Comscore Tracker

Max Verstappen dan Red Bull Catatkan Rekor usai Menang di GP Kanada

Verstappen masuk kategori pembalap F1 dengan kemenangan terbanyak

Max Verstappen bersama Red Bull kembali menuai hasil positif pada balapan Formula 1 GP Kanada, Minggu (20/6/2022) dengan meraih kemenangan. Verstappen mampu tampil tenang dan sukses mengungguli pembalap Ferrari, Carlos Sainz.

Kemenangan itu juga merupakan kemenangan ke-26 sepanjang kariernya di Formula 1. Ia kini resmi masuk sepuluh pembalap dengan kemenangan terbanyak di Formula 1.

1. GP Kanada jadi kemenangan keenam Verstappen musim ini

Max Verstappen dan Red Bull Catatkan Rekor usai Menang di GP KanadaMax Verstappen menjuarai GP Kanada 2022. (formula1.com)

Kemenangan di Montreal merupakan kemenangan keenam bagi Verstappen musim ini. Itu juga menjadi kemenangan pertama bagi Verstappen di sirkuit Gilles Villenevue.

Hasil ini sekaligus membuat Verstappen unggul semakin jauh di klasemen konstruktor sementara dengan 175 poin. Sergio Perez yang gagal finis dan urutan kelima dari Charles Leclerc membuat keduanya tak mampu memangkas selisih poin dari Verstappen.

2. Verstappen lewati catatan kemenangan Jim Clark dan Niki Lauda

Max Verstappen dan Red Bull Catatkan Rekor usai Menang di GP KanadaJim Clark (formula1.com)

Setelah sebelumnya menjadi pembalap termuda yang meraih 25 kemenangan di Formula 1 pada GP Azerbaijan, sekaligus menyamai catatan milik Jim Clark dan Niki Lauda. Kini Max Verstappen resmi menyalip kedua pembalap legendaris tersebut.

Verstappen menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak kesembilan. Pilot asal Belanda tersebut juga berjarak satu kemenangan saja dari Jackie Stewart di posisi kedelapan. Namun, catatan ini masih jauh dari milik Lewis Hamilton yang punya 103 kemenangan.

Baca Juga: Verstappen Punya Tugas Taklukkan Leclerc jika Ingin Pertahankan Juara

3. Red Bull kini mengungguli raihan kemenangan milik Lotus

Max Verstappen dan Red Bull Catatkan Rekor usai Menang di GP KanadaLotus 78 yang menjadi mobil pertama yang menerapkan ground effect (carthrottle.com)

Meskipun bukan tim sarat sejarah seperti Ferrari, McLaren, dan Williams. Red Bull yang pertama kali mengaspal di musim 2005 merupakan salah satu konstruktor tersukses di Formula 1. 

Dengan raihan kemenangan yang diraih Max Verstappen pada GP Kanada membuat Red Bull kini telah mengoleksi 82 kemenangan di Formula 1. Catatan itu sekaligus melewati salah satu tim legendaris, Lotus, yang punya 81 kemenangan.

Red Bull kini menjadi konstruktor dengan kemenangan terbanyak kelima dalam sejarah Formula 1. Mereka hanya tertinggal dari Ferrari, McLaren, Mercedes, dan Williams.

4. Catatan kemenangan Verstappen masih bisa bertambah

Max Verstappen dan Red Bull Catatkan Rekor usai Menang di GP KanadaMax Verstappen menjuarai GP Kanada 2022. (formula1.com)

Red Bull semakin menunjukkan dominasi mereka setelah menang di GP Kanada. Hasil ini membuat tim asal Austria tersebut telah mencatatkan enam kemenangan beruntun sejak GP Emilia Romagna.

Di sisi lain, Ferrari masih bermasalah dengan ketahanan mesin mereka. Sementara Mercedes belum menemukan setelah terbaiknya. Hal ini membuka peluang bagi Verstappen dan Red Bull untuk menambah catatan kemenangan mereka musim ini.

5. Verstappen kian dekati catatan kemenangan milik Fernando Alonso

Max Verstappen dan Red Bull Catatkan Rekor usai Menang di GP KanadaMax Verstappen dan Fernando Alonso (formula1.com)

Dengan 26 kemenangan, Max Verstappen semakin mendekati catatan kemenangan milik Fernando Alonso dengan 32 kemenangan, yang kini berada di urutan keenam sebagai pembalap dengan kemenangan terbanyak di Formula 1.

Dua pembalap aktif lainnya yang punya catatan kemenangan lebih dari Verstappen adalah Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton. Keduanya punya rekor kemenangan masing-masing 53 dan 103 yang menjadikan mereka menempati posisi ketiga dan pertama dengan kemenangan terbanyak di Formula 1.

 

Max Verstappen dan Red Bull semakin tak terhentikan musim ini, setelah memetik kemenangan di GP Kanada. Lantas, akankah suatu saat nanti Verstappen sanggup memecahkan rekor milik Hamilton?

Baca Juga: Max Verstappen Finis Pertama pada GP Kanada, Hamilton Naik Podium

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya