Comscore Tracker

Honda Belum Langsung Cepat di Musim 2022, Pol Espargaro: Jangan Panik

Honda mengalami musim kurang oke pada 2020 dan 2021

Honda melakukan perubahan desain secara radikal pada RC213V mereka untuk musim 2022. Ini menyusul hasil minor yang didapatkan pabrikan asal Jepang itu dalam dua musim berturut-turut.

Dengan digelarnya tes pramusim selama lima hari di Sepang dan Mandalika pada Februari 2022 mendatang, Pol Espargaro yakin itu waktu yang cukup untuk menyiapkan motor Honda menghadapi musim baru. Namun, dirinya menekankan untuk tidak buru-buru panik jika motor baru Honda nantinya belum bisa langsung gaspol.

1. Honda alami masa-masa sulit selama dua musim terakhir

Honda Belum Langsung Cepat di Musim 2022, Pol Espargaro: Jangan PanikPembalap Repsol Honda Pol Espargaro (motogp.com)

Honda mengalami masa-masa sulit selama dua musim terakhir di MotoGP. Pada musim 2020, mereka gagal memenangkan satu pun balapan. Itu menjadi musim tanpa kemenangan pertama sejak kembali berkiprah di MotoGP secara penuh pada 1982.

Musim 2021, Honda sedikit bernapas lega. Marc Marquez menjadi satu-satunya pembalap Honda yang mempersembahkan kemenangan selama satu musim. Pembalap asal Spanyol itu finis terdepan di GP Jerman, Amerika, dan Emilia Romagna.

2. Pembalap yang memakai motor Honda alami masalah daya cengkeram bagian belakang

Honda Belum Langsung Cepat di Musim 2022, Pol Espargaro: Jangan PanikPol Espargaro dan Alex Marquez (motogp.com)

Walau begitu, Honda tetap tak mampu meraih hasil maksimal pada klasemen konstruktor musim lalu. Honda finis keempat dengan ketertinggalan 143 poin dari Ducati yang sukses menyabet gelar di kategori tersebut. 

Harus diakui, semua pembalap yang memakai motor RC213V mengalami masalah yang disebabkan oleh kurangnya daya cengkeram pada bagian belakang motor. Hal tersebut dialami pula oleh Pol Espargaro meski ia mampu satu kali pole position dan sekali naik podium di musim 2021.

Baca Juga: Pol Espargaro Butuh Latihan Fisik Lebih Banyak saat di Honda

3. Motor Honda versi prototipe dapat pujian, Pol Espargaro: Jangan buru-buru menilai

Honda Belum Langsung Cepat di Musim 2022, Pol Espargaro: Jangan PanikPol Espargaro pada tes Jerez November 2021 (motogp.com)

Mengenai motor baru Honda di musim 2022, para pembalap yang telah menjajal versi prototipe saat tes di Jerez pada November 2021 menyampaikan pujian mereka. Namun, Pol Espargaro mengakui jika itu masih terlalu dini untuk menilai seberapa baik motor tersebut dibandingkan pendahulunya.

“Motornya terasa lebih baik, tapi masih terlalu dini untuk berbicara seberapa baik itu karena pertama yang kami butuhkan adalah menempatkan motor di trek bersama dengan motor lain untuk mengetahui di posisi mana kami berada,” kata Pol dilansir Motorsport.com.

4. Pol Espargaro sebut motor baru Honda butuh waktu untuk bisa tampil cepat

Honda Belum Langsung Cepat di Musim 2022, Pol Espargaro: Jangan PanikPol Espargaro pada tes Jerez November 2021 (motogp.com)

Untuk itu, Pol Espargaro menekankan bahwa tes pramusim di bulan Februari akan penting untuk melihat peta kekuatan motor Honda dibanding motor dari pabrikan lainnya. Namun, adik kandung Aleix Espargaro itu juga mengingatkan untuk tidak perlu panik jika motor baru Honda belum bisa langsung cepat di awal musim.

“Motor baru membutuhkan banyak waktu. Sayangnya, kami hanya punya lima hari tes. Aku pikir itu waktu yang cukup, namun jika tidak jangan panik. 

Kami akan mendapat kesempatan untuk meningkatkan performa motor karena memiliki empat pembalap dengan performa penuh yang berarti motor akan menjadi jauh lebih baik dalam waktu lebih cepat,” imbuh Pol.

5. Pol Espargaro juga menyoroti horsepower motor Honda, berharap ditingkatkan

Honda Belum Langsung Cepat di Musim 2022, Pol Espargaro: Jangan PanikPol Espargaro pada GP Valencia 2021 (motogp.com)

Selain masalah daya cengkeram pada bagian belakang motor, Pol Espargaro juga menyoroti soal horsepower motor Honda. Ia berharap Honda bisa meningkatkan aspek tersebut agar dapat bersaing dengan motor tim lain seperti Ducati.

“Itu kunci untuk menyalip dan bertarung pada setiap balapan. Jadi, jika kami ingin melakukan musim yang baik pada tahun apalagi ada banyak motor Ducati di grid, maka kami butuh menjadi lebih cepat di trek lurus agar bisa bertarung dengan mereka,” papar Pol dikutip Autosport.

 

Tes pramusim MotoGP akan digelar di Sepang pada 5-6 Februari mendatang. Sementara itu, Mandalika akan kebagian jatah pada 11-13 Februari mendatang. Akan sangat menarik melihat performa Honda dan tim-tim lain selama tes pramusim nanti menyongsong musim 2022. 

Baca Juga: Pol Espargaro Ingin Tampil Lebih Maksimal bersama Honda di Musim 2022

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya