Comscore Tracker

Franz Tost Wanti-wanti Rival Max Verstappen untuk Sisa Musim F1 2022

Verstappen bakal tampil lebih baik lagi

Max Verstappen memuncaki klasemen sementara Formula 1 2022. Pembalap Red Bull itu sudah mengoleksi 258 poin dari 13 seri balap.

Walau nyaman duduk di singgasana, Verstappen diyakini masih belum mengeluarkan potensi terbaiknya selama paruh pertama musim ini. Franz Tost setidaknya meyakini itu.

Team Principal AlphaTauri tersebut bahkan mewanti-wanti rival Verstappen agar selalu waspada. Pasalnya, Verstappen berpeluang menambah jumlah kemenangan pada sisa musim 2022.

1. Max Verstappen 10 kali naik podium musim ini, unggul 80 poin dari Charles Leclerc di klasemen

Franz Tost Wanti-wanti Rival Max Verstappen untuk Sisa Musim F1 2022Max Verstappen usai balapan GP Hungaria 2022. (formula1.com)

Berdasarkan data Motorsport Stats, Max Verstappen sudah 10 kali naik podium sepanjang 13 seri balap musim 2022. Rinciannya, sekali finis posisi ketiga pada GP Monako dan runner-up GP Austria. Sisanya, Verstappen berhasil meraih delapan kemenangan.

Tentu hasil ini melambungkan posisi juara dunia musim lalu itu menjadi pemimpin klasemen. Verstappen kini punya keunggulan 80 poin dari Charles Leclerc yang berada di posisi kedua.

2. Franz Tost percaya Verstappen menunjukkan kemampuan terbaiknya pada paruh kedua

Franz Tost Wanti-wanti Rival Max Verstappen untuk Sisa Musim F1 2022Max Verstappen saat berada di podium GP Hungaria 2022. (formula1.com)

Keunggulan Max Verstappen saat ini terbilang jauh dari Charles Leclerc di klasemen pembalap. Banyak pihak memandang peluang Verstappen meraih back-to-back juara dunia makin terbuka.

Franz Tost percaya mantan pembalapnya itu bisa merealisasikan hal tersebut. Bahkan, pria asal Austria tersebut menilai Verstappen akan terus menaikkan standar penampilannya selepas jeda musim panas ini.

"Sekarang, dia berkendara pada tingkatan yang sangat tinggi. Kami belum melihat kemampuan maksimal darinya. Hanya Leclerc yang bisa mendekatinya. Waktu kerusakan telah menggerogoti Lewis Hamilton," kata Tost dilansir Racing News 365.

Baca Juga: Max Verstappen Jelaskan Penyebab Sempat Melintir di F1 GP Hungaria

3. Cerita Franz Tost saat Max Verstappen debut di Formula 1

Franz Tost Wanti-wanti Rival Max Verstappen untuk Sisa Musim F1 2022Max Verstappen saat memperkuat Toro Rosso. (id.motorsport.com)

Berbicara soal Max Verstappen, Franz Tost pun teringat pada masa-masa Verstappen debut di Formula 1. Saat itu, Verstappen masih berusia 17 tahun. Ia debut pada sesi latihan pertama GP Jepang musim 2014, sebelum membalap penuh bersama Toro Rosso (kini AlphaTauri) pada 2015.

"Kami harus menerima kritikan saat kami mempercayakan Toro Rosso untuknya pada umur 17 tahun. Seseorang yang bahkan belum punya SIM! 

Dia juga menuntaskan FP1 di Suzuka. Itu salah satu trek tersulit, tetapi dia bisa mengatasinya dengan percaya diri. Dia tak pernah ada masalah dengan kecepatan tinggi mobil Formula 1 dan selalu mengendalikannya sejak awal," lanjut Tost.

4. Performa gemilang Verstappen mengingatkan Tost pada sosok Michael Schumacher

Franz Tost Wanti-wanti Rival Max Verstappen untuk Sisa Musim F1 2022Max Verstappen usai menang balapan GP Hungaria 2022. (twitter.com/redbullracing)

Performa Max Verstappen yang gemilang mengingatkan Franz Tost kepada sosok Michael Schumacher. Apalagi Verstappen mampu mengemudikan mobil dengan baik bahkan di trek basah sekalipun.

"Aku pertama bertemu Verstappen bersama ayahnya di Nurburging dan waktu itu dia masih balapan di ajang karting. Kemudian, kami bertemu lagi di Norisring di ajang Formula 3 pada 2014. 

Saat hujan, dia mengemudi dalam ranahnya sendiri. Seolah-olah dia adalah satu-satunya yang menemukan garis kering di lintasan. Dia seketika mengingatkanku kepada Michael Schuamcher. Anda bisa lihat betapa hebatnya dia," pungkas Tost.

5. Catatan singkat capaian Max Verstappen selama berkiprah di Formula 1

Franz Tost Wanti-wanti Rival Max Verstappen untuk Sisa Musim F1 2022Max Verstappen mengangkat trofi usai GP Hungaria 2022. (twitter.com/redbullracing)

Jika menilik capaian selama berkiprah di Formula 1, Max Verstappen sudah 70 kali podium dari 154 kali balap. Dari jumlah tersebut, 28 kemenangan sudah diperolehnya hingga yang terakhir pada GP Hungaria musim ini. Satu gelar juara dunia sudah direngkuhnya pada 2021 lalu.

Formula 1 2022 masih tersisa sembilan seri balap lagi. Akankah Verstappen kembali menambah koleksi kemenangannya dan melenggang sebagai juara dunia?

Baca Juga: Max Verstappen dan Red Bull Catatkan Rekor usai Menang di GP Kanada

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya