Comscore Tracker

Kembali Saat Pandemik, Ini 5 Hal yang Bakal Dijumpai Pada F1 2020 

Mulai mengaspal lagi 5 Juli mendatang

Formula 1 kembali akan menyapa penggemar di seluruh dunia mulai 3 Juli mendatang. Pada tanggal itu, para pembalap dan tim akan memulai raceweek di Red Bull Ring, Austria untuk balapan perdana musim 2020 ini.

Meski dimulai kembali di tengah pandemik, Formula 1 tak lupa tetap menerapkan protokol kesehatan. Oleh sebab itu kita akan menemukan beberapa hal 'baru' dalam gelaran ajang balap tersebut musim ini. Apa saja itu?

1. Adanya sirkuit berstatus double-header. Apa itu?

Kembali Saat Pandemik, Ini 5 Hal yang Bakal Dijumpai Pada F1 2020 formula1.com

Jadwal balap Formula 1 sudah resmi dirilis. Hingga saat ini baru ada delapan seri yang masuk dalam kalender yang seluruhnya berada di Eropa. Namun, dari jumlah tersebut ada dua sirkuit yang berstatus double-header. Istilah tersebut merujuk pada sirkuit yang menggelar dua seri balapan sekaligus.

Sirkuit Red Bull Ring di Austria dan Silverstone di Inggris akan menyandang status itu. Red Bull Ring akan menghelat pekan balap pada 3-5 Juli dan 10-12 Juli. Sementara itu, Silverstone dapat giliran pada 31 Juli - 2 Agustus dan 7-9 Agustus.

2. Ditiadakannya parade pembalap yang dilakukan jelang balapan

Kembali Saat Pandemik, Ini 5 Hal yang Bakal Dijumpai Pada F1 2020 sportsnet.ca

Salah satu kegiatan para pembalap dalam rangkaian pekan balap ialah parade mengelilingi sirkuit. Umumnya, para pembalap menaiki kendaraan tanpa atap dan menyapa penggemar yang hadir di sikuit. Namun, pemandangan semacam ini tampaknya tak akan ada di musim ini.

Kepastian ini disampaikan oleh Ross Brawn selaku Managing Director Formula 1. Dilansir thecheckeredflag.co.uk, agenda yang rutin digelar Minggu pagi sesuai waktu venue sirkuit akan diganti dengan wawancara pembalap.

"Parade pembalap tak akan digelar karena kami tak bisa mengangkut 20 pembalap dalam truk terbuka dan membawa mereka keliling sirkuit. Kami akan mewawancarai mereka satu-satu di depan garasi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan tanpa mengorbankan kesehatan dan keselamatan", ujar Ross Brawn. 

Baca Juga: 5 Game Balap Android Edisi 2020 Ini Punya Grafis Menggigit Bak Konsol

3. Kemungkinan ditinggalkannya tradisi Grid Build-Up tepat sebelum Formation Lap

Kembali Saat Pandemik, Ini 5 Hal yang Bakal Dijumpai Pada F1 2020 ukdaytoday.com

Sebelum memulai start, penggemar Formula 1 biasanya disuguhi Grid Build-Up. Ini adalah istilah yang merujuk pada aktivitas kru dan pembalap di grid start sebelum dilakukannya formation lap atau lap pemanasan jelang balapan dimulai.

Umumnya, grid bulid-up jadi waktu bagi kru melakukan persiapan akhir pada mobil yang dipakai para pembalap. Pada sesi tersebut biasa dipenuhi banyak orang selain dari pihak tim seperti reporter, fotografer hingga publik figur ternama.

Tapi, pemandangan sepertinya tak akan ada di musim ini karena adanya penerapan social distancing. Dikutip dari planetf1.com, FIA mengeluarkan aturan yang mempertimbangkan sesi tersebut dihilangkan dan para pembalap memulai formation lap dari garasi tim.

Tapi, masih ada opsi untuk mempertahankan 'tradisi' tersebut. Caranya, dengan memastikan sesi grid build-up kurang dari 15 menit serta pengurangan jumlah kru yang bertugas. 

4. Perayaan juara di podium berganti dengan berdiri di depan mobil pada grid start

Kembali Saat Pandemik, Ini 5 Hal yang Bakal Dijumpai Pada F1 2020 formula1.com

Salah satu hal yang paling dinanti ketika balapan usai adalah selebrasi juara di podium. Pembalap yang finis di urutan tiga teratas akan memperoleh piala dan saling menyemprot sampanye. Riuhnya perayaan kemenangan ini tak akan terlihat dan berganti ke seremoni sederhana.

Yup, Formula 1 berencana menggantinya dengan memarkirkan mobil di grid. Lalu, para pembalap akan berdiri di depan masing-masing mobil mereka tanpa adanya prosesi penyerahan piala. Jadi kurang meriah, ya?

5. Pastinya, tak ada keriuhan penonton di sirkuit saat para pembalap beradu kecepatan

Kembali Saat Pandemik, Ini 5 Hal yang Bakal Dijumpai Pada F1 2020 formula1.com

Kehadiran penonton yang datang langsung ke sirkuit jadi bagian tak terpisahkan dari sebuah ajang balap. Formula 1 pun merasakan demikian. Tak hanya menambah riuh suasana balapan, hadirnya penonton juga merupakan sumber pemasukan bagi kompetisi.

Namun, pemberlakuan social distancing memaksa Formula 1 menggelar balapan tanpa penonton. Untuk sementara, tak terdengar sorak sorai penggemar di tribun. Tapi, dimulai Formula 1 pada awal Juli mendatang dapat jadi obat rindu setelah kompetisi tersebut absen lama akibat pandemi.

Jadi, sudah siap menyaksikan para pembalap favorit kembali beradu di atas lintasan?

Baca Juga: 7 Rekor Formula One yang Tercatat di Guinness World Records 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Pecinta K-Pop, Olahraga, dan berita teknologi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya