Ibiza, Spanyol. Sementara itu, Franco Morbidelli menghabiskan waktu bersama Andrea Migno, pembalap Moto3, di Amalfi Coast, Italia. 

Francesco Bagnaia berada dalam tren bagus di MotoGP 2023. Ia punya peluang besar mengamankan gelar juara untuk kedua kalinya di kelas utama. Tak mengherankan jika dirinya mempersiapkan diri secara intensif saat jeda kejuaraan.

Baca Juga: Bagnaia Jalani Libur Musim Panas MotoGP 2023 dengan Bahagia

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya