Comscore Tracker

Guanyu Zhou Pilih Nomor Mobil 24 untuk Mengenang Kobe Bryant

Zhou terinspirasi semangat juang Kobe Bryant

Guanyu Zhou menjadi pendatang baru di ajang Formula 1. Ia tercatat sebagai pembalap China pertama sepanjang sejarah yang berkompetisi di kejuaraan tersebut.

Sama seperti pembalap lainnya, Guanyu Zhou diberikan kesempatan memilih nomor mobil untuk dipakai saat berkiprah di Formula 1. Ia memilih nomor 24. Zhou beralasan bahwa 24 adalah bentuk penghormatan kepada legenda NBA, Kobe Bryant.

1. Sejak 2014, Formula 1 mengizinkan pembalap memilih nomor mobil

Guanyu Zhou Pilih Nomor Mobil 24 untuk Mengenang Kobe BryantGuanyu Zhou saat tes di Yas Marina Circuit (twitter.com/pirellisport)

Formula 1 menerapkan kebijakan baru perihal nomor mobil sejak 2014. Pembalap boleh memilih nomor mobil asalkan nomor yang dipilih belum digunakan pembalap lain. Selain itu, pembalap yang berhak memakai nomor 1 adalah pembalap yang menjuarai Formula 1 satu musim sebelumnya.

Perihal pemakaian nomor 1, pembalap yang menyandang status juara dunia boleh untuk tidak menggunakan nomor tersebut. Meski begitu, pada 2022, Max Verstappen akan tetap menggunakan nomor 1 usai menjuarai Formula 1 2021.

2. Guanyu Zhou mengidolai Kobe Bryant sejak lama

Guanyu Zhou Pilih Nomor Mobil 24 untuk Mengenang Kobe BryantLegenda NBA Kobe Bryant (twitter.com/TupacAG)

Pemilihan nomor 24 dijelaskan oleh Zhou sebagai bentuk rasa hormat terhadap Kobe Bryant yang diidolakan sejak lama. Pembalap Alfa Romeo itu diketahui memang merupakan penggemar olahraga basket. 

Baginya, Kobe Bryant memberinya banyak inspirasi. Ia merupakan sosok atlet yang kerja kerasnya patut ditiru. Legenda Los Angeles Lakers itu memang punya prestasi mentereng. Black Mamba, julukan Kobe, telah mengoleksi 5 cincin juara NBA dan 2 kali medali emas Olimpiade bersama timnas Amerika Serikat.

“Kobe Bryant adalah inspirasi besar untukku ketika aku lebih tertarik di basket ketimbang motorsport. Apa yang membuatku sangat terkesan adalah semangat kerjanya. Meskipun telah dianggap sebagai pemain terbaik pada eranya, ia tetap berusaha tanpa kenal lelah,” kata Zhou dilansir PlanetF1.

Baca Juga: Alfa Romeo Senang Guanyu Zhou Dibimbing Valtteri Bottas

3. Ada unsur angka keberuntungan pada nomor 24 yang dipilih Zhou

Selain itu, ada alasan lain mengapa Zhou memilih nomor 24. Hal ini berkaitan dengan angka keberuntungan yang dipercaya oleh masyarakat di negara asalnya, China.

“Nomor 24 adalah 4 dikali 6. Dan, 6 adalah nomor keberuntungan di negaraku,” ujarnya.

Memang, nomor 6 sudah dipakai di Formula 1. Pembalap yang saat ini memakai nomor tersebut adalah Nicholas Latifi dari tim Williams. Alhasil, nomor 6 tak bisa dipakai oleh pembalap yang menjuarai F3 Asian Championship pada 2021 lalu tersebut.

4. Pilihan nomor mobil Guanyu Zhou menarik perhatian

Guanyu Zhou Pilih Nomor Mobil 24 untuk Mengenang Kobe BryantGuanyu Zhou saat tes di Yas Marina Circuit (twitter.com/AhmetCirF1)

Nomor 24 mungkin terlihat biasa bagi banyak orang. Namun, pilihan Zhou pada nomor tersebut cukup menarik perhatian di luar alasan untuk menghormati Kobe Bryant. Sebab, ini masih terkait dengan kepercayaan Tionghoa.

Dikutip GPBlog, nomor 4 dipandang sebagai angka yang tidak membawa keberuntungan. Pengucapan angka 4 dalam bahasa Tionghoa sangat mirip dengan cara menyebut sebuah kata yang berarti ‘mati’.

5. Keinginan Zhou menghormati Kobe Bryant yang patut dihargai

Guanyu Zhou Pilih Nomor Mobil 24 untuk Mengenang Kobe BryantKobe Bryant (usab.com)

Terlepas dari apakah angka yang dipilih Zhou akan membawa sial atau tidak, langkah pembalap berusia 22 tahun itu memilih nomor 24 patut dihargai. Terlebih dengan prestasi yang diperolehnya mampu menginspirasi banyak orang untuk mau terus berusaha mencapai cita-cita.

Kobe Bryant sendiri meninggal pada 26 Januari 2020. Dirinya meninggal dunia bersama anaknya, Gianna Bryant, dalam sebuah kecelakaan helikopter.

Saat itu, duka menyelimuti seluruh insan olahraga di dunia. Semoga semangat juang Kobe Bryant dapat menjadi teladan bagi Guanyu Zhou dan kita semua.

Baca Juga: Guanyu Zhou Resmi Bergabung ke Alfa Romeo untuk Formula 1 2022

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya