Comscore Tracker

Terdepak Musim Depan, KTM Tawarkan Petrucci Balapan di Dakar Rally

CEO KTM beri penawaran secara langsung kepada Petrucci

Kepastian posisi Danilo Petrucci di Tech3 KTM terjawab pada pekan balap GP Styria. Ia bersama Iker Lecuona dipastikan tak akan membela tim tersebut lantara posisi keduanya diisi Remy Gardner dan Raul Fernandez pada musim 2022.

Alhasil, Petrucci tak akan berkiprah pada ajang MotoGP pada musim depan bersama tim asal Austria itu. Meski begitu, KTM memberi penawaran pada Petrucci berupa balapan di ajang lain, yakni Dakar Rally.

1. CEO KTM sampaikan tawaran turun di Dakar Rally secara langsung kepada Petrucci

Terdepak Musim Depan, KTM Tawarkan Petrucci Balapan di Dakar RallyCEO KTM Stefan Pierer (motogp.com)

Penawaran yang diberikan kepada Petrucci disampaikan langsung oleh CEO KTM, Stefan Pierer. Pria berkebangsaan Jerman itu menyampaikan kepada Petrucci pada Sabtu (7/8/2021) malam waktu Austria.

“Petrucci adalah pria luar biasa. Itulah kami ingin dia bertahan. Dia menerima tawaran dariku pada Sabtu malam. Dia bisa balapan dengan kami pada Dakar 2022 di Arab Saudi. Awalnya, dia tak percaya pada tawaranku,” kata Pierer dilansir GPOne.

2. Pierer sebut berkompetisi di Rally Dakar adalah keinginan Petrucci

Terdepak Musim Depan, KTM Tawarkan Petrucci Balapan di Dakar RallyDanilo Petrucci saat balapan motocross (xoffroad.dueruote.it)

Lebih lanjut Pierer mengatakan bahwa tawaran yang KTM berikan merupakan keinginan Petrucci sejak lama. Petrucci selalu menyampaikan hal tersebut kepada tim. Di sisi lain, KTM juga tak ingin melepas Petrucci pergi ke manufaktur lain.

“Ikut serta pada Dakar Rally selalu menjadi keinginannya. Dia selalu mengatakan itu pada kami. Dengan proyek semacam ini, kami punya beberapa kemungkinan dengannya dalam pemasaran dan distribusi di Italia. Itu akan jadi sebuah cerita pemasaran yang bagus.

Kami tak ingin Petrucci pergi. Kami akan menyampaikan pada Off-Road Manager, Robert Jones, kamu butuh pembalap keempat di Dakar Rally pada kesepakatan dengan Red Bull dan Petrucci dapat menjadi salah satunya,” lanjut Pierer.

Baca Juga: 4 Motor KTM Pilihan, Desain dan Fiturnya Juara!   

3. Peluang jadi test rider KTM tertutup sebab sudah diisi Mika Kallio dan Dani Pedrosa

Terdepak Musim Depan, KTM Tawarkan Petrucci Balapan di Dakar RallyDanilo Petrucci saat berada di pit lane pada GP Styria (motogp.com)

Meski tak lagi balapan sebagai pembalap utama di MotoGP, Petrucci sejatinya masih punya kesempatan menjadi test rider KTM. Namun, posisi tersebut sudah terisi oleh Mika Kallio dan Dani Pedrosa.

“Kami mengonfirmasi Dani Pedrosa dan Mika Kallio untuk menjadi test rider pada 2022. Petrucci kurang beruntung karena dengan tinggi badan 184 cm, dia terlalu tinggi untuk MotoGP saat ini,” jelas Pierer.

4. KTM konfirmasi Remy Gardner dan Raul Fernandez promosi ke kelas utama MotoGP

Terdepak Musim Depan, KTM Tawarkan Petrucci Balapan di Dakar RallyPembalap Red Bull KTM Ajo Remy Gardner dan Raul Fernandez (motogp.com)

Sementara itu, KTM telah mengonfirmasi bahwa dua pembalap mereka di kelas Moto2, Remy Gardner dan Raul Fernandez, akan promosi ke kelas utama MotoGP. Raul Fernandez menjadi pelengkap susunan pembalap KTM musim depan dengan ditetapkan sebagai pembalap Tech3 jelang sesi kualifikasi MotoGP.

Motorsport Manager KTM Pit Beirer menyatakan kegembiraan atas bergabungnya pembalap asal Spanyol itu di "kelas para raja".

“Aku sangat senang karena kami akan melihatnya pada motor MotoGP kami, tapi jujur segalanya sedikit lebih sibuk dibandingkan dengan yang direncanakan. Aku sejujurnya sedikit marah mengetahui bahwa manufaktur lain berbicara padanya (Raul) dan aku tidak senang karena dia cukup bahagia bertahan di Moto2.

Itu harapannya, kami tak memaksanya ke dalam suatu arah atau lainnya. Jika dia ingin ke kelas MotoGP, pastinya, dia akan dapat kesempatan bersama kami. Itulah mengapa aku ingin membuat segala sesuatunya cepat kemarin (Sabtu),” papar Beirer dilansir speedcafe.com.

5. Performa Danilo Petrucci pada MotoGP 2021 setelah 10 balapan

Terdepak Musim Depan, KTM Tawarkan Petrucci Balapan di Dakar RallyDanilo Petrucci pada balapan GP Styria (motogp.com)

Musim ini menjadi musim perdana bagi Danilo Petrucci bersama KTM, tepatnya di tim satelit Tech3 KTM. Dari sepuluh balapan yang dijalani, Petrucci baru mengumpulkan 26 poin. Ia pun kini bertengger di posisi ke-18 klasemen sementara.

Kini, Petrucci harus menentukan ke mana dirinya akan melangkah. Apakah menerima tawaran KTM untuk turun di Dakar Rally 2022 atau justru menyeberang ke ajang balap motor lainnya, yaitu WorldSBK. Kita nantikan saja!

Baca Juga: Juara Rally Dakar Jajal Mitsubishi New Triton di BSD, Ini Impresinya 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya