Joan Mir Resmi Memperkuat Repsol Honda di MotoGP 2023

Diikat kontrak berdurasi 2 tahun

Bursa pembalap MotoGP kembali bergeliat. Joan Mir telah memastikan masa depannya untuk musim 2023.

Joan Mir resmi memperkuat Repsol Honda di MotoGP 2023. Juara dunia 2020 itu diikat kontrak selama 2 musim. Mir akan menjadi tandem rekan senegaranya, Marc Marquez.

1. Honda menyambut gembira kehadiran Joan Mir

Honda mengumumkan kepindahan Joan Mir pada Selasa (30/8/2022) siang WIB. Melalui pernyataan resmi, pabrikan asal Jepang itu dengan senang menyambut pembalap yang saat ini masih memperkuat Suzuki Ecstar.

"Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan perekrutan Joan Mir. Juara dunia MotoGP 2020 membangun dirinya sebagai talenta dengan level juara dunia dari musim pertamanya di Moto3 sejak 2016," tulis Honda Racing Corporation.

2. Sebelum Joan Mir, Alex Rins lebih dahulu bergabung ke LCR Honda

Joan Mir Resmi Memperkuat Repsol Honda di MotoGP 2023Alex Rins saat pengumuman menjadi pembalap LCR Honda (motogp.com)

Dengan resminya Joan Mir memperkuat Repsol Honda, dua pembalap Suzuki musim ini telah memiliki tim baru untuk mengarungi persaingan pada musim 2023. Sebelumnya, Alex Rins meneken kontrak dengan LCR Honda dengan durasi kontrak selama 2 tahun.

Honda kini menyisakan satu kursi di tim satelit mereka. Masih belum jelas siapa yang akan menjadi rekan setim Alex Rins di LCR Honda. Namun, Takaaki Nakagami yang kontraknya habis akhir musim ini bisa saja terdepak dari kursi balap dan digantikan dengan Ai Ogura.

Baca Juga: Joan Mir Patah Tulang karena Highside pada Lap Pertama MotoGP Austria

3. Kiprah Joan Mir di kelas Moto3, sukses raih gelar juara pada 2017

Joan Mir Resmi Memperkuat Repsol Honda di MotoGP 2023Joan Mir saat berkiprah di ajang Moto3 (motogp.com)

Perjalanan Joan Mir pada ajang MotoGP dimulai pada 2015. Ketika itu, ia turun pada GP Australia bersama Leopard Racing meski gagal finis lantaran mengalami insiden.

Barulah pada 2016 Joan Mir turun selama 1 musim penuh dengan tim yang sama. Jika pada 2015 Leopard Racing memakai motor Honda, maka 2016 mereka menggunakan motor KTM, sebelum pada 2017 kembali memakai motor Honda.

Pada musim tersebut, Joan Mir sukses finis di posisi kelima klasemen pembalap lewat perolehan 144 poin. Kisah Joan Mir di Moto3 pada 2017 justru menjadi hal menggembirakan.

Ia sukses meraih gelar juara dunia usai mengoleksi 341 poin. Pada musim itu, Joan Mir naik podium sebanyak 13 kali dengan 10 di antaranya diraih sebagai pemenang balapan.

4. Joan Mir hanya semusim di kelas Moto2 sebelum naik ke kelas utama MotoGP

Joan Mir Resmi Memperkuat Repsol Honda di MotoGP 2023Joan Mir saat berkompetisi di kelas Moto2 (motogp.com)

Joan Mir melanjutkan perjalanan dengan naik ke kelas Moto2 pada 2018 dengan memperkuat EG 0,0 Marc VDS. Itu menjadi musim perdana sekaligus yang terakhir baginya di kelas intermediate sebelum berkiprah di kelas utama MotoGP.

Selama semusim di Moto2, pembalap yang kini berusia 24 tahun itu menduduki posisi keenam pada klasemen pembalap. Joan Mir sukses naik podium 4 kali dan mengumpulkan 155 poin.

5. Empat musim bersama Suzuki, Joan Mir mampu raih gelar juara dunia pada 2020

Joan Mir Resmi Memperkuat Repsol Honda di MotoGP 2023Joan Mir saat menjadi juara dunia MotoGP musim 2020 (motogp.com)

Musim 2019 menjadi permulaan bagi Joan Mir berjibaku di kelas MotoGP. Pembalap bernomor motor 36 itu langsung bergabung dengan skuad Suzuki. Musim 2022 menjadi musim keempat sekaligus yang terakhir bagi kedua belah pihak.

Selama menunggangi GSX-RR, Joan Mir berhasil mempersembahkan satu gelar juara dunia pembalap kepada Suzuki pada 2020. Ia tercatat sebagai pembalap yang meraih gelar juara dunia hanya bermodalkan satu kemenangan dalam semusim.

Berdasarkan data MotoGP, Joan Mir sudah naik podium 33 kali dan mengoleksi 12 kemenangan terhitung dari kelas Moto3 hingga MotoGP. Dua gelar juara dari dua kelas berbeda pun telah berhasil dikoleksinya hingga saat ini.

Musim depan, Joan Mir akan bersaing bersama tim baru. Akankah dirinya bisa tampil dalam performa terbaik di atas motor RC213V? Menarik untuk dinanti!

Baca Juga: Joan Mir Kehilangan Konsistensi di MotoGP 2022, 5 Kali Gagal Finis!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya