Lewis Hamilton Bicara Peluang Balapan di F1 hingga Usia 50 Tahun

Sang pembalap kini berusia 38 tahun

Lewis Hamilton berstatus salah satu pembalap berumur di atas 30 tahun di grid Formula 1 2023. Pembalap Mercedes itu sudah memasuki usia 38 tahun. Bagi sebagian orang, umur tersebut sudah memasuki masa senja seorang atlet.

Meski begitu, performa Lewis Hamilton di atas lintasan masih terbilang baik terlepas dari performa W14 yang kurang bagus. Hal tersebut tentu memunculkan rasa penasaran: Sampai umur berapa Hamilton akan berada di kejuaraan? Sang pembalap tak menampik jika dirinya bisa saja aktif beradu cepat di F1 hingga usia 50 tahun.

1. Lewis Hamilton tercatat sebagai pembalap tertua kedua di grid Formula 1 2023

Lewis Hamilton Bicara Peluang Balapan di F1 hingga Usia 50 TahunFernando Alonso dan Lewis Hamilton bertemu setelah main race GP Australia 2023. (formula1.com)

Lewis Hamilton tercatat sebagai pembalap tertua kedua di Formula 1 2023. Ia berada di belakang Fernando Alonso yang menyandang predikat sebagai pembalap tertua dalam daftar pembalap aktif. Alonso juga menjadi satu-satunya pembalap berusia di atas 40 tahun yang berkompetisi di kejuaraan.

Lewis Hamilton lahir pada 7 Januari 1985. Sementara itu, Fernando Alonso lahir pada 29 Juli 1981. Kedua pembalap berselisih 4 tahun jika dihitung dari tahun lahir.

2. Lewis Hamilton tak menampik kemungkinan membalap hingga usia 50 tahun

Lewis Hamilton Bicara Peluang Balapan di F1 hingga Usia 50 TahunLewis Hamilton saat menjalani pekan balap GP Azerbaijan 2023. (formula1.com)

Lewis Hamilton sejatinya pernah berujar bahwa dia tak akan balapan pada usia 40-an. Hamilton sendiri akan mencapai usia 40 pada 2025 mendatang. Di sisi lain, kontrak pemilik tujuh gelar juara dunia Formula itu bersama Mercedes akan rampung akhir musim 2023.

Jika skenario Mercedes memperpanjang kontrak terwujud, maka Hamilton bisa saja merampungkan perjalanannya di Formula 1 pada akhir 2025. Itu bergantung kepada durasi kontrak yang bakal disodorkan Mercedes kepada pembalap asal Inggris tersebut. Namun, terlepas dari itu, Hamilton tak menampik dirinya berpeluang tetap membalap hingga usia 50 tahun dan melawan Fernando Alonso.

“Anda tak akan pernah bisa mengatakan tidak. Brad Pitt akan balapan di film pada usia 50-an tahun. Jadi, aku akan menjadi pembalap tertua ketiga!” ujar Hamilton menyinggung soal hadirnya Brad Pitt dalam film bertemakan Formula 1 dilansir Racing News 365.

Baca Juga: Toto Wolff Belum Pikirkan Opsi Pengganti Lewis Hamilton di F1 2024

3. Pandangan Lewis Hamilton soal atlet yang masih aktif meski melewati usia emas

Lewis Hamilton Bicara Peluang Balapan di F1 hingga Usia 50 Tahunpembalap Mercedes Lewis Hamilton (formula1.com)

Lewis Hamilton juga menyinggung soal atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga yang masih aktif meski tak lagi berada pada usia emas. Menurutnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga performa saat berkompetisi. Selain itu, mentalitas juga memiliki andil dalam bertarung demi mencapai hasil terbaik.

“Teknologi dan tubuh kami sedang bergeser. Itu hanyalah tentang mentalitas dan apakah Anda masih punya dorongan untuk mengorbankan jumlah yang sama seperti yang Anda lakukan ketika pertama kali memulai. Aku cukup banyak melakukan itu, jadi aku tak bisa bicara tentang Alonso.

Akan tetapi, dia melakukan pekerjaan baik. Aku menantikan lebih banyak pertarungan hebat lagi pada masa mendatang,” jelas Lewis Hamilton.

4. Ada rekor pembalap tertua yang pernah ikut start balap di Formula 1

Lewis Hamilton Bicara Peluang Balapan di F1 hingga Usia 50 TahunLouis Alexandre Chiron (zajezdime.cz)

Membalap di Formula 1 pada usia 50-an tahun bukanlah hal yang mustahil. Sebab, ada beberapa pembalap pada masa lalu yang masih ikut balapan pada kisaran usia tersebut. Itu dibuktikan salah satunya oleh Louis Alexandre Chiron.

Pria berkebangsaan Monako itu tercatat sebagai pemegang rekor pembalap tertua di Formula 1 yang pernah mengikuti start balap. Bersama Scuderia Lancia, Louis Chiron menjalani GP Monako 1955 pada usia 55 tahun 9 bulan 19 hari. Memulai balapan dari posisi ke-19, Louis Chiron mampu menuntaskan balapan di posisi keenam.

Usia memang perkara angka. Akan tetapi, Lewis Hamilton membuktikan bahwa dirinya masih bisa bersaing melawan para pembalap yang lebih muda. Menarik untuk menantikan apakah Hamilton akan melanjutkan karier di Formula 1 hingga usia 50 tahun atau tidak.

Baca Juga: Lewis Hamilton Belum Yakin Mercedes Bisa Samai Red Bull dan Ferrari

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya